Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Lagu Yang Terinspirasi Dari Kota Seoul, Easy Listening Banget!

Jadi ingin ke Seoul

Tita Florita

Saat ini Seoul merupakan kota populer yang menjadi tujuan wisata mancanegara. Bahkan, ada yang menjadikan kota ini sebagai rumah kedua oleh beberapa orang. Mengunjungi Korea Selatan memang selalu menyimpan banyak pengalaman. Salah satunya, kamu bisa menikmati festival musik dengan beragam musisi disana. Acara seperti ini peminat dan pengunjungnya sangat besar, lho.

Sebagai seorang musisi yang berkarya di Korea Selatan, Seoul tentu banyak sekali potongan kejadian yang ingin diceritakan. Menjadi sesuatu yang menarik ketika Seoul menjadi inspirasi untuk sebuah lagu. Seolah mendengarkan cerita seperti apa keramaian yang terjadi di kota Seoul. Selain itu, lagu-lagu ini bisa membuat kamu ingin berkunjung ke Seoul.

1. Lee Hyori ft Killagramz – Seoul

Lagu ini dirilis tahun 2017 di album keenamnya yang berjudul Black. Lagu berjudul Seoul ini berada pada track nomor 1. Sebelum lagu ini dirilis Lee Hyori memutuskan untuk istirahat selama dua tahun dari industri hiburan. Di musik videonya kamu bisa lihat kalau Seoul penuh dengan kesibukan, gemerlap lampu di malam hari dan banyak kendaraan lalu lalang. Kemudian, ia berada di tempat yang hijau dan nyaman sebagai sisi bertolak belakang dari Seoul.

Ia menggambarkan Seoul sebagai kota yang nggak pernah tidur dengan gedung-gedung tinggi yang seolah seperti hutan. Lagu ini menceritakan kalau ia rindu dengan kampung halamannya di Jeju. Ketika ia ingin kembali pun menyadari kalau sudah terlambat. Bagian Killagramz juga menceritakan di tengah gemerlap Seoul, semua merasakan pahit manis untuk bertahan.

2. RM – Seoul

Lagu ini ada di mixtape RM yang berjudul Mono, rilis pada tahun 2018. Menceritakan sudut pandang tentang perubahan Seoul di waktu ia kecil yang sekarang penuh dengan gedung dan mobil. Sama seperti yang lain, ketika memutuskan untuk tinggal mandiri di kota besar. Ada hubungan benci dan cinta di dalamnya. Ternyata Honne ikut memproduksi lagu Seoul, lho.

RM menggambarkan hubungan rumit ini dalam sebuah lagu yang enak di dengar setelah pulang kerja atau di malam hari. Kamu juga bisa menikmati seluruh Seoul dari pagi hingga tengah malam di video ini. RM juga mengutip kalimat dari seorang supir taxi yang berkata, Seoul adalah kota yang menyenangkan untuk ditinggali kalau kamu punya uang.

3. Epik High – In Seoul

Merupakan salah satu musisi yang karyanya memasukkan persoalan sosial. Mereka juga mengambil sudut pandang dari pesan sosial yang ingin disampaikan. Lagu ini dirilis tahun 2019 dan berada di album Sleepless in ________. Epik High membuat penggemar dan pendengar lagu ini untuk berkomtemplasi tentang tinggal di kota besar.

Dalam lagu ini, mereka menceritakan sisi nggak enak yang akan kamu hadapi kalau tinggal di kota besar. Merasakan kecewa, tertekan, stres, mengutarakan hal negatif, dan lain sebagainya. Sendirian untuk bertahan hidup juga akan kamu jalani. Keindahan alam seperti bulan, bintang, dan air hujan malah membuat kamu sendu.

4. NCT 127 – City 127

Lagu yang rilis tahun 2018 ini menceritakan tentang kota Seoul di malam hari. Lampu jalan, kendaraan, dan gedung menjadi pemanis di malam hari selain sinar bintang. Apalagi kalau ditemani dengan orang terdekat. Semua akan terasa lebih baik dan menyingkirkan hari buruk. Kalau mendengarkan lagu ini, rasanya ingin sekali keluar di malam hari dan menikmati pemandangan kota. Siulan yang ada di lagu ini menjadi penguat kalau kamu harus menikmati kota ini saat malam.

Seoul dalam lagu ini digambarkan sebagai kota yang terang sepanjang malam dan itu nggak pernah berakhir. Bagi kamu yang pernah berkunjung ke kota ini tentu setuju, ada beberapa tempat yang semakin ramai di malam hari. Penggalan lagu ini juga menjelaskan kalau lebih suka terjaga di malam hari karena suka dengan kota Seoul.

5. Block B Bastarz - From Seoul

Sub unit dari Block B ini merilis From Seoul pada tahun 2019 dan menjadi salah satu lagu di album mereka yang berjudul I’m a mess. Mendengarkan lagu ini kamu akan menikmati vocal yang halus dan rap yang enak didengar. Nonton musik videonya kamu akan diajak melihat Seoul dari ketinggian. Bukan cuma itu, melihat gang-gang, restoran, dan apartemen di Seoul.

Lagu ini menceritakan tentang perjalanan seseorang dari kota hingga negara lain. Berkeliling dunia melakukan hal yang menyenangkan. Mereka tetap menjadi diri sendiri dan nggak butuh sesuatu yang berlebihan. Walaupun demikian, mereka tetap bangga dan nggak lupa kalau berasal dari Seoul.

6. Urban Zakappa ft Beenzino – Seoul Night

Lagu yang ber-genre RnB Soul ini rilis pada tahun 2019 dan berada pada album Seoul Night. Sebelumnya grup musik ini mengisi lagu untuk drama Goblin. Urban Zakapa debut pada tahun 2009 dan dikenal dengan grup musik indie dengan lirik lagu yang punya makna dalam. Mereka pun sering berkolaborasi dengan musisi lain, salah satunya adalah Beenzino, seorang rapper dan juga produser.

Dalam lagu ini, menceritakan kalau orang menjalankan kesibukannya masing-masing di kota Seoul. Walaupun seperti itu, mereka tetap menyukai kota ini. Berjalan dan berbincang malam di Seoul merupakan hal harus dicoba. Tempat pengambilan musik video seperti dilakukan dalam lift dan didesain sesuai dengan karakter mereka.

7. Hyukoh – Goodbye Seoul

Merupakan grup musik indie yang terbentuk pada tahun 2014. Lagu ini berada dalam albumnya yang berjudul 24: How to find true love and happiness, rilis tahun 2018. Hyukoh banyak bercerita tentang cinta dan kehidupan lewat lagu-lagunya. Salah satunya Goodbye Seoul. Bagi kamu yang pertama kali dengar Goodbye Seoul bisa masuk daftar lagu favorit.

Lagu Goodbye Seoul menggambarkan tentang seorang yang lelah hidup di kota besar. Waktu istirahat pun banyak dipakai untuk menjawab pertanyaan yang muncul dari dalam diri. Belum lagi menjalankan kesibukannya. Walaupun belum lama menetap, ia akan meninggalkan kota tersebut dan merindukannya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration