Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

7 Desain Kreatif untuk Mengakali Kamar Mandi Kecil

Meski kecil, namun kamar mandimu bisa terasa lebih nyaman

Ayu Utami

Bagi kamu generasi millennial yang bisa memiliki kesempatan untuk menata ulang satu ruangan di rumahmu, ketahuilah bahwa kamu termasuk orang yang beruntung. Salah satu bukti bahwa kamu sudah memiliki penghasilan cukup untuk bisa melakukan hal-hal yang biasa orang dewasa lakukan, seperti mendesain isi rumah sesuai keinginanmu.

Salah satu ruang yang jarang jadi perhatian adalah kamar mandi. Padahal, kamu bisa bolak-balik masuk ruang ini setiap harinya—bahkan mendapatkan inspirasi di bawah pancuran, atau di toilet.

Nah, agar suasana ruangan terasa semakin nyaman layaknya kamar mandi hotel, intip yuk, ide kreatif yang bisa kamu terapkan untuk kamar mandimu—terutama jika ruangnya cukup sempit.

1. Rak tempel

realhomes.com

Gunakan tenaga ahli untuk menciptakan rak tempel susun tiga atau susun empat, tepat di samping wastafel. Sehingga kamu bisa meletakkan segala keperluan kebersihan sekitar wajah (odol, sikat gigi, pelembap, hingga sabun wajah), serta tanaman mini berupa dry flowers atau tanaman plastik, untuk memperindah ruangan.

2. Penataan cahaya yang tepat

alefnext.com

Sebuah ruangan akan tampak lebih ‘hidup’ dengan penataan cahaya yang tepat—termasuk kamar mandi. Kamu bisa meletakkan tiga buah lampu sorot bawah di atas wastafel, untuk memberikan kesan hangat pada kamar mandi.

3. Cermin ganda

countryliving.com

Buat apa ada cermin lebih dari satu di kamar mandi? Jangan salah, Bela. Kehadiran cermin bisa memberikan kesan ruangan lebih luas, lho. Kalau kamu berani bereksperimen, coba saja. Atau bisa juga diganti dengan pigura kecil dengan gambar sesuai keinginanmu.

4. Cermin unik

emmmestudio.com

Terbiasa dengan rak plastik bercermin yang biasa dijual di pasaran untuk kamar mandi? Aduh, ganti saja, Bela! Coba cari jasa yang memang khusus menjual cermin, lalu minta mereka untuk membuat cermin unik untuk kamu gantung di kamar mandimu. Contohnya, cermin segitiga ini yang membuat kamar mandi menjadi lebih menarik. Kalau ada tamu pun jadi nggak malu-maluin.

5. Tangga kayu sebagai rak susun

countryliving.com

Rak susun kayu seperti ini bisa kamu temukan di berbagai toko perlengkapan rumah atau bisa kamu rakit sendiri. Dengan harga terjangkau, rak susun seperti tangga ini bisa untuk meletakkan tisu gulung, handuk, hingga tanaman hias. Ringkas dan cantik!

6. Wastafel multifungsi

ronbow.com

Ada ruang ‘menganggur’ di bawah wastafel? Segera panggil tenaga ahli untuk merombaknya menjadi sebuah lemari mungil untuk segala perlengkapan kebersihan kamar mandi yang memiliki kandungan kimia berbahaya. Hal ini juga dapat menghemat ruang pakai di kamar mandimu.

7. Sekat pemisah

westislandsneighbours.org

Nah, bagi kamu pemilik kamar mandi ‘basah’, ide sekat seperti ini bisa menjadi pengganti tirai plastik di kamar mandimu. Kelemahan tirai adalah bagian bawahnya yang cepat menguning karena faktor air dan sabun yang menempel. Jika kamu ganti dengan sekat kaca, ruangan akan terasa lebih luas, sekat mudah dibersihkan, serta kamar mandimu tidak terlalu becek dan cepat kotor.

Jadi semangat untuk memperindah kamar mandimu, Bela? Mulai susun budget untuk rencana merombak kamar mandimu, yuk!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration