Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Keren! Ini 6 Artis Korea yang Sukses Raih Penghargaan Internasional

Kemampuan aktingnya tak perlu diragukan lagi

Niken Ari Prayitno

Beberapa tahun terakhir karya film dan serial asal Korea Selatan mulai dilirik oleh dunia. Bahkan, film dan serial tersebut berhasil memenangkan penghargaan internasional, hingga mengalahkan film dan serial yang diproduksi oleh Hollywood.

Kesuksesan film dan serial ini tentu tak lepas dari para aktor dan aktris yang berakting secara profesional dan penuh totalitas. Tak heran, selain karena filmnya, aktor dan aktris ini juga mendapatkan penghargaan atas kerja keras mereka.

Berikut ini deretan aktor dan aktris Korea Selatan yang berhasil menyabet penghargaan internasional. Siapa saja?

1. Bae Doona

Dok. Internet

Berkarier sejak tahun 1999 tentu telah membawa Bae Doona ke berbagai ajang penghargaan. Tak hanya masuk ke dalam nominasi, Doona juga sering membawa pulang piala penghargaan atas aktingnya yang memukau.

Bukan cuma di Korea Selatan, artis kelahiran 11 Oktober 1979 ini juga pernah memenangkan penghargaan internasional. Beberapa penghargaan internasional yang pernah diraihnya yakni, Best Actress Asian Film Awards 2015 untuk film A Girl at My Door, Best Actress in a Foreign Film Golden Rooster 2014 dan Hundred Flowers Awards 2014 untuk film A Girl at My Door, serta Best Actrees Tokyo Sports Film Awards 2010 dan Takasaki Film Festival 2010 untuk film Air Doll.

2. Song Hye Kyo

Dok. Internet

Tak hanya di Korea Selatan, Song Hye Kyo bahkan melebarkan kariernya hingga ke Jepang, Hong Kong dan Tiongkok. Maka dari itu, tak heran jika kini ia menjadi salah satu aktris populer yang kemampuan aktingnya tak diragukan lagi.

Sepanjang karier aktingnya yang sudah dirintis sejak tahun 1996, Song Hye Kyo telah menerima penghargaan internasional. Beberapa di antaranya yakni, Top Star Gold Song Awards 2001 dan Top 10 Asian Entertainers CETV Awards 2002.

3. Song Kang Ho

Twitter.com/mavericksmovies

Parasite menjadi film paling fenomenal di tahun 2020 lalu. Film yang mengisahkan tentang besarnya perbedaan kasta antara masyarakat kalangan atas dan bawah ini menarik perhatian para kritikus film. 

Parasite bahkan berhasil membawa pulang Best Picture dari Academy Awards 2020. Film ini juga mengantarkan sang sutradara, Bong Joon Ho dan para pemerannya meraih banyak penghargaan internasional.

Salah satunya aktor Parasite yang mendapat penghargaan internasional adalah Song Kang Ho yang memerankan Kim Ki-taek. Di tahun 2020, Song Kang Ho berhasil meraih Best Supporting Actor dalam ajang Los Angeles Film Critics Association 2020 dan Phoenix Critics Circle Awards 2020. 

4. Lee Jung Jae

Dok. Internet

Setelah ParasiteSquid Game menjadi serial asal Korea Selatan yang menjadi fenomena. Serial ini menjadi trending dan paling banyak ditonton selama beberapa minggu. Saking trending-nya serial ini kemudian meraih banyak penghargaan sekaligus kontroversi. Salah satunya, pernah dituduh plagiat dari film Jepang berjudul As the God Will.

Squid Game juga berhasil melambungkan nama Lee Jung Jae. Ia berhasil mendapatkan penghargaan Outstanding Performance in New Series Gotham Awards 2021 dan ia juga masuk ke dalam nominasi Golden Globe Awards 2022 dalam kategori Best Actor – Television Series Drama.

Terbaru, tepatnya pada 27 Februari 2022, Lee Jung Jae berhasil membawa pulang Outstanding Performance by a Male Actor in a Drama Series Screen Actors Guild Awards 2022. 

5. Jung Ho-yeon

Koreaherald.com

Bersama dengan Lee Jung Jae, pada 27 Februari 2022 lalu, Jung Ho-yeon juga mendapatkan penghargaan Screen Actors Guild Awards 2022 untuk kategori Outstanding Performance by a Female Actor in a Drama Series atas perannya sebagai Kang Sae-byeok.

Penghargaan internasional ini tentu menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi artis kelahiran 23 Juni 1994 itu. Sebab, Squid Game menjadi serial debutnya di dunia akting.

6. O Yeong Su

Globaltimes.cn

Terakhir, masih dari serial Squid Game, tentu kamu masih ingat dengan karakter Oh Il-nam yang abu-abu dan membuat bingung. Akting dari O Yeong Su ini berhasil menarik perhatian penonton dan kritikus film.

Tak cuma itu, O Yeong Su berhasil mendapatkan penghargaan Golden Globe Awards 2021 untuk kategori Best Supporting Actor – Television. Penghargaan ini menjadi penghargaan internasional pertama yang diterima oleh aktor senior tersebut sejak karier aktingnya yang dimulai pada tahun 1967.

Itulah tadi daftar artis Korea yang pernah menerima penghargaan internasional berkat kemampuan aktingnya. Ada lagi yang kamu tahu? Tulis di kolom komentar, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration