Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ada Song Kang hingga Sehun, 10 Selebriti ini Bersiap Jalani Wamil 

Mulai dari Kai 'EXO', Nam Joo Hyuk, hingga Kang Tae Oh

Aisyah Banowati

Korea Selatan mewajibkan laki-laki sehat berusia 18 hingga 28 tahun untuk menjalankankan wajib militer atau wamil. Biasanya, wamil akan berjalan selama kurang lebih dua tahun. Jika menolak melaksanakannya, baik itu warga sipil maupun selebriti akan dikenakan hukuman penjara. 

Wamil akan menjadi masa-masa kehilangan bagi kamu yang mengidolakan selebriti Kpop. Meski demikian, nggak mau kan kalau idola kamu harus mendekam di penjara cuma gara-gara enggan menjalankan wamil? Kira-kira, siapa saja ya, selebriti yang akan menjalankan wamil tahun ini? Simak listnya, yuk!

1. Song Kang

instagram.com/songkang_b

Song Kang telah memulai debutnya sejak 2017 lewat serial The Liar and His Lover dan kini menjadi salah satu aktor yang paling populer. Namanya semakin melejit usai membintangi Sweet Home, Love Alarm, hingga Nevertheless.

Berkat perannya dalam berbagai karakter, dirinya pernah masuk nominasi penghargaan untuk kategori Best New Actor dalam acara televisi 57th Baeksang Arts Awards. Tampaknya, aktor kelahiran 1994 ini akan menjalankan wajib militernya di tahun ini.

2. Nam Joo Hyuk

instagram.com/skawngur

Memiliki tahun kelahiran yang sama dengan Song Kang, aktor berusia 28 tahun—29 tahun umur Korea Selatan—yang satu ini akan segera menjalankan wajib militernya. Mengawali debut kariernya di tahun 2014 sebagai seorang model, Nam Joo Hyuk sempat menunda wajib militernya. Meski banyak penggemar yang nanti akan sedih saat masa hiatusnya, beruntung proyek drama yang dibintanginya, Twenty Five, Twenty One, berhasil mendapat kesuksesan di pasaran.

3. Kang Tae Oh

instagram.com/kto940620

Kang Tae Oh mengawali kariernya sebagai anggota dari idol grup bernama 5urprise di tahun 2013. Di tahun yang sama, dirinya juga mengawali debut sebagai aktor pendukung dalam beberapa drama. Satu tahun kemudian, dirinya mendapat kesempatan menjadi pemeran utama dalam serial Forever Young

Bertahun-tahun berkarier, perannya sebagai Lee Jun Ho dalam drama Extraordinary Attorney Woo berhasil membawa namanya semakin bersinar di industri ini. Kabarnya, setelah selesai menunaikan kewajibannya, Kang Tae Oh akan kembali berperan sebagai Lee Jun Ho untuk Extraordinary Attorney Woo musim kedua.

4. Jinyoung GOT7

instagram.com/jinyoung_0922jy

Idol sekaligus aktor, Jinyoung, telah membuktikan kemampuan aktingnya selama bertahun-tahun. Di tahun 2012, dirinya berhasil mendapat peran sebagai Jung Ui Bong dalam drama Dream High 2 dan memulai debutnya sebagai duo JJ Project.

Perlahan semakin dikenal, Jinyoung kembali debut sebagai anggota GOT7 serta menjadi MC di acara musik. Di tahun 2015, dirinya kembali bermain peran dan aktif membintangi berbagai drama populer hingga kini.

5. Sehun EXO

instagram.com/ohsehunxk

Anggota termuda dari boy grup EXO, Sehun, dikabarkan akan menjalankan wajib militernya tahun ini. Sebagai seorang idol sekaligus aktor, drama yang dibintanginya cukup populer. Sebut saja Now, We Are Breaking Up dan Dokgo Rewind yang membuat kemampuan aktingnya banyak diakui. Dirinya juga beberapa kali menjadi sampul majalah ternama seperti ELLE, Marie Claire, hingga Vogue.

6. Kai EXO

instagram.com/zkdlin

Tampaknya, Kai dan Sehun akan berada dalam tahun yang sama untuk menjalankan wajib militer. Nggak cuma fokus di dunia tarik suara, aktor kelahiran 1994 ini juga beberapa kali menunjukkan kebolehannya saat berakting.

Mulai dari drama To the Beautiful You, EXO Next Door, Choco Bank, hingga The Miracle We Met. Meski nggak selalu mendapat kursi sebagai pemeran utama, kemampuan aktingnya patut diapresiasi. Di tahun 2020, Kai berhasil debut solo dengan lagu utama “Mmmh” dan kini telah mengeluarkan album mini keduanya, “Peaches”.

7. Kim Min Kyu

instagram.com/mingue.k

Sempat menjadi trainee, dirinya merasa kemampuan menari dan menyanyinya cukup buruk sehingga memutuskan untuk berhenti. Di bawah naungan Happy Tribe Entertainment, dirinya memilih untuk fokus menjadi aktor serta model. Debut pertama dilakoninya dengan memainkan peran kecil dalam serial Monstar, namun baru mendapat perhatian setelah berakting untuk Queen: Love and War

Kini, Kim Min Kyu tengah menjadi salah satu aktor yang sedang naik daun berkat perannya di Business Proposal. Namun, dengan terpaksa dirinya harus mengucapkan selamat tinggal sejenak untuk para penggemarnya dan bersiap pergi menjalankan wajib militer.

8. Na In Woo

instagram.com/10042n00

Sebelum debutnya aktingnya di tahun 2015, Na In Woo turut mengambil bagian dalam acara Seoul Fashion Week 2014. Dirinya mendapat banyak perhatian sejak kesuksesan Mr. Queen yang tayang di tvN serta adaptasi serial Her Bucket List dari Webtoon.

Berkat aktingnya di River Where The Moon Rises, dirinya berhasil memboyong trofi penghargaan untuk Pendatang Baru Terbaik dalam acara KBS Drama Awards 2021. Bernama asli Na Jong Cha, In Woo bukan hanya bisa berakting namun juga dapat bernyanyi dan memainkan gitar serta bass.

9. Kang Seung Yoon

instagram.com/w_n_r00

Pertama kali muncul pada acara Superstar K2 di tahun 2010, hingga kini Kang Seung Yoon masih aktif bernyanyi dan menulis lagu. Leader dari grup WINNER asuhan YG Entertainment ini menunjukkan bahwa dirinya adalah artis multitalenta.

Bahkan, bukan hanya masuk nominasi penghargaan musik, dirinya juga dinominasikan untuk aktingnya. Melansir dari profil IMDb miliknya, diketahui jika Kang Seung Yoon telah memulai debutnya sebagai seorang fotografer Korean Eye 2020 dan memamerkan foto-fotonya di Saatchi Gallery London. 

10. Kim Woo Seok

soompi.com

Tahun ini, Kim Woo Seok genap berusia 29 tahun—usia Korea Selatan—sehingga kemungkinan besar dirinya harus mendaftarkan diri untuk wajib militer. Aktor yang memulai debutnya di tahun 2017 ini memulai kariernya dengan mengambil peran dalam web drama Love Playlist: Season 2.

Sejak itu, dirinya mulai bermain di beberapa drama populer seperti Rookie Corps dan Military Prosecutor Doberman, serta mengambil bagian dalam drama musikal. Aktor di bawah naungan Alien Company ini juga sempat muncul di acara King of Mask Singer bersama saudaranya, Kim Min Seok.

Itulah deretan selebriti kelahiran 1994 yang tahun ini akan menjalani dan mendaftar wajib militer. Kita doakan semoga wajib militer mereka berjalan dengan lancar agar dapat kembali menyapa penggemar secara langsung. Ada selebriti favorit kamu, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Working Life