Kejadian masuknya ular ke lingkungan perumahan atau bahkan rumah warga, seperti bukan lagi berita baru selama dua tahun terakhir. Dengan semakin padatnya perumahan ditambah banjir yang beberapa kali melanda beberapa daerah di Indonesia, membuat habitat ular semakin menyempit dan mereka pun mencari jalan untuk makan maupun mencari "rumah" baru.

Meskipun tidak perlu terlalu ditakuti, namun tentu akan mengejutkan bagi kamu yang takut dengan ular atau tidak terbiasa dengan situasi tersebut. Selain rutin memeriksa area sekeliling rumah dan membersihkannya. Kamu juga bisa, lho, menanam tanaman ini untuk mengusir ular.

Berikut ini ada 7 jenis tanaman pengusir ular yang bisa kamu tanam di rumahmu.

1. Bunga Marigold

7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu flickr.com/blumenbiene

Melansir dari laman pests.org, bunga cantik ini mengeluarkan bau yang kuat dan mampu mengusir tikus maupun ular. Bau tersebut berasal dari akar yang menyengat sehingga mencegah hama menetap. Marigold menjadi pilihan populer karena perawatan dan harganya yang terjangkau. Kamu juga bisa melihat keindahan bunga ini sepanjang musim.

2. Sambiloto

7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu bibitbunga.com

Melansir homeandgardendigest, andrographis atau sambiloto dapat kamu pilih untuk ditanam di rumahmu sebagai tanaman pengusir ular. Sambiloto memiliki daun dan akar dengan rasa pahit sehingga membuat ular menjauh dari tanaman ini.

Sementara itu, jika ramuan sambiloto disemprotkan pada sisik ular akan menyebabkan kulit ular menjadi bengkak. Selain bisa mengusir ular, sambiloto juga mudah ditemukan dan bermanfaat untuk mengobati infeksi sinus, flu, dan kondisi lainnya.

3. Lidah mertua

7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu variegatedgreen.com

Tanaman jadul dengan bentuk unik ini selain menjadi hiasan rumah banyak manfaat yang dapat diperoleh. Salah satunya adalah bisa untuk mengusir ular. Daunnya yang tajam dan panjang membuat ular merasa takut.  Lidah mertua dapat tumbuh subur di cahaya terang dan selama musim apapun. Secara ilmiah, tanaman ini mampu menjaga kualitas udara.

4. Serai

7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu ebay.com

Serai kerap dijadikan sebagai rempah dalam masakan karena aromanya yang sedap dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Tapi ini berbanding terbalik dengan ular. Mereka sangat tidak menyukai bau jeruk yang keluar dari serai. Kandungan citronella di dalamnya juga dibenci oleh nyamuk. Selain aromanya, ular juga sangat menghindari permukaan daun serai yang kasar.

5. Agaphanthus

7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu tuincentrum.nl

Melansir dari laman Nurserylive, tanaman pengusir ular lainnya berasal dari keluarga bawang, yaitu agaphanthus. Tanaman yang cantik ini memiliki fungsi mengusir ular dan hama lainnya. Agapanthus memiliki bau yang kuat sehingga ular tidak menyukainya. Menariknya, tanaman ini juga bisa mengobati infeksi sinus untuk manusia.

6. Mint

7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu ferrymorse.com

Tanaman mint yang kaya manfaat ini mudah untuk mudah dikembangkan dan menyebar dengan cepat. Dapat dijadikan penambah dalam makanan, tanaman hias, mint juga dapat mengusir hama dan si ular, lho.

Aroma yang dikeluarkan tanaman mint membuat ular menjauh. Daunnya yang kasar juga membuat ular enggan melewati semak daun mint. Tanaman mint juga dapat menjadi tanaman pagar yang indah.

7. Kaktus

7 Tanaman Ini Cocok untuk Usir Ular di Sekitar Rumahmu greenandvibrant.com

Tanaman berduri ini juga dibenci oleh ular karena ular tak suka tanaman berduri tajam. Tanaman ini bisa menjadi salah satu andalan untuk menjauhkan mereka dari rumah dan kebun. Tak hanya itu, kaktus juga cantik dan dapat menjaga kualitas udara di sekitar rumah. Perawatannya pun tak sulit.

Itulah rekomendasi 7 jenis tanaman pengusir ular yang bisa kamu tanam di rumahmu.

Baca Juga: Musim Hujan? Ini 9 Tanaman Rumah yang Ampuh Mengusir Nyamuk

Baca Juga: Cantik tapi Berbahaya, Ini 7 Tanaman Hias Beracun

Baca Juga: Cantik dan Anggun, Ini 8 Jenis Tanaman Hias Berdaun Putih