Punya Makna Baik, Ini Arti 6 Kalimat Doa yang Biasa Kamu Dengar

Bisa diamalkan di kehidupan sehari-hari

Punya Makna Baik, Ini Arti 6 Kalimat Doa yang Biasa Kamu Dengar

Berdoa adalah salah satu amalan yang dianjurkan. Selain menjadi sarana komunikasi antara Tuhan dan seorang hamba, berdoa juga bisa menjadi ladang pahala apabila berisi kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Dalam Islam, ada beberapa kalimat pendek yang juga termasuk doa. Kalimat-kalimat tersebut bisa diucapkan dalam beberapa situasi, diantaranya saat sedang sakit, berulang tahun, hingga saat sedang ditimpa kesusahan.

Bagaimanakah lafal doa-doa tersebut? Kemudian dalam situasi apa sajakah kita dapat mengucapkannya? Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Syafakallah (شفاك الله)

Punya Makna Baik, Ini Arti 6 Kalimat Doa yang Biasa Kamu Dengar

Arti: Semoga Allah SWT memberikan kesembuhan dan kesehatan kepadamu

Saat menjenguk teman atau kerabat yang sedang sakit, kita pasti mendoakan agar mereka dapat lekas sembuh dari penyakitnya. Adapun kalimat doa yang dapat diucapkan dalam situasi ini adalah "syafakallah" (شفاك الله).

Lebih spesifiknya lagi, "syafakallah" diucapkan apabila lawan bicara kita adalah seorang laki-laki. Jika seorang perempuan, hendaknya kita mengucapkan "syafakillah".

2. Barakallahu fii umrik (بارَكَ اللَّهُ فِي عُمْرِك)

Arti: Semoga Allah SWT memberi berkah untuk usiamu

Kita mungkin lebih terbiasa mengucapkan selamat ulang tahun dengan bahasa Indonesia atau dalam bahasa Inggris, yaitu happy birthday. Namun, dalam bahasa Arab ada kalimat yang berbunyi "barakallahu fii umrik". Tak hanya memberi selamat atas bertambahnya usia, ucapan ini juga mengandung doa agar usia yang baru diberi keberkahan oleh Allah SWT.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here