Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ribut Soal Hak Cipta, Ini Kronologi Awkarin dan Nadiyah di Twitter

Semoga tak ada lagi masalah serupa ya

Niken Ari Prayitno

Beberapa waktu belakangan nama Karin Novilda atau Awkarin sedang sangat disorot. Bukan karena pemberitaan negatifnya. Melainkan karena aksi sosialnya. Mulai dari memberikan logistik kepada mahasiswa yang melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung DPR/MPR beberapa waktu lalu, turun serta memadamkan hutan yang kebakaran di Kalimantan, hingga membelikan sepeda motor kepada driver ojol yang motornya dicuri saat sedang bekerja.

Melihat aksi Karin beberapa waktu belakangan ini, membuat warganet salut dan percaya kalau Karin tengah mengubah image-nya menjadi sosok yang positif dengan jiwa sosial yang tinggi. Namun, ternyata Karin kembali tersandung masalah. Ia dituduh plagiat karena beberapa unggahannya di media sosial.

Masalah semakin ramai kala seorang ilustrator bernama Nadiyah Rizki ikut memberikan komentar atas masalah ini dan mengaitkannya dengan aksi sosial yang dilakukan Karin.

Popbela sendiri sudah mencoba mengontak manajer Karin untuk mengklarifikasi dan memberikan statement terkait masalah ini. Namun, manajer Karin mengatakan belum bisa memberikan klarifikasi.

Bagaimana kronologi kejadian tersebut sebenarnya? Melansir dari akun media sosial Karin di Twitter, berikut kronologinya. Simak yuk!

Bermula dari Cuitan Nadiyah yang Menganggap Aksi Sosial Karin Percuma

Instagram.com/Awkarin

Masalah antara Karin dan Nadiyah bermula saat Nadiyah mengatakan ia tak suka dengan aksi sosial yang dilakukan Karin. Menurut Nadiyah, percuma saja Karin melakukan aksi sosial kalau ia masih mencuri karya orang lain. 

Mengungkit Kasus Lama

Instagram.com/Awkarin

Merasa tidak melakukan apa yang dituduhkan Nadiyah, Karin mencoba mengklarifikasi kapan tepatnya ia melakukan hal tersebut. Atau mungkin saja Karin melakukan hal itu tanpa sadar. Ternyata Nadiyah tidak menjelaskan kalau kasus mengunggah karya orang lain tanpa mencantumkan kredit yang dilakukan Karin merupakan kasus lama yang pernah Karin lakukan di tahun 2015-2016.

Emosi Hingga Bawa Pengacara

Twitter.com/awkarin

Sebelum Nadiyah melakukan klarifikasi, Nadiyah sempat lama membalas pesan Karin. Hal ini berujung pada munculnya statement di Twitter kalau Karin akan membawa pengacara untuk menyelesaikan masalah ini. Namun akhirnya, Karin sadar kalau saat itu ia terbawa emosi dan meminta maaf atas apa yang dikatakan sebelumnya.

Klarifikasi versi Nadiyah

Twitter.com/nadiyahrs

Menyadari kalau masalah yang dihadapinya dengan Karin semakin bertambah besar, Nadiyah mengunggah foto seperti ini sebagai bentuk klarifikasi darinya. Menurut Nadiyah, sebagai influencer, Karin bisa menggunakan power-nya untuk melakukan hal yang  lebih positif. Misalnya dengan mengajak follower-nya untuk menghargai karya orang lain dan berhenti mengunggah ulang karya apapun itu.

Twitter.com/nadiyahrs

Nadiyah Menghapus Semua Cuitannya

Instagram.com/Awkarin

Membawa pengacara dan takut akan dituntut, merangkum dari thread yang dibuat Karin di Twitter-nya, menjadi salah satu alasan Nadiyah sempat sulit dihubungi di Twitter. Karena hal tersebut, Nadiyah menghapus semua cuitannya dan hanya menyisakan sedikit cuitan di akun Twitternya.

Padahal, menurut Karin, perjanjian awal ia dan Nadiyah adalah Nadiyah akan menghapus semua cuitan tentang Karin jika Karin menghapus juga unggahannya di media sosial yang tak mencantumkan sumber. Kenyataannya berbeda, Nadiyah malah menghapus semua cuitannya. Karena hal ini banyak warganet yang menganggap Karin arogan.

Banyak yang Mendukung Nadiyah

Twitter.com/amrazing

Merasa bahwa hak kekayaan intektual adalah sesuatu yang sangat penting bagi seniman, nggak sedikit warganet yang mendukung Nadiyah. Amrazing atau Alexander Tian misalnya, ia mendukung Nadiyah karena mahasiswi tersebut berani berpendapat dan mengungkapkan bagaimana seharusnya menghargai sebuah karya dengan mencantumkan pemilik aslinya.

Twitter.com/RidhaIntifadha

Warganet lainnya yang mendukung Nadiyah, Muhammad Ridha Intifadha, bahkan sampai membuat thread mengenai karya orang lain yang pernah diunggah Karin dan belum diberikan kredit atau nama pemilik asli karya tersebut.

Karin Buat Thread Panjang yang Berisikan Klarifikasi dan Permintaan Maaf

Instagram.com/Awkarin

Tahu bahwa apa yang dilakukannya sempat membuat heboh jagat Twitter, Karin memutuskan untuk rehat selama dua hari dari Twitter. Kemarin (29/10), ia membuat thread panjang yang berisikan klarifikasi dan permintaan maafnya kepada semua pihak yang terkait, terutama kepada Nadiyah.

Karin mengakui apa yang ia lakukan dulu adalah salah dan bersedia mengedit unggahannya dengan menambahkan kredit. Ia juga menjelaskan bahwa keputusan Nadiyah menghapus semua cuitannya adalah murni keinginannya sendiri dan bukan paksaannya.

Karin juga mengucapkan terima kasih kepada semua follower-nya, telah memberikan masukan dan selalu mengingatkannya saat ia melakukan kesalahan. Thread Karin tersebut bisa kamu lihat di link berikut ini.

Semoga saja dari masalah ini kita bisa belajar untuk bisa menghargai karya orang lain dengan mencantumkan kreditnya dan sama-sama mau berdiskusi terlebih dulu jika ada masalah. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration