Pernahkah kamu secara tiba-tiba dihubungi secara personal atau mendapat SMS oleh nomor tidak dikenal? Mungkin jika sekali dua kali terjadi bisa dimaklumi, namun jika terus menerus tentunya akan membuat tidak nyaman. Untuk menghentikannya, bisa saja kamu langsung memblokir atau cukup diabaikan. Namun, jika penasaran, kamu dapat melacak pelaku dengan menggunakan beberapa rekomendasi aplikasi pelacak nomor hp.

1. Showcaller

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenalplay.google.com

Salah satu aplikasi pelacak nomor ponsel yang paling sering digunakan adalah Showcaller. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi nomor telepon asing, menampilkan identitas pelaku, sekaligus lokasi di mana pelaku berada. Selain itu, pengguna dapat melihat komentar-komentar yang sebelumnya telah diberikan kepada nomor yang sedang dilacak.

2. Whoscall

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenallinecorp.com

Sejak tahun 2013, Whoscall berada satu naungan dengan aplikasi LINE semenjak diakuisisi oleh Naver. Dikembangkan oleh Gogolook, Whoscall mampu memberi penggunanya informasi mengenai pemilik nomor asing yang mengganggu. Aplikasi secara otomatis akan menampilkan nama dan catatan yang ditinggalkan pengguna lain terhadap nomor tersebut.

3. TelGuarder

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenalplay.google.com/store/apps/

TelGuarder merupakan salah satu aplikasi pelacak nomor ponsel yang mampu melacak, serta memblokir jenis-jenis nomor yang dianggap spam. Pengguna juga dapat melaporkan nomor asing yang dianggap mengganggu, serta meninggalkan komentar sehingga pengguna lain dapat mengetahuinya. Setiap komentar yang masuk akan tercatat dalam database TelGuarder.

4. Truecaller

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenaltruecaller.com

Berasal dari Swedia, Truecaller populer di kalangan pengguna Android dan iOS. Hingga kini, pengguna aktif Truecaller sudah tercatat lebih dari 200 juta orang. Selain mampu mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal, aplikasi ini akan menampilkan warna merah jika nomor yang kamu lacak termasuk nomor berbahaya. Jika merasa terganggu, kamu bisa langsung memblokir nomor yang bersangkutan.

5. Hiya

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenalwww.hiya.com/products/app

Aplikasi pelacak nomor ponsel selanjutnya adalah Hiya, yang awalnya bernama Whitepages Caller ID. Perubahan nama ini membawa Hiya memiliki fitur yang lebih baik dari sebelumnya. Aplikasi Hiya mampu memblokir panggilan masuk dan SMS spam dari nomor asing. Apabila pemilik nomor berhasil menyembunyikan nomornya, Hiya tetap dapat mendeteksi apakah nomor tersebut termasuk spam, virus, malware, adware atau spyware.

6. Mr. Number - Block Calls & Spam

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenalplay.google.com/store/apps/

Mr. Number - Block Calls & Spam, merupakan aplikasi yang sigap memblokir nomor telepon yang terdeteksi sebagai spam atau penipuan. Keunggulan lainnya, aplikasi ini juga akan memblokir panggilan asing dengan kode tertentu, serta nomor yang dicurigai sebagai pelaku spam.

7. Tellows - Caller ID & Block

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenalwww.appsdrop.com

Aplikasi pelacak nomor ponsel yang satu ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi pelacar nomor ponsel lainnya. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan informasi mengenai nama, alamat, hingga lokasi si penelepon.

Keunggulan lainnya, aplikasi ini mampu mengelompokkan nomor yang tidak dikenal menjadi 9 jenis, yakni nomor terpercaya, nomor perusahaan penagih utang, undian berhadiah, survei, iklan, teror, penipuan uang, telemarketing, hingga missed call.

8. Eyecon

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak Dikenalwww.eyecon-app.com/

Dapat diunduh secara gratis, aplikasi Eyecon juga bebas iklan sehingga memudahkan siapapun menggunakannya. Secara umum, fitur yang terdapat di Eyecon mirip seperti aplikasi Truecaller. Namun, aplikasi Eyecon mampu menampilkan foto pada nomor asing yang masuk ke dalam database aplikasi ini. Selain itu, pengguna dapat menghubungkannya ke akun sosial media yang mereka miliki.

9. Get Contact

Demi Keamanan! Inilah 9 Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel Tidak DikenalTruecaller

Get Contact menjadi aplikasi yang paling familiar dibandingkan aplikasi lainnya. Aplikasi pelacak nomor ponsel yang satu ini, mampu menyaring nomor asing sekaligus memblokir nomor yang dicurigai spam.

Aplikasi ini memiliki database yang dapat mengungkapkan identitas pemilik nomor yang kerap menghubungi pengguna. Untuk mendapatkan fitur lengkap, kamu perlu berlangganan, namun kamu juga bisa menikmati beberapa fitur lainnya secara gratis.

Itulah aplikasi pelacak nomor hp tidak dikenal yang bisa kamu gunakan, Bela. Selain menjadi benteng keamanan pada diri sendiri, kamu juga bisa membantu teman atau kerabat dengan melacak nomor hp yang mengganggu mereka. Jadi, aplikasi mana yang pernah kamu coba, nih?

Baca Juga: 5 Aplikasi Percakapan Selain WhatsApp yang Bisa Jadi Pilihan

Baca Juga: 8 Aplikasi Belanja Sayur dan Buah untuk Pengiriman ke Jabodetabek

Baca Juga: 8 Aplikasi Arisan Online yang Dapat Diunduh Melalui Play Store