Pagar merupakan bagian dari suatu bangunan yang didesain secara tegak, dengan tujuan untuk membatasi atau mencegah gerakan melintasi batas yang dibuat. Pagar memiliki beberapa manfaat, seperti melindungi bangunan itu dari ancaman apapun, menjaga privasi dari bangunan yang dilindungi, memberi batasan antara satu bangunan dengan area di sekitarnya. Selain itu, pagar juga dapat menjadi penghias dari bangunan yang dilindunginya. Contohnya, pagar yang bagus dapat melengkapi keindahan rumah secara keseluruhan.

Seiring berkembangnya waktu, desain pagar rumah turut mengalami perkembangan variasi desain dan bahan, tentunya mengikuti gaya rumah agar dapat melengkapi tampilan hunian secara keseluruhan. Melansir dari beberapa sumber, ada beberapa model pagar rumah minimalis yang dapat menjadi inspirasimu.

1. Basic Black

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://www.instagram.com/allfencingandrepair

Melansir dari Realliving.com, hitam adalah warna netral yang nggak akan pernah salah untuk digunakan, terutama dalam desain rumah minimalis. Jika ingin membuat tampilan yang tegas namun tetap minimalis, coba desain pagar seperti ini. Bentuk menyerupai garis sederhana dan berwarna hitam, menambah kesan elegan dan modern pada rumahmu.

2. Art Deco-Inspired

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://www.instagram.com/evelinamarijap

Minimalis bukan berarti nggak boleh bermain dengan pola dan warna, lho.. Kamu bisa menggunakan pagar besi atau kaca dengan model terinspirasi dari karya seni kontemporer maupun karya seni modern.

3. Modern Country

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://www.instagram.com/balustrading.wa

Rumah berada di tepi kota umumnya memiliki pagar warna putih, ya? Jika sedang bertransisi mengganti gaya rumah menjadi minimalis dan modern, ganti pagar dengan model horizontal dan cat dengan warna warm-beige untuk tampilan warna yang lebih segar.

4. Staggered Planks

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://www.instagram.com/infinitychd

Umumnya, pagar kayu memiliki susunan papan secara vertikal dan hotizontal yang membosankan. Jika ingin sentuhan yang berbeda, coba susun papan kayu tersebut seperti ide model pagar rumah minimalis ini. Pagar tersebut tersusun dengan memadukan panjang kayu yang berbeda sehingga memberikan tampilan visual yang lebih menarik.

5. Vertical Timber Fence

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://renoguide.com.au

Ide lain dengan bahan kayu sebagai pagar, kamu bisa menggunakan balok ketimbang papan, kemudian menyusunnya secara berderet seperti model papan vertical timber fence ini. Melansir dari Renoguide.com.au, pagar seperti ini memberikan kesan menarik, kamu tetap membatasi rumah dari orang luar, namun memberikan sedikit celah pada mereka untuk dapat mengintip halaman rumahmu yang indah.

6. Brick and Metal Interchange

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://renoguide.com.au

Perpaduan bata dan besi dapat menjadi pagar yang kokoh untuk membatasi hunianmu dengan jalan umum depan rumah. Pilih warna netral agar cocok dengan nuansa rumah minimalismu.

7. Etched Metal Fence Door

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://renoguide.com.au

Berikan sentuhan bentuk cantik pada pagar minimalis dengan menempatkan pagar besi dengan pola dedaunan atau bunga ini. Pagar ini dapat memberikan kesan visual yang berbeda, namun tetap mempertahankan kesan minimalis.

8. Frosted Glass Fence

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://renoguide.com.au

Pagar berbahan frosted glass cocok untuk kamu yang ingin menjaga hunianmu secara privat namun nggak ingin membatasi halaman rumah dengan blok pagar utuh yang membosankan. Frosted glass memberikan sentuhan keren, gaya, dan menarik. Permukaan kaca yang halus cocok berpadu dengan bahan lain seperti bingkai kayu atau papan kayu.

9. Lattice and Roses

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://renoguide.com.au

Pagar dengan tanaman bunga Mawar merambat ini sangat indah dan fungsional. Selain membatasi area hunian, pagar ini juga mempercantik rumahmu dengan sempurna. Kamu bisa menggunakan pagar kayu sebagai medium untuk Mawar tumbuh merambat. Namun daripada kayu, pilih bahan lain yang lebih kuat dan tahan lama seperti besi atau baja. Bunga mawarnya sendiri membutuhkan waktu lama untuk dapat mekar keseluruhan. Tapi ketika tiba waktunya, kamu akan memiliki pagar yang cantik dan wangi.

10. White Horizontal Slats

10 Model Pagar Rumah Minimalis yang Terlihat Eleganhttps://renoguide.com.au

Pagar bergaya klasik selalu cocok untuk rumah yang minimalis, seperti yang satu ini. Pagar dengan susunan horizontal yang rapi dengan warna putih. Sederhana, tahan lama, dan mudah terawat. Nggak terlalu suka dengan warna putih karena mudah kotor? Kamu dapat menggantinya dengan warna hitam untuk kesan yang lebih elegan.

Ini adalah 10 model pagar rumah minimalis yang dapat menjadi inspirasi untuk hunianmu. Ada banyak model pagar lainnya yang cocok untuk rumah minimalis, maupun rumah dengan gaya lainnya. Dengan begitu, pagar yang menjadi batas rumah dengan rumah lainnya, juga dapat melengkapi keindahan estetika tempat tinggalmu, Bela.

Baca Juga: Inspirasi Desain Tangga Minimalis