Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Jenis Tanaman yang Membuat Ruangan Semakin Sejuk, Wajib Punya!

Mudah didapat dan murah, kok!

Niken Ari Prayitno

Tanaman yang kita letakan di rumah bukan hanya membuat ruangan semakin indah. Namun, dengan adanya tanaman, ruangan di rumah juga bisa semakin sejuk karena pasokan oksigen yang melimpah yang dihasilkan dari tanaman tersebut. 

Tanaman hias, khususnya yang berdaun lebar, bisa menyerap banyak karbon dioksida dan mengolahnya menjadi oksigen. Sehingga, rumah dapat terasa asri dan segar.

Ingin meletakan tanaman di rumah supaya menjadi lebih sejuk? Pilih sepuluh jenis tanaman ini, ya!

1. Lidah Mertua

Unsplash.com/Noyo Plantes

Salah satu jenis sukulen ini memang paling banyak dipilih karena mudah merawatnya. Tanaman lidah mertua mampu hidup di tempat yang kering dengan air dan cahaya matahari yang terbatas. Oleh karena itu, tanaman lidah mertua sangat cocok diletakan di dalam ruangan.

Daunnya yang memanjang dan dapat tumbuh hingga satu meter, mampu menyerap racun dari udara. Sebagai gantinya, tanaman dengan nama lain Snake Plant ini melepas banyak oksigen yang membuat udara menjadi lebih segar.

2. Aglaonema

Unsplash.com/Severin Candrian

Bukan hanya membuat ruangan semakin semarak karena coraknya yang cantik, aglaonema atau sri rejeki ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya, membuat ruangan terasa sejuk dan segar. 

Aglaonema yang berdaun lebar dan rimbun dapat membersihkan udara dengan menyerap racun formaldehida dan benzena. Kemudian, aglaonema juga dapat memberikan pasokan oksigen yang banyak. Sehingga, ruangan di sekitar tanaman menjadi lebih segar.

Untuk merawatnya, aglaonema tidak membutuhkan perawatan yang sulit, kok. Tanaman ini hanya membutuhkan air yang sedang dan sedikit cahaya matahari untuk tumbuh optimal.

3. Spider Plant

Unsplash.com/Susan Wilkinson

Dinamakan Spider Plant karena tanaman ini mirip dengan kaki laba-laba yang kurus dan menjuntai. Spider Plant juga banyak dipilih sebagai tanaman yang bisa membuat sejuk udara untuk diletakan di dalam rumah.

Menurut penelitian, Spider Plant mampu menyerap racun formaldehida hingga 90 persen. Formaldehida adalah racun bahan kimia yang terdapat di udara yang dapat menyebabkan kanker.

Selain ampuh menyerap racun tersebut, Spider Plant juga aman diletakan di dalam ruangan karena tidak berbahaya untuk binatang peliharaan.

4. Chinese Money Plant

Unsplash.com/Yu Xuan Lee

Sesuai dengan namanya, Chinese Money Plant memang mirip dengan uang koin dan berasal dari negeri Tirai Bambu. Daunnya yang lebar, mampu menyerap racun dan udara kotor di dalam ruangan. Sebagai gantinya, Chinese Money Plant mampu mengalirkan udara bersih dan segar dalam jumlah yang banyak.

Selain dapat menyaring udara kotor, Chinese Money Plant juga berfungsi sebagai penghilang stres dan membantu kamu mengatasi masalah gangguan tidur. Tanaman yang bisa tumbuh hingga 30 centimeter ini sangat cocok kamu letakan di dalam ruangan sebagai dekorasi.

5. Palem Kuning

Unsplash.com/Behnam Norouzi

Selanjutnya, tanaman yang dapat membuat ruangan terasa sejuk adalah Palem Kuning atau Areca Palm. Tanaman ini memang dapat tumbuh hingga dua meter. Namun, kamu dapat menjaga laju pertumbuhannya supaya tidak terlalu tinggi dengan menanamnya di dalam pot.

Palem Kuning dapat menjaga kelembapan udara di dalam ruangan. Terlebih jika rumahmu terlalu banyak menggunakan pendingin ruangan, udara menjadi lebih kering dan kurang baik untuk kesehatan. Maka dari itu, Palem Kuning dapat menjaga kelembapan di dalam ruangan sekaligus menyerap racun di udara.

6. Tanaman Ara

Unsplash.com/Vadim Kaipov

Tanaman Ara atau Weeping Fig merupakan tanaman yang memiliki daun lebat. Daun yang rimbun ini berfungsi menyerap racun dari udara, sehingga membuat ruangan menjadi lebih segar dan bersih. Tanaman Ara juga berguna untuk menjaga kelembapan udara di sekitarnya.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan, yakni Tanaman Ara membutuhkan sinar matahari yang cukup agar tumbuh optimal. Oleh karena itu, sebaiknya letakan tanaman ini di dekat jendela atau sisi ruangan yang sering terkena sinar cahaya matahari, ya.

7. Pakis Boston

Unsplash.com/Unknown Wong

Daunnya yang menjuntai membuat Pakis Boston sangat cocok dijadikan tanaman gantung. Selain cantik, tanaman ini juga punya banyak manfaat. Salah satunya, menyerap udara kotor dan menggantinya dengan aliran oksigen yang banyak. Hal ini membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan segar.

Selain bisa menyaring udara, Pakis Boston juga kerap diletakan di ruangan yang kering. Sebab, kehadiran Pakis Boston bisa menjaga kelembapan udara.

8. Ficus Elastica

Unsplash.com/Severin Candrian

Jika dilihat sekilas, tanaman Ficus Elastica ini mirip dengan tanaman palsu. Sebab, daunnya yang lebar dan dilapisi semacam karet sehingga terlihat mengilat, membuatnya begitu cantik seolah bukan tanaman asli. Namun, karena kelebihannya itulah Ficus Elastica menjadi pilihan para pencinta tanaman untuk membuat ruangan semakin sejuk.

Daun Ficus Elastica yang lebar, mampu menyerap racun di udara. Selain itu, tanaman ini juga mengandung air dan mampu menghasilkan oksigen yang banyak. Sehingga, membuat ruangan terasa lebih segar.

Satu hal yang perlu kamu ingat, jangan meletakan tanaman ini di bawah sinar matahari langsung. Sebab, sinar matahari dapat membuat layu dan daun dapat berubah menjadi kekuningan.

9. Sirih Gading

Unsplash.com/Zinah Insignia

Selain dapat ditanam menggunakan media tanah, Sirih Gading juga dapat tumbuh dengan subur menggunakan media air. Namun, kamu harus rutin mengganti airnya dengan yang baru agar tidak timbul jentik nyamuk dan lumut.

Sirih Gading selalu menjadi pilihan untuk tanaman dalam ruangan. Bukan hanya karena bentuknya yang cantik, Sirih Gading juga dapat menghadirkan kesan sejuk di dalam ruangan karena mampu memberikan aliran oksigen yang banyak.

10. Philodendron

Unsplash.com/Sarah Bronske

Sekilas, tanaman Philodendron mirip dengan kuping gajah. Bedanya, tanaman Philodendron daunnya lebih kecil dan lebih rimbun. Daun-daun Philodendron yang lebar ini berfungsi menyerap racun formaldehide yang terdapat pada perabotan kayu. Karena mampu menyerap racun inilah, ruangan akan terasa lebih segar dan sehat.

Philodendron dapat kamu letakan di dalam ruangan yang minim cahaya sekalipun. Kamu juga tidak perlu terlalu sering menyiramnya karena jika tanahnya terlalu basah, membuat tanaman menjadi busuk.

Itulah tadi sepuluh jenis tanaman yang membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Sudah punya yang mana saja, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration