Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Atlet Laki-Laki dengan Bayaran Tertinggi 2023

Ada Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, hingga Stephen Curry

Aisyah Banowati

Menjadi atlet profesional kelas dunia bukanlah hal yang mudah. Meski sebagian besar atlet memiliki bakat dalam dirinya, diperlukan kerja keras, lusinan latihan fisik, sederet kegagalan turnamen, serta komitmen yang kuat untuk berada di posisi mereka saat ini.  

Buah dari hasil kerja keras para atlet bukan hanya jajaran piala dan medali, namun juga eksposur yang membuat mereka menjadi terkenal. Semakin banyak kemenangan yang diraih membuat sponsor tak segan menggelontorkan uang lebih untuk para atlet yang telah menandatangani kontrak dengan mereka. 

Beberapa atlet di belahan dunia—dengan cabang olahraga yang berbeda—berhasil mengantongi jutaan dolar untuk bayaran mereka secara profesional. Angka yang ditawarkan untuk para atlet ini juga tak main-main. Secara rutin, Forbes mencatat daftar atlet dengan pembayaran tertinggi setiap tahun. Berikut daftarnya!

Psstt… Angka yang disebutkan sebelum perhitungan pajak dan biaya agen, ya!

1. Cristiano Ronaldo

instagram.com/cristiano

Tahun ini, tepatnya di bulan Januari, Cristiano Ronaldo resmi bergabung dengan klub Arab Saudi Al Nassr. Di rumah barunya, pemain sepak bola asal Portugal ini mendapat gaji mencapai 200 juta euro per tahun, belum termasuk bonus dan pendapatan lainnya. 

Ia juga masuk ke dalam daftar sepuluh orang dengan followers terbanyak di Instagram. Pengikutnya mencapai lebih dari 579 juta. Tahun lalu, untuk sekali endorsement, ia memasang tarif sekitar Rp33 miliar. 

Tak mengherankan jika melihat pendapatan Cristiano Ronaldo saat ini, ia merupakan salah satu pemain terhebat di generasinya. Namanya resmi bergabung dengan Manchester United di tahun 2003, dan menikmati musim terbaiknya di tahun 2007-2008, hingga memperoleh penghargaan sepatu emas sebagai pencetak gol terbanyak Eropa. 

Setelah pindah ke Real Madrid Spanyol, ia berhasil membawa timnya meraih gelar Liga Champions selama empat kali berturut-turut. Di tahun 2018, Cristiano Ronaldo bergabung bersama tim Italia, Juventus, dengan kontrak empat tahun. Ia membantu tim Juventus untuk memenangkan Supercoppa Italiana 2020 dan Final Coppa Italia 2021.

2. Lionel Messi

instagram.com/leomessi

Tahun 2022 lalu, Lionel Messi bersama tim sepak bola Argentina berhasil memboyong Piala Dunia. Masa depan salah satu pemain terbaik dunia itu kini sedang dipertanyakan oleh penggemarnya. 

Menurut kabar yang beredar, mungkin saja ia dapat kembali ke Barcelona, atau bergabung dengan tim Arab Saudi. Namun, saat ini ia masih bergabung dengan klub Paris Saint-Germain dengan kontrak hingga Juni 2023. 

Tak ada yang perlu dikhawatirkan tentang pendapatannya, Messi masih memiliki daftar panjang dukungan yang menguntungkan, termasuk di antaranya Adidas, Budweiser, dan PepsiCo. Bahkan, ia telah meluncurkan perusahaan investasi bernama Play Time.

3. Kylian Mbappé

instagram.com/k.mbappe

Nama Kylian Mbappé sukses mendapat atensi berkat talentanya yang luar biasa sebagai pemain sepak bola. Berkebangsaan Prancis, Kylian Mbappé bertanggung jawab sebagai penyerang dalam tim. Tahun lalu, ia menjadi pencetak gol termuda untuk tim Prancis dalam sejarah Piala Dunia. 

Bergabung dengan tim yang sama dengan Lionel Messi, PSG, ia mendapat gaji pokok sekitar US$53 juta. Kylian Mbappé juga telah menandatangani kontrak 10 tahun senilai  US$187 juta dengan Nike selama ia bermain di liga papan atas. Bahkan, merek jam tangan mewah, Hublot, menjadikannya sebagai duta global.

4. LeBron James

instagram.com/kingjames

LeBron James merupakan pemain basket profesional asal Amerika Serikat. Ia adalah atlet pertama yang disertifikasi sebagai miliarder oleh Forbes. Sebagai atlet, LeBron James bukan hanya menghasilkan pundi-pundi uang dari pertandingan. 

Namanya tertulis sebagai produser untuk film House Party (2023), ia juga memiliki saham di Fenway Sports Group, serta berinvestasi untuk tim Major League Pickleball, Canyon Bicycles, Neutral Food, hingga Mitchell & Ness. 

Tak berlebihan memberi julukan pemain terhebat sepanjang masa untuk LeBron James. Sebab, ia telah memecahkan rekor Kareem Abdul-Jabbar dengan menjadi pencetak gol NBA terbanyak sepanjang masa. 

5. Canelo Álvarez

instagram.com/canelo

Kepopuleran Canelo Álvarez semakin meningkatkan pendapatannya. Debut pertamanya memang di tahun 2005, namun kemenangannya dalam Gelar Kelas Berat Ringan WBO di tahun 2019 menunjukkan jika ia meningkat dengan pesat. Saat ini, Canelo Álvarez telah mengantongi US$100 juta dolar dalam bentuk dompet jaminan dari tiga pertarungan terakhirnya. 

Kehidupan mewah yang dinikmati oleh Canelo Álvarez bukan hanya berasal dari gajinya sebagai seorang petinju profesional. Ia juga terjun sebagai seorang pengusaha dengan beberapa bisnis dan investasi, di antaranya produksi minuman olahraga Yaoca, aplikasi kebugaran I Can, hingga punya jaringan pom bensin bernama Canelo Energy. 

6. Dustin Johnson

instagram.com/dustinjohnsongolf

Dustin Johnson adalah pemain golf profesional Amerika Serikat yang punya kekayaan bersih sebanyak US$100 juta dolar. Sejak tahun 2017, Dustin Johnson telah menjadi pegolf peringkat satu di dunia selama 64 minggu. Sepanjang kariernya di Kejuaraan Golf Dunia ia telah cukup sukses. 

Dirinya merupakan bintang pertama yang melompat ke LIV Golf—serial yang dibiayai oleh dana kekayaan kedaulatan Arab Saudi. Saat ini, Dustin disibukkan untuk mengembangkan 4Aces GC, yaitu tim LIV dengan ia sebagai kapten. Tercatat, di tahun ini, ia telah mengumpulkan US$3,3 juta dari lima acara LIV. 

7. Phil Mickelson

instagram.com/philmickelson

Phil Mickelson masuk ke dalam daftar pemain golf terkaya di dunia. Penggemarnya akrab memanggil Phil dengan sebutan “Lefty”. Ia telah memenangkan 45 kejuaraan PGA dan tiga turnamen master pada tahun 2004, 2006, dan 2010. 

Pendapatannya di antara tahun 2019 hingga 2020 sekitar US$40,8 juta dengan US$40 juta berasal dari sponsor. Dilaporkan bahwa kekayaan bersihnya sekitar US$400 juta. Saat ini ia merupakan pegolf terkaya di liga yang didukung oleh Arab Saudi. 

Sayangnya, ia terlibat dalam kontroversi seputar komentar yang dirinya buat di PGA Tour dan Liga Super Baru yang didukung saudi. Membuat pendapatannya ‘kabarnya’ menurun akhir-akhir ini. 

Selain menjadi atlet, Phil Mickelson adalah salah satu sosok di balik For Wellness yang membuat suplemen kopi. Baru-baru ini ia dan beberapa investor lain telah membeli sebidang tanah di luar Phoenix.

8. Stephen Curry

instagram.com/stephencurry30

Selama bertahun-tahun, Stephen Curry telah membuktikan dirinya di lapangan. Musim ini, ia berhasil menerima gaji sebesar $48,1 juta dan akan menjadi pemain pertama dengan US$50 juta di liga 2023-2024. Sebagai pemain bintang, ia telah menjalin kerja sama dengan berbagai merek ternama, seperti 2K Sports, Callaway Golf, Google, dan Under Armour.

Sejak 2010, Stephen Curry telah bermain untuk tim nasional senior sebagai point guard Golden State Warriors. Ia tercatat sebagai salah satu penembak tiga angka terkemuka di NBA. Sepanjang kariernya, ia telah menjadi NBA All-Star tujuh kali, NBA Most Valuable Player dua kali, dan juara NBA tiga kali.

9. Roger Federer

instagram.com/rogerfederer

Roger Federer adalah pemain tenis asal Swiss yang belum lama ini gantung raket. Pertandingan terakhirnya ia mainkan bersama Rafael Nadal di pertandingan Laver Cup. Menurut Forbes, Roger Federer telah memenangkan lebih dari US$130 juta sepanjang kariernya sebagai atlet. 

Kepopuleran telah membawa Roger Federer menerima nilai endorsement yang fantastis. Celebrity Net Worth melaporkan jika mantan pemain tenis ini memperoleh US$1 miliar dari sponsor sepanjang kariernya. Jika dihitung, kekayaan bersih yang dimilikinya dapat mencapai US$550 juta. 

Tak ada yang menampik jika menyebutkan Roger Federer sebagai salah satu pemain tenis terbaik sepanjang masa. Tercatat, ia telah memenangkan 20 gelar tunggal putra Grand Slam dan berada di puncak peringkat dunia ATP Putra selama 237 minggu berturut-turut.

10. Kevin Durant

instagram.com/kd35ground

Selain LeBron James dan Stephen Curry, Kevin Durant adalah pemain basket profesional Amerika yang masuk ke dalam daftar sepuluh atlet dengan bayaran tertinggi versi Forbes. Celebrity Net Worth mencatat jika kekayaan bersihnya mencapai $300 juta dengan gaji dari NBA sebesar US$42 juta. Baru-baru ini—mengikuti jejak Michael Jordan dan LeBron James—ia telah menerima kontrak seumur hidup dengan merek sepatu Nike.  

Saat usianya menginjak 10 tahun, Kevin Durant bertekad untuk menjadi pemain basket. Ia tumbuh dengan dukungan penuh dari ibunya. Sebelum bergabung dengan NBA, Kevin yang berkuliah di University of Texas bermain selama satu tahun untuk Texas Longhorns. Berkat kemampuannya, ia memenangkan beberapa penghargaan Player of the Year—sebuah pencapaian luar biasa bagi seorang mahasiswa baru. 

Itulah sepuluh atlet dengan bayaran tertinggi menurut versi Forbes. Melihat nama Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, LeBron James, Stephen Curry, serta Canelo Alvarez tentu bukan kejutan yang besar, bukan?

IDN Media Channels

Latest from Working Life