Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Ciri Kucing Hamil Selain Perut Buncit dan Cara Merawatnya

Perhatikan kesehatannya sampai kucing melahirkan, ya!

Romi Subhan

Kucing adalah makhluk hidup yang dekat dengan kita. Tak jarang kucing menjadi peliharaan karena memiliki sikap ramah dan berkelakuan lucu. Sebagai hewan, kucing termasuk hewan yang sering bereproduksi. Untuk masa kehamilannya, kucing membutuhkan waktu 65 hari atau sekitar 2 bulan sampai waktu melahirkan tiba.

Namun, seringkali sulit diketahui apakah kucing tersebut sedang hamil atau tidak karena perut buncit kucing betina baru terlihat setelah 30 hari dikawinkan. Bagi kamu para pemilik kucing perlu, nih, mengetahui ciri-ciri apa saja yang dimiliki ketika kucing hamil dan bagaimana cara merawat ketika dia sedang hamil. Simak tips berikut ini, ya!

1. Muntah-muntah

Unsplash.com/Paul Hanaoka

Layaknya manusia, kucing saat hamil pun mengalami hal ini. Namun, fase muntah-muntah ini biasanya terjadi di awal kehamilan yang diakibatkan lonjakan hormon pada rahim kucing. Akibat kondisi ini, kucing juga biasanya akan terlihat tidak bersemangat dan kurang nafsu makan.

2. Puting membesar dan berwarna gelap

Unsplash.com/Josh Couch

Selain perut bagian yang mengalami pembesaran adalah puting dari kucing. Bagian ini akan mengalami pembesaran memasuki 2 sampai 3 minggu masa kehamilan. Pembesaran ini juga menandakan bahwa kucing tersebut akan segera memasuki masa kelahiran.

Selain membesar, puting kucing juga akan menunjukkan perubahan warna menjadi merah muda gelap. Kemudian menjadi lebih terlihat dibandingkan warna perutnya yang cenderung pucat.

3. Berat badan bertambah

Unsplash.com/Christin Hume

Perut yang membesar tentu membuat kucing bertambah berat badan. Meskipun pada poin pertama saat muntah-muntah nafsu kucing berkurang, setelah melewati fase tersebut kucing memiliki nafsu yang besar. Kucing juga membutuhkan sumber energi yang lebih untuk dia dan anak yang dikandung olehnya, dan membuat kucing membutuhkan 1,5 makanan lebih banyak dari biasanya.

4. Manja

Unsplash.com/Kitsanoo

Beberapa kucing mengalami perilaku lebih manja kepada majikannya saat hamil, meskipun beberapa juga terlihat lebih menyendiri. Itu adalah hal yang wajar, jadi sebagai pemilik kucing kamu harus lebih peka dengan keadaan kucing kamu dan terus memperhatikan kondisinya, ya.

5. Mencari tempat melahirkan

Unsplash.com/Timothy Meinberg

Fase terakhir, khususnya saat mendekati waktu melahirkan, kucing akan seringkali berkeliling rumah dan mencari tempat untuk dia melahirkan. Biasanya tempat yang dipilih adalah tempat yang terpencil dan gelap.

Hal itu dilakukan agar tidak ada yang mengganggu ataupun melihat ketika kucing tersebut melahirkan. Kamu bisa menyiapkan alas agar kucing lebih nyaman.

Cara merawat kucing yang sedang hamil

Setelah kita tahu ciri-ciri dari kucing hamil, berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan untuk merawat kucing yang sedang hamil.

1. Perhatikan nutrisinya

Unsplash.com/Artem Militonian

Tentu sama seperti manusia, kucing juga butuh tambahan nutrisi ketika sedang hamil agar kandungannya selalu sehat. Pastikan kandungannya sehat dan lebih banyak karena nafsu makan kucing sedang tinggi-tingginya saat hamil.

2. Pisahkan dari kucing lain

Unsplash.com/Anton Darius

Jika di rumah kamu ada peliharaan kucing lain, sebaiknya kamu pisahkan dulu. Alasannya, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena kucing hamil cenderung sensitif dan lebih galak dari biasanya.

3. Mandikan kucing

Unsplash.com/Chinda Sam

Cara merawat kucing hamil selanjutnya adalah kamu perlu memandikan kucing agar terhindar dari penyakit. Terutama yang bisa memengaruhi kondisi bayi dalam kandungan kucing. Kamu juga perlu melakukan ini agar kucing terhindar dari kutu.

4. Perhatikan kondisi kesehatan kucing

Unsplash.com/Ariana Suarez

Sama seperti manusia, kondisi kesehatan kucing hamil perlu kita jaga. Tujuannya, agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kucing seringkali kehilangan nafsu makan, terlihat stres dan keputihan yang tentunya membahayakan kesehatan kehamilannya. Jadi, kamu harus peka terhadap beberapa permasalahan kucing ini, ya.

5. Tahu waktu kelahiran kucing

Unsplash.com/Cong H

Mendekati waktu lahiran kucing kamu bisa melihat dari ciri-ciri sebagai berikut, terengah-engah, mengunjungi tempat lahiran dan menggaruk organ vital miliknya. Kucing tentunya bisa melahirkan sendiri tanpa bantuan manusia. Namun, bila ada kendala yang serius bisa kamu berikan bantuan.

Itulah ciri-ciri kucing hamil dan cara merawatnya agar bisa lahiran dengan selamat. Semoga membantu, ya, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration