Jika berkunjung ke tempat orang, secara nggak langsung kamu akan memperhatikan kebersihan dapur dan kamar mandinya. Karena itu tempat yang paling sering dipakai. Kamu pun bisa menilai karakter orang dari kebersihan dan penataan kedua tempat tersebut. Oleh sebab itu, nggak heran kalau kebanyakan orang akan memberikan tema tersendiri.

Bicara tentang desain kamar mandi memang banyak sekali inspirasinya. Walaupun hanya tempat bersih diri, ternyata ada beberapa orang yang mendapatkan ide kreatifnya di sana. Dan, menganggap kamar mandi bukan tempat yang sepele. Kalau kamu punya anggapan yang sama dan ingin menata kamar mandi, ada beberapa inspirasi dan cara mendesain kamar mandi yang bisa diterapkan.

Tampilan mewah

Cara Kreatif Mendesain Dinding Kamar Mandipexels.com/Milly Eaton

Kamar mandi dengan desain yang elegan adalah impian semua orang. Namun susah untuk diwujudkan, alasannya membeli perabotannya mahal. Untuk itu bisa kamu atasi dengan memajang lukisan, foto, atau poster yang mendukung tampilan mewah.

Tambahan gambar yang terpajang di kamar mandi bisa membuat orang terkesan. Supaya gambar nggak rusak terkena air dan kelembaban, ada baiknya kamu beri pigura silver atau emas. Jangan lupa untuk dibersihkan dan diganti secara rutin.

Wadah kreatif

Cara Kreatif Mendesain Dinding Kamar Mandipexels.com/pixabay

Kamar mandi memang bisa menjadi ruang untuk mencari inspirasi. Karena suasana yang sepi membuat ide-ide kreatif muncul. Kalau kamu suka seperti ini, nggak ada salahnya untuk memasang papan tulis yang bisa kamu jangkau ketika berdiam diri di kamar mandi. Tuangkan ide kamu sebebas mungkin.

Bisa juga dengan menambahkan ambalan atau rak buku dengan bahan tahan air, di situ bisa kamu taruh buku bacaan atau buku tulis dan pensil supaya kalau ada ide menarik bisa langsung ditulis. Hati-hati jika tipe kamar mandi basah, ada baiknya untuk pasang ambalan yang tinggi agar nggak terkena air.

Pilih ubin yang menarik

Cara Kreatif Mendesain Dinding Kamar Mandiunsplash.com/Christian Mackie

Untuk mencegah jamur yang berlebihan pada dinding kamar mandi, biasanya dipasang ubin di dinding. Kalau kamu sedang merenovasi kamar mandi, pilihlah ubin yang unik. Pilih yang bermotif kecil atau kombinasikan dengan yang polos, jika ukuran kamar mandi kecil. Jangan ragu juga untuk mengombinasikan motif.

Untuk inspirasinya, saat ini banyak sekali motif tegel yang sedang popular dan bisa kamu pakai. Motif mereka macam-macam dan nggak membosankan. Tinggal kamu kreasikan sesuai selera.

Wallpaper

Cara Kreatif Mendesain Dinding Kamar Mandipexels.com/joey

Inspirasi yang satu ini bisa kamu pakai kalau nggak ingin kamar mandi kamu penuh dengan ubin di dinding dan nggak ingin dicat polos. Jangan lupa mengatakan wallpaper untuk kamar mandi. Karena pemasangan dan tipenya berbeda. Cara ini memang cocok untuk kamar mandi kering.

Pilihlah wallpaper dengan warna yang cerah dan segar agar mendukung dengan fungsi kamar mandi. Jika ingin menampilkan kesan luas, nggak ada salahnya untuk memilih motif yang kecil dan satu warna. Biasanya wallpaper dipasang di sekitar tempat cuci tangan.

Suasana dramatis

Cara Kreatif Mendesain Dinding Kamar Mandiunsplash.com/Mark Chan

Biasanya kamar mandi menggunakan warna cerah, pastel, atau netral. Kalau kamu kurang suka dengan tipe warna yang seperti ini bukan masalah. Keluarkan sisi kreativitas kamu. Pilih warna dinding, ubin, dan dekorasi sesuai dengan yang diinginkan.

Kalau kamu suka dan berani pakai warna hitam, biru tua, merah, ungu tua, atau jingga jangan ragu-ragu. Aplikasikan saja di kamar mandi kamu. Nggak ada yang salah memilih warna kalau kamu yakin dan suka. Tinggal tambah dekorasi yang mendukung.

Itulah beberapa cara mendesain dinding kamar mandi. Sudah siap mendekorasi?

Baca Juga: 10 Desain Kamar Mandi Minimalis Sederhana

Baca Juga: Model Kamar Mandi Minimalis

Baca Juga: 10 Inspirasi Keramik Kamar Mandi yang Unik