Kesuksesan, keberhasilan, hidup sehat, bahkan kebahagiaan nggak bisa dibangun hanya dalam waktu semalaman. Perlu usaha dan bersahabat dengan waktu. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa bersenang-senang. Hanya saja, kamu wajib menghentikan lima kebiasaan yang sangat menghabiskan waktu di bawah ini, Bela.

1. Menyesali diri sendiri

Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini
 
Melakukan tindakan pada poin ini, biasanya ada kekecewaan. Karena melihat konsekuensi keputusan yang telah kamu ambil. Menyalahkan beberapa pihak pasti kamu lakukan, selain menyalahkan diri sendiri. Dampaknya, kamu bersikap ragu untuk mengambil sutu keputusan dan terlalu mendengarkan omongan orang lain. Bukan hanya kamu saja yang pernah di posisi yang seperti ini. Ada baiknya, kamu bangkitkan kembali semangat untuk meraih apa yang kamu inginkan dan bersikap positif. Kalau kamu bersikap ragu, bisa jadi kamu mengalami kemunduran.

2. Menunggu kesempatan dan orang lain

Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini
 
Melihat kesempatan yang tepat tanpa melakukan apa-apa adalah kegiatan yang sangat membuang waktu. Kalau kamu sadari masih banyak kegiatan yang harus kamu selesaikan. Baik itu urusan pekerjaan, pendidikan, maupun pribadi. Begitu juga dengan memberikan kesempatan dan toleransi yang besar dengan orang lain. Kalau mereka nggak cukup membuatmu semakin baik, ada baiknya kamu menarik diri dan menemukan lingkungan yang lebih kondusif lagi. Intinya, kalau kamu hanya menunggu, apa yang bisa kamu dapat. Jangan sampai poin pertama terulang. Dan, kesempatan dan keberuntungan itu harus dicari dengan usaha, bukan ditunggu.

3. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini
 
Membicarakan orang lain sembari memamerkan diri sendiri sepertinya kegiatan yang paling mengasyikkan. Kamu bisa jadi ingin menghibur diri sendiri dengan menjatuhkan orang lain. Padahal dalam hati kamu iri dengan apa yang telah mereka capai. Kalau memang kamu pikir mereka lebih sukses, jangan ragu untuk mengakui. Nggak hanya itu saja, kamu bisa belajar darinya secara diam-diam agar keinginanmu bisa tercapai. Bergosip dan berasumsi cepat seperti ini sangat membuang waktu. Dan mereka yang menjadi topik obrolan bisa jadi nggak peduli. Energi dan ego sangat terkuras untuk melakukan hal ini, bukan?

4. Hanya merencanakan tanpa tindakan

Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini
 
Punya keinginan lalu menuliskan memang ide yang cemerlang. Tapi, hal itu hanya tulisan belaka kalau kamu nggak mencoba mewujudkannya. Memang harus melewati beberapa rintangan. Tapi, diumur yang masih muda dengan semangat tinggi apa pun bisa dilakukan. Ada baiknya, kamu nggak terlalu pamer apa yang menjadi tujuan di hadapan teman-teman. Alasannya, kamu akan malu kalau nggak segera terealisasi dan dianggap hanya besar omongan. Hindari juga untuk mengeluh mengenai keinginan yang belum tercapai, padahal kamu belum melakukan apa-apa. Sebaiknya, kamu usaha semaksimal mungkin dan diiringi dengan kebiasaan positif.

5. Menggunakan media sosial terlalu lama

Semakin Dewasa Kamu Harus Berani Meninggalkan 5 Kebiasaan Ini
 
Menggunakan teknologi, internet, dan media sosial memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kalau untuk menyalurkan kreativitas positif memang baik, tapi kalau hanya untuk sekedar kepo, maka hanya membuang waktu. Memang ada baiknya untuk berhenti sejenak di media sosial dan melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat. Kesuksesanmu nggak akan dipengaruhi oleh apa yang kamu unggah. Kecuali, kamu memilih berkarier di bidang kreatif. Agar waktumu nggak terbuang percuma, hindari juga mengunggah konten yang sifatnya sensitif. Ada manfaatnya kalau kamu membuat orang lain terinspirasi dari karyamu.

Jadi, kebiasaan buruk apa yang sudah kamu buang?

BACA JUGA : Kalahkan Sainganmu di Kantor dengan "Mencontek" Cara Kerjanya