Sudah lebih dari sebulan kita melakukan self quarantine, ya, Bela. Untuk Bela yang mempunyai hobi traveling, mungkin kegiatan self quarantine ini sangat amat berat karena kamu tidak bisa menjalankan hobi yang menyenangkan itu. Namun, kegiatan yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona ini harus dilakukan agar wabah ini selesai dan kita bisa mejalankan aktivitas secara normal kembali. 

Nah, untuk mengobati kerinduanmu dengan traveling  atau dunia luar, kamu bisa melepasnya dengan menonton film-film yang menyajikan pemandangan alam spektakuler, kicauan burung, dentuman air terjun dan ombak. Berikut Popbela berikan 9 rekomendasi film memukau yang bisa mengobati rasa rindumu dengan dunia luar.

1. Free Solo

https://www.youtube.com/embed/urRVZ4SW7WU

Rekomendasi film pertama yang bisa kamu tonton adalah Free Solo. Film dokumenter yang memenangkan Oscar tahun 2018 ini menceritakan kisah perjuangan pendaki tebing ulung, yaitu Alex Honnold, yang menaklukkan tebing granit El Capitan yang menjulang di Taman Nasional Yosemite, California. Dengan sinematografi ciamik, film yang rilis pada tahun 2018 ini, kamu akan menyaksikan pemandangan Taman Nasional Yosemite yang sangat indah luar biasa.

2. The Tree of Life

https://www.youtube.com/embed/RrAz1YLh8nY

Film yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Terrence Malick ini juga bisa kamu masukan ke daftar tontonanmu selama #dirumahaja. Rilis tahun 2011, film ini mengisahkan perjalanan pendewasan hidup seorang Jack O'Brien (Hunter McCracken dan Sean Penn) di saat ia tinggal bersama sang ayah (Brad Pitt) dan ibunya (Jessica Chastain). Di film ini kamu akan menyaksikan pergolakan batin, pencarian jati diri, dan kegalauan Jack ketika semua nilai-nilai yang ditanamkan di dirinya sedari kecil berubah menjadi setumpuk pertanyaan yang membuatnya bingung. 

Berbicara soal keindahan alam, film ini akan menyuguhkanmu dengan banyak pemandangan-pemandangan yang sangat estetik. Terrence yang dikenal sebagai maestro seni visual menampilkan pemandangan alam tesebut melalui dua pendekatan, makro dan mikro. Kamu akan melihat betapa indahnya kupu-kupu yang berterbangan, padang pasir yang menenangkan, dan keindahan alam lainnya yang tersaji di film drama fantasi Amerika Serikat ini.

3. Earth

https://www.youtube.com/embed/CeacjOkLjZ0

Sesuai judulnya, film dokumenter produksi Disneynature yang rilis tahun 2007 ini menggambarkan keberagaman habitat dan kehidupan hewan di seluruh planet bumi. Kamu akan melihat bentang alam yang sangat menakjubkan karena film ini dimulai dengan menggambarkan kehidupan di Kutub Utara dan berakhir di Kutub Selatan. 

Isi film ini akan digambarkan melalui kehidupan 3 spesies hewan, yaitu beruang kutub, gajah semak Afrika, dan paus bungkuk. Ketika kamu menonton film ini, kamu akan mengetahui bahwa keberlangsungan hidup 3 spesies tersebut sedang terancam karena efek perubahan iklim yang sangat cepat.

4. The Lord of the Rings Trilogy

https://www.youtube.com/embed/r5X-hFf6Bwo

Film fantasi yang rilis tahun 2001 - 2003 ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan raja kegelapan Sauron yang mencari Sang Cincin, yang pada kenyataannya cincin tersebut ditemukan oleh hobbit muda bernama Bilbo Baggins. Oleh keponakannya, Frodo Baggins dan kedelapan teman terpilih, harus menghancurkan cincin tersebut karena apabila tidak dihancurkan, cincin tersebut akan mengancam kehidupan di Dunia Tengah. Berlatar di New Zealand, kamu wajib menonton film kolosal ini. Selain cerita yang bagus dan fenomenal, film ini akan memanjakan matamu dengan indahnya pemandangan Mount Sunday yang diselimuti salju dan juga cantiknya kota Matamata.

5. Arrival

https://www.youtube.com/embed/tFMo3UJ4B4g

Film drama sci-fi yang rumit namun menarik ini memang secara keseluruhan bukan film yang menceritakan tentang alam. Namun, ada beberapa scene yang sangat indah sampai-sampai sulit dilupakan, salah satunya adalah ketika pesawat berada di atas awan-awan yang cantik yang di bawahnya terdapat pegunungan yang sangat memesona. Cocok banget ditonton buat kamu yang rindu berpergian dengan pesawat.

6. The Beach

https://www.youtube.com/embed/7vSsx1RkGls

Rilis tahun 2000, kamu bisa melihat akting keren Leonardo DiCaprio saat masih muda, nih Bela! kehebohan film The Beach yang mengambil lokasi di pulau Phi-Phi, Thailand, adalah yang membuat pamor pulau tersebut naik daun dan dikunjungi ribuan turis setiap bulannya.

Berkisah tentang Richard (Leonardo DiCaprio) yang berwisata ke Thailand seorang diri, menemukan peta kecil yang ternyata mengarah ke sebuah pulau rahasia. Bersama pasangan kekasih, mereka bertiga menempuh berbagai cara untuk menuju pulau rahasia tersebut. Keindahan pulau phi-phi dengan pasir putihnya, ditambah racikan music scoring terbaik dari Angelo Badalamenti, film arahan Danny Boyle ini wajib kamu tonton.

7. Portrait of a Lady on Fire

https://www.youtube.com/embed/6sS4_CPqmY0

Film ini berlatar waktu di akhir abad ke-18. Film dengan sinematografer Claire Mathon ini menceritakan kisah hubungan terlarang antara Héloïse (Adèle Haenel), seorang putri bangsawan, dan Marianne (Noémie Merlant), perempuan pelukis yang diminta untuk melukisnya. Keindahan alam yang ada pada film ini terlihat pada bagian awal, ketika menampilkan pantai dengan bebatuan yang Indah yang terletak di Brittany.

8. Okja

https://www.youtube.com/embed/AjCebKn4iic

Film aksi petualangan garapan Bong Joon-ho ini menceritakan kehidupan sederhana seorang gadis kecil bernama Mija (Ahn Seo-hyun) yang berteman dengan seekor babi super hasil peranakan dari teknologi. Tinggal bersama sang kakek di dekat gunung, Mija selalu mengajak Okja, sang babi, untuk mencari sayur, berburu ikan, dan berenang di air terjun dekat rumahnya. Kerinduan kamu dengan pemandangan bisa kamu obati dengan melihat kebersamaan Mija dan Okja yang banyak menghabiskan waktunya di alam.

9. The Secret Life of Walter Mitty

https://www.youtube.com/embed/HddkucqSzSM

Jarang sekali melihat Ben Stiller main di film serius tanpa komedi slapstick yang biasa ia lakoni. Di tahun 2013, Ben Stiller menjadi sutradara sekaligus berperan sebagai sosok Walter Mitty. Film ini berkisah tentang Walter sebagai seorang kurator foto sebuah majalah, yang harus menyelamatkan pekerjaannya dengan mencari foto dari seorang seorang fotografer untuk dijadikan sampul majalahnya.

Kewajiban tersebut justru membuat Walter harus kel luar negeri dan menyusuri Islandia demi menemukan sang fotografer (Sean Penn). Petualangannya tersebut akan membuatmu berdecak kagum akan keindahan Islandia dan rasanya ingin segera ke sana. 

Baca Juga: Ini 9 Rekomendasi Film Horor Netflix yang Wajib Kamu Tonton

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Misteri Korea Untuk Mengisi akhir Pekanmu

Baca Juga: Wajib Tonton, Ini Film Reza Rahadian dan Herjunot Ali Pilihan Popbela