Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keutamaan Doa Penutup Acara Berdasar Hadis dan Manfaatnya 

Semoga jadi pengingat baik, ya

Nindi Widya Wati

Sebagai umat Islam, kita senantiasa diajarkan agar berzikir mengingat Allah SWT dalam segala aktivitas. Berzikir dapat dilakukan melalui doa yang bertujuan pula untuk melancarkan hal yang kita lakukan.

Terlebih, jika kita memiliki acara penting. Maka mengetahui doa yang tepat untuk mengiringi kegiatan kita sehari-hari menjadi hal yang penting. Beberapa doa yang dapat diamalkan sekaligus untuk meminta rida Allah SWT dapat kamu simak dalam ulasan berikut, Bela.  

1. Doa penutup acara

Pexels.com

Setelah menyelesaikan suatu acara, ada berbagai doa yang bisa kamu panjatkan. Salah satunya adalah doa kafalatul majelis atau doa penutup acara. Doa yang bertujuan memohon perlindungan dan rida Allah, seperti berikut:

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Artinya, "Mahasuci Engkau, Ya Allah wahai Rabbku, dan dengan memuji-Mu. Tiada Tuhan selain Engkau, aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu."

2. Waktu dan tujuan doa penutup acara

Pexels.com

Doa penutup suatu acara atau majelis baiknya memang dibacakan usai acara dilaksanakan. Tujuannya, sebagai cara untuk memohon ampunan kepada Allah apabila ada salah ucapan, atau tindakan selama acara berlangsung. 

Hal ini berdasarkan hadis riwayat Tirmidzi yang artinya, “Siapa pun yang sedang berada di suatu majelis, kemudian pada majelis tersebut terdapat banyak perkataan yang tidak berguna, lalu sebelum beranjak meninggalkan majelis, mengucapkan doa ini, 'subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika'".

Doa tersebut, memiliki arti 'Maha Suci Engkau Ya Allah, dan segala puji bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampun pada-Mu, dan aku taubat pada-Mu', kecuali telah diampuni bagi orang tersebut sesuatu yang ada dalam majelis tersebut.” (HR Tirmidzi)

3. Keutamaan doa penutup acara

Pexels.com

Nabi mengajarkan kita untuk berdoa dalam berbagai kesempatan. Banyak sekali keutamaan yang kita dapat ketika mengamalkan doa setelah menyelesaikan suatu acara. Beberapa manfaat membaca doa penutup acara adalah: 

  • Berdoa memohon ampunan kepada Allah dapat menghapus dosa
  • Dengan membaca doa, kita meminta kepada Allah untuk memberikan manfaat dan keberkahan terhadap acara yang kita selenggarakan
  • Membaca doa membuat kita lebih dekat dengan Allah 
  • Iman menjadi lebih kuat setelah membaca doa
  • Memohon ampunan melalui doa akan membuat hidup lebih tenang dan tentram

Itulah, pentingnya membaca doa penutup acara, Bela. Semoga menjadi pengingat dan terbiasa kamu lakukan, ya. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration