Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Mengusir Lalat di Rumah Ini, Ampuh Banget!

Cukup gunakan bahan-bahan alami

Romi Subhan

Lalat menjadi salah satu serangga yang paling mengganggu di rumah. Sebab, serangga kecil tersebut kerap hinggap di tempat yang kotor. Sehingga, secara tidak langsung, kuman yang ada di tempat kotor itu terbawa dan menyebar di tempat-tempat yang lalat hinggapi. Seperti di atas makanan atau minuman. Tak jarang, karena hal inilah timbul penyakit.

Jika di rumahmu sedang banyak lalat yang mengganggu, tak perlu khawati, Bela. Sebab, kamu bisa mengusirnya dengan mudah. Caranya pun hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui di sekitar rumah. Bagaimana caranya? Simak cara ampuh mengusir lalat di rumah berikut ini.

1. Bunga lavender

Unsplash.com/Claire Gray

Bukan hanya cantik, bunga lavender juga dapat digunakan untuk mengusir lalat. Aroma bunga lavender mengandung linalool dan linalyl asetat yang ternyata sangat tidak disukai lalat.

Maka dari itu, kamu dapat meletakan beberapa tangkai bunga lavender di dalam pot dan taruh di sudut-sudut rumah yang banyak dihinggapi lalat. Aroma yang menguar dari bunga lavender akan mengusir lalat dari rumah.

2. Garam dan kunyit

Unsplash.com/Tamanna Rumee

Bumbu dapur ternyata juga ampuh untuk mengusir lalat di rumah, lho! Salah satu bumbu dapur tersebut adalah garam dan kunyit. Cara menggunakannya, parut kunyit dan aduk bersama garam dapur. Setelah itu, letakan pada wadah dan letakan di sudut rumah yang banyak dihinggapi lalat. Atau, kamu juga bisa menaburkannya secara langsung di pojok rumah.

3. Air di dalam plastik

Pexels.com/Anna Shvets

Di beberapa rumah makan, metode mengusir lalat menggunakan air di dalam plastik sudah sering digunakan. Lalat yang memiliki 3000-6000 mata pada tiap bulatan matanya ini akan terganggu penglihatannya ketika melihat air di dalam plastik ini.

Cara menggunakannya pun mudah. Kamu hanya perlu mengisi plastik dengan air. Ikat plastik tersebut dan letakan di tempat yang banyak dihinggapi lalat. Dijamin, lalat akan hilang dan pergi dengan sendirinya.

4. Daun pandan

Pexels.com/Max Vakhtbovych

Dalam masakan, daun pandan sering digunakan karena dapat memberikan aroma yang wangi atau memberi warna hijau alami. Namun, bagi lalat, daun pandan adalah musuh terbesarnya. Sebab, lalat sangat tidak suka aroma pandan.

Maka dari itu, daun ini sangat cocok kamu gunakan sebagai bahan alami untuk mengusir lalat. Caranya, potong-potong daun pandan dan letakan pada ruangan. Jika ruanganmu wangi pandan, lalat tidak akan berani mendekat.

5. Cuka apel

Unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya

Bau asam yang segar pada cuka apel ternyata juga disukai lalat, lho, Bela. Kamu bisa menggunakan cuka apel sebagai perangkap lalat di rumah. Caranya, tuang cuka apel hingga setengah gelas. Kemudian, tutup gelas tersebut menggunakan plastik dan lubangi sebesar tubuh lalat.

Letakan gelas tersebut di tempat yang banyak dikerubungi lalat. Nantinya, lalat akan mencium aroma cuka apel, menghampirinya, namun tidak bisa keluar dari gelas karena terperangkap. 

6. Daun atau minyak serai

Unsplash.com/Chuttersnap

Bagi manusia, wangi serai dapat menghilangkan stres dan sebagai penenang. Namun, aroma tersebut sangat tidak disukai lalat. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkannya sebagai bahan pengusir lalat.

Caranya, geprek daun serai sampai mengeluarkan bau dan rendam dalam air. Air tersebut bisa kamu semprotkan di tempat yang banyak lalat. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa menggunakan minyak esensial beraroma serai yang dilarutkan dalam air. Larutan tersebut kamu semprotkan untuk menghilangkan lalat.

7. Lilin

Unsplash.com/Zoran Kokanovic

Ruangan yang banyak asap sangat tidak disukai lalat. Maka dari itu, cara ini kerap digunakan pada rumah makan untuk mengusir lalat. Asap yang menguar dari lilin mampu membuat lalat menjauh. Supaya ruanganmu tetap wangi sekaligus mengusir lalat, kamu bisa membakar lilin aromaterapi di dalam ruangan. 

8. Cengkeh

Pexels.com/Miguel A. Padrinan

Aroma khas cengkeh juga sangat tidak disukai lalat. Kamu bisa memanfaatkan rempah-rempah ini untuk mengusir lalat. Caranya, rendam cengkeh dalam segelas air. Letakan air rendaman tersebut di sudut rumah. Bau cengkeh akan menyebar ke seluruh ruangan dan membuat lalat pergi.

9. Daun kemangi

Pixabay.com/Kkolosov

Selain nikmat sebagai lalapan, daun kemangi ternyata tidak disukai lalat, lho. Aromanya yang menyengat dapat mengusir lalat dari rumahmu. Cara menggunakannya hampir sama dengan cengkeh. Rendam beberapa helai daun kemangi dan letakan di sudut rumah yang kamu inginkan. Dengan begini, lalat akan pergi sendirinya.

10. Daun jeruk

Unsplash.com/Kathryn Aleksa

Bagi manusia, jeruk sangat banyak manfaatnya. Mulai dari kandungan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, hingga kulitnya yang dapat menyegarkan ruangan. Namun, ternyata dalam kulit jeruk terdapat senyawa limonene yang sangat tidak disukai serangga, termasuk lalat.

Letakan kulit jeruk di sudut rumah untuk menghilangkan lalat sekaligus membuat wangi ruanganmu.

Itulah tadi cara mudah mengusir lalat menggunakan bahan alami. Semoga artikel ini membantu kamu, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration