Apa kamu salah satu warga Indonesia yang terkena 'demam' Korea, Bela? Kamu suka segala musik dan drama yang berasal dari negeri ginseng sana? Kalau begitu, kamu pasti pernah bermimpi untuk menilik langsung negara asal So Joon Ki ini kan? Agar cepat terealisasi, segera siapkan biayanya ya..

Biaya pertama yang harus kamu anggarkan adalah tiket pesawat

 
Karena pesawat adalah satu satunya transportasi untuk berangkat dari Indonesia menuju Korea. Agar hemat, belilah tiket pesawat jauh-jauh hari. Kalau perlu 6-12 bulan sebelum keberangkatan. Kalau jaraknya lama, kamu bisa dapat harga sekitar Rp1,7 juta dari Jakarta ke bandara Incheon, Seoul. Umumnya sih transit di Kuala Lumpur dulu.

Selanjutnya, cari penginapan yang murah tapi layak dulu ya

 
Jangan percaya kalau orang bilang semua penginapan di Korea Selatan, khususnya Seoul selalu dibanderol dengan harga mahal. Kamu bisa kok dapet penginapan dengan harga miring dalam bentuk hostel atau losmen. Tarifnya bahkan bisa di bawah Rp200 ribu lho. Kalau mau lebih murah lagi, kamu bisa menginap di sauna alias jjimjilbang. Biaya masuknya hanya ekitar Rp59 ribu - Rp177 ribu saja.

Kalau penginapan beres, kamu baru bisa ajukan VISA

Nggak Harus Puluhan Juta, Ini Rincian Biaya Liburan ke Seoul!
 
Namanya mengurus visa, ke negara manapun pasti gampang-gampang susah. Kalau datamu tidak lengkap dan rekeningmu tidak mencapai saldo minimal, ya siap-siap saja visamu akan ditolak. Agar hemat, kamu urus sendiri saja visanya, biayanya sekitar Rp450 ribu. Kalau menggunakan jasa tour travel bisa mencapai Rp 650 ribu.

Nah ini, biaya makan yang memang agak mahal Bela

 
Kalau memang mau irit, silahkan kamu cari warung-warung kaki lima atau foodcourt sederhana saja di Korea. Makanan paling murah akan berkisar Rp50 ribu - Rp70 ribu. Kamu juga bisa lho  mencari makanan di "Kimbap Cheonguk," yakni semacam wartegnya Korea. Porsi makannya berukuran besar dan harganya biasanya di bawah Rp60 ribu. Selain itu, tempat ini buka 24 jam.

Jangan lupa anggarkan untuk transportasi umum untuk berkeliling Korea

 
Kalau biaya makan masuk kategori mahal, biaya transportasi umum di Korea Selatan justru masuk kategori murah. Sesampainya di sana, kamu bisa membeli T-Money, sebuah kartu yang bisa kamu pakai untuk membayar bus, subway, taksi, dan bahkan barang belanjaan di beberapa convenient store. Beberapa penginapan bahkan juga meminjamkan kartu ini, gratis, asal kamu meminta dengan sopan dan senyum manis.

Biaya mengisi tiket T-Money : Rp 100,000

Agar biaya liburanmu terpangkas, kunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Seoul saja

 
Hari pertama misalnya, kamu bisa mengunjungi lokasi wisata dekat Bandara Incheon. Ada Jeondeungsa Temple, Chinatown, Incheon Bridge serta Bomunsa Temple. Baru hari berikutnya, kamu bisa menjelajahi pulau romantis tempat shooting Winter Sonata, apalagi kalau bukan Nami Island. Tarif tiket masuknya kurang-lebih 10.000 Won yang setara dengan Rp115 ribu. Kamu juga bisa mendatangi Gyeongbokgung Palace dan juga Myeongdong sebagai lokasi belanja produk brand murah.

Sudah siap berlibur ke Korea Selatan Bela? Total biayanya kurang lebih Rp8 juta hingga Rp9 juta, sudah termasuk tiket pesawat pp dan juga Visa.


BACA JUGA : Inovasi Baru! Liburan Nggak Perlu Sibuk Selfie Pakai Tongsis Lagi!