7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!

Hanya ada satu jenis kucing kaki pendek murni

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!

Kucing kini jadi hewan yang banyak dipelihara. Bagaimana tidak? Tingkah dan rupa anak bulu (anabul) ini kerap mengundang tawa. Dengan padatnya aktivitas sehari-hari, bermain dengan makhluk yang satu ini bisa jadi hiburan terbaik.

Di antara banyaknya jenis kucing, ada kucing berkaki pendek yang akan bikin kamu makin gemas dengan hewan ini. Penasaran ada jenis kucing kaki pendek apa saja? Cari tahu, yuk!

1. Kucing munchkin

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!hepper.com

Harga di petshop: Rp3,5-6 juta
Jenis kucing kaki pendek yang satu ini bisa dibilang nenek moyangnya jenis kucing kaki pendek lain di dunia. Ras ini terbentuk akibat mutasi genetik secara alami, berbeda dengan kucing kaki pendek lain yang terjadi karena persilangan.

Predikat lain yang disandang jenis ini adalah kucing terkecil di dunia. Selain kaki, ciri fisiknya yang khas dapat dilihat dari bulu yang pendek serta memiliki bercak kuning dan hitam. Seiring berjalannya waktu, warna lain seperti abu-abu pun muncul.

2. Kucing napoleon

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!thediscerningcat.com

Harga di petshop: Rp5-6 juta
Kucing napoleon merupakan hasil persilangan kucing persia dengan ras munchkin. Berasal dari Amerika Serikat, kucing ini banyak dijumpai sejak 1995.

Persilangan dua jenis kucing tersebut bisa dibilang sengaja untuk mendapatkan sifat bentuk tubuh seperti munchkin dan bulu seperti persia. Ciri fisik lain kucing napoleon adalah kepala bulat, mata bulat besar, hidung panjang dan tidak pesek seperti persia, pipi dan moncong bulat, serta telinga yang cukup kecil.

Dari segi sifat, kucing napoleon adalah anabul yang aktif, mudah penasaran dengan benda-benda di sekitarnya, suka mengeksplor sudut ruangan baru, lembut, dan suka bertemu dengan orang baru. Cocok banget, nih, jadi teman main di rumah!

3. Kucing lambkin

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!catpointers.com

Harga di petshop: mulai dari Rp7 juta
Kucing yang merupakan persilangan antara munchkin dan selkirk rex ini terhitung baru dan langka karena tak banyak dibiakkan. Jenis kucing ini punya bulu keriting pendek dan tebal. Sehingga, mereka harus dirawat secara khusus agar bulunya tak saling menempel.

Kucing kaki pendek yang punya nama lain nanus rex ini lebih suka bermalas-malasan dan punya sifat yang lebih kalem. Jika ingin membelinya di petshop, harganya beragam tergantung usia dan kualitas bulu.

4. Kucing kinkalow

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!thediscerningcat.com

Harga di petshop: Rp7-13 juta
Selain unik karena kakinya, kucing kinkalow juga punya kekhasan pada telinga. Saat baru lahir, alat pendengaran mereka ini memang tampak seperti kucing pada umumnya. Seiring berjalannya waktu, telinganya sksn melengkung kecil hingga berbentuk seperti corong.

Kucing dengan bulu yang cukup lebat ini merupakan hasil persilangan ras munchkin dengan American curl. Bikin makin gemes dan mau uyel-uyel!

5. Kucing minskin

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!catskillscattery.com

Harga di petshop: Rp8-10 juta
Karena disilangkan dengan sphinx, kucing kaki pendek yang juga berasal dari ras munchkin ini tak memiliki bulu. Asalnya dai Amerika Serikat. Di Indonesia, kucing ini terbilang cukup langka ditemui. Sifatnya aktif, penurut, suka berada di pangkuan pemiliknya. Jangan salah, kucing miskin punya tubuh yang hangat, lho.

Hadirnya kucing jenis ini baru dimulai pada era 2000-an. Meski baru ada sekitar 50 ekor di dunia, kucing ini jadi populer dan banyak diminati pada 2005. Maka dari itu, tak heran, ya, kalau harganya cukup mahal?

6. Kucing bambino

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!hepper.com

Harga di petshop: Rp7-8 juta
Hasil persilangan lain kucing munchkin dan sphnix adalah kucing bambino. Jenis ini muncul setelah minskin, yaitu pada 2005. Meski sama-sama tak punya bulu, ada pembeda yang cukup signifikan di antara keduanya.

Perbedaan yang terlihat jelas adalah bentuk mata bambino yang mirip lemon serta kepala yang berbentuk baji. Karena suka bergerak, kaki bambino lebih berotot. Ujung telinganya pun lebih lancip dan badannya lebih langsing daripada minskin.

Sayangnya, kucing bambino tidak boleh sering terpapar sinar matahari. Hal ini disebabkan oleh kulitnya yang agak keriput, meski tidak sekeriput kucing minskin. Harus ekstra perhatian, deh, kalau memelihara kucing berkaki pendek yang satu ini.

7. Kucing skookum

7 Jenis Kucing Berkaki Pendek, Gemes!omlet.us

Harga di petshop: Rp10-20 juta
Kalau yang satu ini punya harga yang cukup fantastis. Ras ini merupakan campuran munchkin dan laperm, sehingga mereka menjadi kucing berkaki pendek dengan bulu yang ikal.

Meski lincah saat bergerak, kucing skookum yang berasal dari Amerika Serikat pada sekitar tahun 1990-an ini terhitung jarang mengeong. Jadi, tak perlu khawatir, ya, jika mereka tak seberisik kucing pada umumnya.

Duh, gemes semua, ya, Bela? Jadi mau pelihara salah satu, deh!

Baca Juga: 7 Cara Menggemukkan Kucing Peliharaanmu, Tanpa Membuatnya Obesitas

Baca Juga: Saingi Ukuran Anjing! Ini Potret Kucing Raksasa Jenis Maine Coon 

Baca Juga: 40 Inspirasi Nama Kucing Betina dan Jantan yang Menggemaskan

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

20 Aktor Ini Nekat Bawa Pulang Barang dari Lokasi Syuting

20 Aktor Ini Nekat Bawa Pulang Barang dari Lokasi Syuting

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Jangan Tinggalkan Salat, Ini Niat dan Tata Cara Salat Jamak Taqdim

Jangan Tinggalkan Salat, Ini Niat dan Tata Cara Salat Jamak Taqdim