Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Punya Tampilan Baru, Perhatikan 7 Fakta Windows 11 yang Rilis Hari Ini

Siap mengubah tampilan laptop dan desktop kamu?

Niken Ari Prayitno

Setelah eksis menemani dekstop selama tujuh tahun, atau rilis sejak tahun 2014, Windows 10 perlahan akan digantikan dengan versi terbarunya. Windows 11 yang dirilis mulai 5 Oktober 2021 ini siap menjadi partner kerja kamu selanjutnya.

Bukan hanya memiliki tampilan baru yang lebih fresh dibandingkan pendahulunya, Windows 11 juga diperkuat dengan sistem teknologi yang lebih canggih. Penasaran dengan operating system terbaru bawaan Microsoft ini, Bela? Simak deretan faktanya berikut ini.

1. Tombol 'Menu Start' pindah ke bagian tengah

Microsoft.com

Kalau biasanya kamu lebih akrab dengan tombol 'Menu Start' di bagian kiri bawah desktop, kini kamu harus terbiasa dengan tampilan baru Windows 11 yang menempatkan tombol tersebut di bagian tengah layar. 

Bukan hanya 'Menu Start' yang berpindah ke bagian tengah, aplikasi yang sering kamu gunakan pun dapat kamu sematkan di sampingnya untuk kemudahan akses saat bekerja. Tenang saja Bela, jika kamu tidak terbiasa dengan tata letak yang baru ini, kamu bisa memindahkannya kembali ke kiri bawah seperti semula.

2. 'Menu Start' menampilkan fitur pintasan yang membuat kita lebih produktif

Digitaltrends.com

Jika pada Windows 10 kita hanya akan menemukan aplikasi-aplikasi yang terinstal pada desktop, tampilan ini akan sedikit berbeda pada Windows 11. Sebab, dalam Windows 11, tampilan pada 'Menu Start' bukan lagi hanya aplikasi yang terpasang pada desktop. Melainkan, aplikasi yang terakhir dan sering kita gunakan, serta file terakhir yang kita simpan.

Tentu, hal ini menjadi jalan pintas bagi kita untuk mengakses file terakhir dan melanjutkan pekerjaan tanpa harus membuka aplikasi yang sesuai dengan file tersebut terlebih dulu. Jadi lebih praktis, kan, Bela?

3. Lebih banyak aplikasi Android yang bisa kamu pasang di desktop

Techadvisor.com

Kelebihan lain yang sangat ditunggu-tunggu di Windows 11 adalah lebih banyak aplikasi dari Android yang dapat kamu pasang pada desktop. Namun, beberapa pihak masih menyangsikan kemampuan Windows 11 untuk mencegah virus atau malware yang mungkin saja tersembunyi di balik aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini membuat sistem keamanan Windows 11 terus dipertanyakan oleh penggunanya.

Terkait hal tersebut, melansir dari Seattletimes.com, Microsoft masih belum dapat memberikan jawaban mereka. Sebab, menurut mereka, kerja sama antara Microsoft dan Google baru saja dimulai. Masih ada banyak hal yang harus dibicarakan dan tentu masalah keamanan ini menjadi topik utama.

Meski soal keamanan masih terus dibicarakan, kamu tetap bisa memasang aplikasi seperti Netflix, Spotify, atau Twitter, kok. Tapi, ingat untuk tidak asal mengklik situs yang menurutmu mencurigakan, ya.

4. Tampilan widget bak mengakses tablet

Microsoft.com

Jika kamu menggeser ke kiri tampilan layar Windows 11, kamu akan melihat tampilan widget yang akan membuat kamu selalu up to date. Dalam widget yang mengadopsi visual a la smartphone dan tablet ini, kamu akan mendapatkan informasi mengenai cuaca, jadwal sesuai kalender yang telah kamu buat, hingga berita terbaru yang algoritmanya telah disesuaikan dengan kesukaanmu.

Selain menampilkan informasi yang sudah disebutkan, kamu dapat mengatur ulang tampilan widget sesuai kebutuhanmu. Misalnya, notifikasi email, atau berita terbaru dari media sosial.

5. Microsoft Team yang sudah terpasang otomatis

Theverge.com

Semenjak pandemi melanda dunia, kebiasaan dan kehidupan orang-orang berubah drastis. Semua kegiatan dilakukan dari rumah, mulai dari bekerja, hingga sekolah. Untuk meeting dan melakukan pertemuan virtual, mereka mengandalkan aplikasi. 

Memahami kebiasaan masyarakat yang berubah, sekaligus memenuhi kebutuhan tersebut, Windows 11 pun mengintegrasikan operating system-nya dengan aplikasi Microsoft Teams. Saat kamu meng-upgrade desktop menjadi Windows 11, otomatis Microsoft Teams akan terinstal. 

Tentu hal ini akan memudahkan kita bukan? Mengingat Microsoft Teams menjadi salah satu aplikasi andalan untuk melakukan pertemuan besar secara virtual.

6. Update Windows 11 gratis

Xda.developers.com

Untuk mendapatkan Windows 11, kamu bisa upgrade secara gratis jika desktop kamu saat ini sudah menggunakan Windows 10. Pembaruan tersedia pada menu Setting yang dapat kamu cek secara berkala di desktopmu.

Namun, untuk dapat menginstal Windows 11, pastikan jika desktop kamu memiliki RAM 4GB dan ruang penyimpanan minimal 64GB. Jika tidak segera kamu update, dekstop akan memberi notifikasi secara berkala hingga Oktober 2025. 

Bagaimana cara meng-update desktop menjadi Windows 11?

Windowsupdate.com

Untuk update desktop kamu menjadi Windows 11, berikut cara yang bisa kamu lakukan.

  • Buka menu Settings
  • Klik Windows Update
  • Klik Check for Update
  • Jika perangkatmu memenuhi syarat untuk melakukan update, maka kamu bisa mengklik Update Windows dan tunggu hingga instalasi selesai.

Saat ini, Windows 11 hanya tersedia untuk perangkat yang sudah memenuhi syarat. Secara berkala, Windows 11 akan memberikan notifikasi untuk melakukan update hingga pertengahan 2022.

Siap memiliki tampilan layar baru agar lebih produktif dengan Windows 11, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration