Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Butuh Uji Nyali? Tonton 5 Film Horor Indonesia Rekomendasi Seleb Ini 

Dari film lama hingga yang terbaru

Ayu Utami

Menurut seorang sarjana film dari Universitas Sains Terapan Inland Norway, Søren Birkvad, ada tiga alasan orang suka menonton film horor. Pertama adalah menghibur, kedua adalah caranya memecahkan masalah yang bersifat religius, ketiga, tanpa disadari film horor mengajarkan kita untuk menghadapi kecemasan kita sendiri. Kesimpulannya dalam perspektif ini, film horor menjadi cara untuk menguji batas pribadi dan kolektif kita di lingkungan yang aman.

Nah, untuk kamu yang merindukan uji nyali saat #dirumahaja, ada beberapa film horor Indonesia yang bisa bikin kamu berdebar sekaligus terhibur. Apalagi, film horor Indonesia sangat lekat dengan budaya dan cerita rakyat di sekitar kita. Makin bergidik, deh!

Popbela pun bertanya kepada lima selebriti tampan mengenai rekomendasi film horor Indonesia, yang menurut mereka memiliki eksekusi terbaik. Inilah kelima film tersebut.

1. Rekomendasi Omar Daniel: Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Instagram.com/Omardaniel_

“Menurut gue, garis ceritanya cukup simple, ada plot twist yang menarik dan mereka terbilang cukup rebel dalam memvisualisasikan horor yang identik dengan malam, gelap ke siang hari atau terang. Tidak terlalu banyak menunjukkan sosok hantu, tapi pesan horornya sangat tersampaikan melalui situasi yang mencekam dan berbagai clue misterius yang bikin merinding.”

2. Rekomendasi David John Schaap: Jelangkung (2001)

Dok. David Schaap

“Well, mungkin menurut gue orang-orang akan kangen dengan film ‘Jelangkung’ yang pertama dan hits itu. Salah satu film horror pendobrak kembalinya kejayaan film horor Indonesia, tuh! Film ini juga karya legendaris Rizal Mantovani dan Jose Poernomo.”

3. Rekomendasi Vidi Aldiano: Ratu Ilmu Hitam (2019)

Instagram.com/vidialdiano

“Gue suka film-filmnya Joko Anwar dan Mo Brothers. Salah satunya Ratu Ilmu Hitam, itu bagus banget! Misterinya, akting para aktornya, jumpscare sampai eksekusi efeknya. Wajib tonton, sih.”

4. Rekomendasi Jevin Julian: Pengabdi Setan (2017)

Dok. Jevin Julan Management

“Pertama, kisah ayah tunggal yang tinggal bersama anak-anaknya itu, cukup jarang di film Indonesia. Lalu diaplikasikan di film horor, jadi daya tari awal yang menarik. Kedua, akting Tara Basro jempolan banget. Lalu ketiga menurut gue, produksi film ini bagus. Jumpscare nya suka bikin males tapi adiktif, hahaha!”

5. Rekomendasi Iko Uwais: Pintu Terlarang (2009)

Instagram.com/ikouwais

“Mungkin ini lebih ke thriller ya. Joko Anwar punya taste yang di luar kebiasaan. Terkadang tastenya dia suka berlawanan dengan kebiasaan film horor Indonesia pada umumnya. Pintu Terlarang salah satu karya terbaik bang Joko yang menurut gue, ia sangat memerhatikan detail adegan agar menjadi masuk akal. Misalnya, adegan menjahit tangan. Aduh, keren!”

Nah, dari kelima rekomendasi di atas, kalau pilihan kamu yang mana, Bela? Ada rekomendasi lainnya?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration