Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Punya Kebiasaan Seperti Ini Hidup Menjadi Lebih Tenang

Percaya nggak?

Tita Florita

Menjadi mandiri dan bertanggung jawab seolah menyenangkan karena bisa mengatur diri sendiri. Tapi, menjadi pergolakan ketika dihadapkan oleh sebuah realita. Ingin seperti dan menjadi ini dan itu. Dampaknya, kamu merasa kebingungan untuk memilih menjalankan aktivitas yang seperti apa agar bisa diterima oleh orang banyak.

Padahal, hal seperti ini akan membuat kamu semakin gelisah dan mudah khawatir. Bisa-bisa kamu nggak kenal dengan diri sendiri. Ketika kamu ingin mengubah untuk lebih menjadi diri sendiri dan lebih tenang dalam menghadapi permasalahan, baca tujuh poin yang bisa kamu lakukan.

Tidak ikut tren

pexels.com/Ylanite Koppens

Kalau kamu memantau media sosial, majalah, hingga berita di internet ada saja yang baru setiap harinya. Apalagi kalau beritanya cukup populer sehingga menandakan banyak yang tertarik. Sebagai anak muda yang sedang menggali tentu nggak ragu kamu mencobanya atau mencari tahu. Ada baiknya kamu nggak memaksakan diri untuk selalu cocok dengan sesuatu hal yang populer. Jangan takut dicap nggak gaul, karena nggak mengikuti tren saat itu.

Menjadi dewasa

pexels.com/Pixabay

Manjalankan proses seperti ini nggak mudah, terbayang menjadi elegan dan disegani. Di sisi lain, rasanya enggan sekali untuk meninggalkan euphoria masa kecil. Secara nggak langsung karakter yang ada di masa kecil masih melekat di dirimu. Misalnya, suka menggali dan penasaran dengan hal baru. Tapi, kamu juga harus bisa memilah mana yang kurang sesuai dan berdampak negatif, karena kamu sudah melewati banyak pengalaman untuk bisa di posisimu yang sekarang ini.

Tidak mudah terkejut

pexels.com/Pixabay

Banyak sekali perubahan yang hadir bersamaan, apalagi kamu bisa mengakses segala informasi dengan mudah. Pasti banyak ketidak sesuaian yang akan kamu hadapi dan itu sebenarnya adalah sesuatu yang biasa. Hal yang mustahil kalau semuanya disesuaikan dengan kamu. Mulai belajar untuk menerima perbedaan dan toleransi. Memang nggak mudah untuk pegang kendali terhadap perasaan yang muncul. Namun, kamu bisa berpikir dua kali sebelum mengeluarkan reaksi dari perasaan yang muncul.

Merayakan pencapaian

pexels.com/Breakingpic

Mulai menjadi kebiasaan kalau ada sebuah pencapaian disitu ada perayaan. Biasanya menjadi sesuatu hal yang membanggakan dan membagi kabar bahagia bersama orang terdekat. Di sisi lain, ada orang yang merasa biasa saja dengan pencapaian yang diraihnya. Padahal orang lain sudah memberikan selamat. Kalau sudah seperti ini, ada baiknya kamu nggak terlalu kaku dengan diri sendiri. Merayakan pencapaian kecil itu wajar, kok. Sebagai bentuk apresiasi diri dan dirayakan dengan sederhana.

Tidur tepat lebih awal

pexels.com/Burst

Berkurangnya jam tidur karena harus beaktivitas membuat tubuh lebih lesu dan mudah capek dari biasanya. Kalau terus menerus melakukan kebiasaan ini kesehatan yang menjadi taruhannya. Tentu saja kamu nggak ingin kalau masih muda sudah nggak bisa menjaga pola tidur dan kesehatan. Nggak ada ruginya kok kalau kamu tidur malam dengan cukup. Berikan batasan diri sendiri dalam beraktivitas dan atur prioritas karena tubuh perlu istirahat.

Menjaga kebersihan

pexels.com/rawpixel.com

Berada di tempat yang bersih bisa membuat kamu merasa tenang dan nyaman. Memang terlihat banyak sekali yang harus dilakukan agar tetap bersih. Kamu bisa mulai dengan mencuci rutin pakaian yang kotor, apalagi sudah memasuki musim hujan. Setelah itu, bersihkan benda-beda dari debu yang menempel. Kalau terus dibiarkan bernapas menjadi kurang nyaman. Kurangi kebiasaan menumpuk piring kotor di bak cucian. Dan, jangan terlalu sayang dengan benda yang sudah nggak terpakai.

Berada di lingkungan yang stabil

pexels.com/Ray Piedra

Berada di keadaan yang seperti ini bukan mengajakmu untuk berlama-lama di zona nyaman. Kamu wajib terus mengembangkan kemampuan diri. Yang dimaksud adalah, kamu akan merasakan ketenangan di lingkungan dan suasana yang sesuai. Memang ini nggak mudah untuk menemukannya dan membutuhkan beberapa perpindahan. Selain itu, ekspektasi sebelum menemukan lingkungan yang sesuai juga tinggi. Jadi, ada baiknya kamu nggak menilai lingkungan dari fasilitasnya saja.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration