Sejak masih dalam pelatihan hingga sudah menjadi leader BTS, Kim Namjoon atau yang biasa dikenal dengan RM selalu membuat pernyataan bijak yang selalu menginspirasi. Dia tidak pernah takut untuk berbagi pandangan, aspirasi, dan bahkan mimpinya kepada setiap orang.

Entah itu melalui lirik lagu yang ia tulis, wawancara sampai pidato sekalipun. Rapper yang dikenal tahan banting ini selalu mengajak para penggemarnya untuk selalu merasa nyaman dengan diri sendiri, percaya diri dan berani melalui kata-katanya yang sangat memotivasi. Seperti pada enam nasehat bijak berikut.

1. Nasehat untuk meraih kebahagiaan

6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan HidupmuInstagram.com/btsnamjoon

"Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang harus kamu capai. Kamu masih bisa bahagia selagi dalam proses untuk mencapai sesuatu. Jadi jika kamu mengubah perspektifmu sedikit saja, aku tahu banyak orang sedang mengalami masa-masa sulit saat ini, tetapi momen ini bisa saja menjadi saat paling indah dalam hidup kita."

Kebahagiaan nggak hanya bisa didapatkan saat kamu sudah sukses dalam mencapai sesuatu, tetapi bisa didapatkan di mana saja. Kamu hanya harus mengubah perspektifmu, karena bahagia dan tidaknya kamu itu tergantung dirimu sendiri.

2. Nasehat untuk berusaha meraih impian

6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan HidupmuInstagram.com/btsnamjoon

"Apa yang salah dengan kehidupan seorang penumpang jika seseorang harus memimpin, maka aku akan menjadi pembawa pesan. Aku terlalu muda, dan tidak tahu harus percaya apa. Tetapi terlalu muda untuk tidak hidup. Aku akan bertahan, aku akan menunggu, dan aku akan bertarung seperti seorang raja Meskipun aku selamanya bisa menjadi raja. Aku akan menikahi dunia dan menjadikan milikku sendiri."

Kaum muda haruslah memiliki sifat yang tahan banting dan nggak gampang menyerah dalam meraih mimpi dan cita-cita. Karena kesuksesan dapat diraih dengan perjuangan dan ingatlah selalu bahwa proses tidak akan pernah mengkhianati hasil.

3. Nasehat untuk mengatasi rasa sakit dalam diri

6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan HidupmuInstagram.com/btsnamjoon

“It’s alright, even if it’s not us. Even if sadness erases me. Even if there are clouds. Even if I’m in an endless dream. Even if I’m endlessly crumpled. Even if my wings are torn. Even if some day, I’m not me anymore. It’s alright, only I am my own salvation. I won’t ever die in this walk. How you doin’? I’m fine. My sky is clear. All pain, say goodbye” - I'm Fine (BTS)

Sakit hati pasti lumrah dialami manusia, nggak terkecuali dengan kamu. Kamu pasti pernah merasakan sakit bahkan mungkin sampai kamu kehilangan semangat hidup. Tetapi ingatlah bahwa rasa sakit tidak bersifat permanen. Perlahan rasa sakit tersebut akan memudar dan hilang. Seperti yang RM tulis dalam lagu BTS yang berjudul I'm Fine ini, nggak peduli seberapa banyak ia jatuh, ia juga akan kembali bangkit.

4. Musik bisa menjadi penyembuh rasa sakit

6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan HidupmuInstagram.com/btsnamjoon

"Hidup memang seharusnya sangat ironis dan tidak stabil, dan pada usia remaja dan duapuluhan, kita seperti terus menerus meragukan diri kita sendiri. Terkadang kita ingin hidup, terkadang kita ingin mati. Hal ini berubah dari hari ke hari, atau bahkan jam demi jam. Jadi musik dan artis untuk penyembuhan adalah semacam slogan besar termasuk semua slogan yang kami miliki. Kami ingin berbicara tentang apa yang ada di dalamnya dan kami ingin membantu teman-teman kami di dunia.”

RM memang sudah mencintai musik sejak kecil, ia juga mengatakan bahwa musiklah yang selalu menyembuhkan dirinya dari rasa sakit yang ia derita. Maka dari itu, ia ingin sekali musik yang ia ciptakan dapat menginspirasi dan sebagai obat penyembuh untuk orang lain.

5. Memberi semangat kepada para pemuda untuk berani berbicara

6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan Hidupmucnn.com

"Aku mendorongmu untuk berbicara untuk dirimu sendiri. Siapa namamu? Apa yang membuatmu bersemangat dan membuat jantungmu berdetak? Ceritakan kisahmu. Aku ingin mendengar suaramu. Aku ingin mendengar keyakinanmu. Tidak peduli siapa kamu, dari mana kamu berasal, warna kulitmu, identitas gendermu, bicaralah mulai sekarang. Temukan namamu dan temukan suaramu dengan berbicaralah untuk dirimu sendiri."

Dalam pidato BTS di sidang umum PBB yang ke 73, RM mengajak para pemuda untuk berani berbicara untuk diri mereka sendiri. Pemuda harus berani memperjuangkan haknya. Jangan sampai suara mereka tidak didengar oleh dunia. Karena saking powerful pesan yang disampaikan oleh RM, di Korea pidato BTS dalam sidang PBB ini sampai dibuat menjadi tugas untuk siswa disana lho. Hal ini bertujuan agar pemuda di Korea dapat memaknai pentingnya berbicara untuk diri sendiri.

6. Nasehat untuk mencintai diri sendiri

6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan HidupmuInstagram.com/btsnamjoon

“Mencintai diri sendiri adalah seluruh tujuan hidup sampai matiku. Dan apa itu yang mencintai diriku sendiri? Apa itu mencintai diri sendiri? Aku tidak tahu. Siapa yang bisa menentukan metode mereka sendiri dan cara mencintai diri sendiri? Ini adalah misi kami untuk menentukan cara kami mencintai diri sendiri. Itu tidak pernah dimaksudkan, tetapi rasanya aku menggunakan kalian untuk mencintai diriku sendiri, jadi aku ingin mengatakan satu hal: tolong, tolong gunakan aku, tolong gunakan BTS untuk mencintai diri kalian sendiri karena kalian mengajarkanku bagaimana mencintai diriku setiap hari."

Sangat penting sekali untuk menerapkan sifat mencintai diri sendiri. RM sendiri awalnya kesulitan untuk mulai mencintai dirinya, namun karena penggemarnya. Ia pun belajar untuk mencintai dirinya. Dan dengan musik yang ia ciptakan, ia berharap musik BTS dapat menginspirasi banyak orang untuk mencintai diri mereka sendiri.

Berikut di atas adalah nasehat bijak dari RM yang patut kamu terapkan agar hidupmu lebih bermakna.

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Nasehat Bijak dari RM BTS Ini Akan Mengubah Pandangan Hidupmu"

Baca Juga: J-Hope BTS Rilis Lagu Baru Bersama Becky G, Ini Liriknya