Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Fakta Threads, yang Sedot 10 Juta Pengguna dalam 7 Jam!

Ini perbedaan Threads dan Twitter

Zikra Mulia Irawati

Aplikasi Threads yang dikembangkan oleh Meta resmi jadi pesaing baru Twitter. Diluncurkan pada 6 Juli, jumlah penggunanya disebut sudah tembus lebih dari 10 juta. Tampaknya angka ini masih akan terus bertambah karena CEO Meta Mark Zuckerberg sendiri menargetkan pengguna aplikasi barunya ini bisa menyentuh 1 miliar.

"Sepertinya butuh waktu, tapi aku pikir harus ada aplikasi dialog publik dengan (jumlah pengguna) 1 miliar orang di dalamnya," tulis Mark di Threads, 6 Juli.

Lantas, apa saja fakta menarik tentang Threads dan apa saja perbedaannya dengan Twitter? Simak rangkuman informasinya di bawah ini.

1. Apa itu Threads?

nbcnews.com

Threads merupakan salah satu aplikasi terbaru dari Meta yang memiliki format serupa dengan Twitter. Threads sendiri berarti utas, istilah yang digunakan oleh Twitter untuk menyebut rangkaian tweet yang memanjang.

2. Terintegrasi dengan akun Instagram

threads.net/popbela_com

Saat mengunduh Threads di Play Store atau iOS, kita akan langsung log in menggunakan akun Instagram yang sudah kita miliki. Oleh karena itu, kita tidak bisa mengubah username Threads tanpa mengubah username Instagram. Namun, foto profil, bio, dan link yang tersemat masih bisa dipersonalisasi. Kalau kamu ingin tiga hal tersebut sama persis dengan apa yang ada di Instagram, kamu bisa langsung mengimpornya, kok.

3. Kembali dikembangkan sejak Januari 2023

cnn.com

Tahukah kamu? Meta sebetulnya sudah mengembangkan Threads sejak 2019. Namun, proyek ini tak dilanjutkan karena kalah pamor dengan aplikasi lain yang serupa. Threads akhirnya dikembangkan kembali pada Januari 2023.

4. Resmi jadi saingan Twitter

threads.net/pubity

Seperti yang kita tahu, netizen beberapa hari terakhir mengajukan keresahan akibat pembatasan scroll yang diberlakukan oleh Twitter. Hadirnya Threads dengan fitur yang hampir serupa ini bak menjadi alternatif terbaik. Pengguna bisa melakukan like, reply, repost, quote, dan share langsung ke Instagram. 

5. Opsi following yang unik

Threads

Untuk mengikuti orang lain di Threads, kita diberi beberapa opsi. Pertama, otomatis mengikuti semua pengguna yang kita ikuti di Instagram. Jika pengguna tersebut belum membuat akun Threads, permintaan mengikuti kita akan masuk ke laman pending.

Kedua, kita bisa mencari secara manual pengguna yang ingin kita ikuti. Jika opsi ini kamu pilih, kamu bisa langsung melihat unggahannya di laman beranda dan berinteraksi dengan akun tersebut seperti biasa.

6. Jumlah maksimal unggahan: 500 karakter, 10 foto, 5 menit video

Threads

Satu poin yang membuat Threads lebih unggul daripada Twitter, jumlah maksimal unggahannya lebih banyak. Dalam satu unggahan, kamu bisa menulis 500 karakter. Tak hanya itu, kamu bisa melampirkan 10 foto dan video dengan durasi hingga 5 menit. Wah, bisa buat media baru untuk berbagi fancam konser, nih!

7. Kekurangan Threads

Threads

Sesama pengguna baru, netizen masih meraba-raba fitur aplikasi ini. Namun, ada beberapa kekurangan Threads yang masih disayangkan yaitu belum bisa mengunggah gambar berformat GIF dan pencarian tren berdasarkan tagar atau kata kunci. Hingga artikel ini ditulis, laman pencarian Threads hanya bisa digunakan untuk mencari akun pengguna.

Meskipun demikian, Threads bisa dibilang cukup menarik sebagai aplikasi yang baru diluncurkan. Jadi, sudahkah kamu punya akunnya, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration