Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Hilang Chemistry, Padi Reborn Kembali Berkarya Lewat 'Kau Malaikatku'

Mereka siap menggebrak industri musik

Niken Ari Prayitno

Untuk kamu yang besar di tahun 90-an, pasti nggak asing lagi dengan band Padi. Lagu-lagunya yang hits, seperti Begitu Indah dan Mahadewi, pasti pernah menemani hari-harimu. Namun, di tahun 2010, band yang digawangi oleh Ari Tri Sosianto (gitar, efek musik), Andi Fadly Arifuddin (vokal, gitar), Surendro Prasetyo (drum), Rindra Risyanto Noor (bas), dan Satriyo Yudi Wahono atau Piyu (gitar, vokal) ini memutuskan untuk vakum sejenak.

Sembilan tahun berlalu, band yang kembali dengan nama Padi Reborn ini siap menggebrak industri musik Indonesia. Banyak karya segar yang mereka siapkan untuk para penggemarnya. Salah satu karya terbaru yang belum lama rilis adalah single Kau Malaikatku.

Ada banyak hal baru karya terbaru Padi Reborn ini. Apa saja dan bagaimana lirik lagu Kau Malaikatku ini?

Sempat Hilang Chemistry Setelah 7 Tahun Vakum

Instagram.com/fadlypadi13

Di tahun 2010, Padi Reborn memutuskan untuk vakum karena saat itu mereka menyadari bahwa setelah 13 tahun dari debut pertama mereka di tahun 1997, Padi sama sekali belum beristirahat.

“Perjalanan Padi memang banyak banget yang kami lewati. Sejak awal berdiri, vakum, kemudian reborn itu panjang banget. Mulai dari album pertama, kedua, sampai akhirnya kami menyadari bahwa Padi selama 13 tahun bermusik tidak pernah vakum dan di tahun 2010 memutuskan untuk vakum sejenak,” ungkap Piyu saat diwawancara langsung dengan Popbela.

Tujuh tahun bukan waktu yang singkat untuk introspeksi diri. Setelah tujuh tahun itu pula, akhirnya Padi memutuskan untuk kembali terjun ke dunia musik dan membawa sesuatu yang segar. Mereka hadir kembali dengan nama Padi Reborn sebagai bentuk semangat baru dari band ini.

“Dengan kesempatan untuk kembali ini, kami manfaatkan untuk mengeksplorasi diri lagi. Menyatukan chemistry yang sempat hilang karena vakum itu. Selama satu tahun setelah kembali lagi itu kami benar-benar memanfaatkan momen dengan tur di mana-mana, keliling juga sebagai penanda kami kembali lagi,” jelas Fadly.

Kembali Berkarya

Popbela.com/Niken Ari

Puas dengan tur keliling Indonesia, membuat Padi Reborn rindu berkarya lagi. Setelah bulan Ramadhan selesai, mereka pun memutuskan untuk masuk kembali ke studio rekaman dan berkarya. Materi lagu yang sudah dicicil jauh hari akhirnya bisa direkam dalam waktu dua minggu.

“Menurut kami ini sudah saatnya untuk berkarya lagi setelah setahun lebih bersenang-senang tur ke sana ke sini. Ini waktunya kita berkarya lagi dan dimulai dengan merilis single disusul nanti albumnya,” jelas Fadly.

Kau Malaikatku, Lagu Baru Penuh Makna

Instagram.com/aripadi27

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya kita bisa menikmati lagu terbaru Padi. Kau Malaikatku menjadi lagu pertama yang penuh makna. Lagu ini sendiri bercerita tentang pencarian sosok yang bisa memberi semangat. Sejauh apapun kita mencari sosok tersebut, pada akhirnya orang terdekat yang ada di samping kitalah yang menjadi sosok ‘malaikat’ bagi kita.

“Kalau tentang Kau Malaikatku itu seperti idiom atau metafora. Bisa tentang cinta bisa tentang persahabatan atau tentang orang-orang yang sebenarnya sangat penting yang ada di sekitar kita. Ceritanya tentang kita mencari ke mana-mana ternyata apa yang kita cari ada di dekat kita. Sesederhana itu,” jelas Piyu.

Banyak Hal Baru di Single Ini

Popbela.com/Niken Ari

Selain sebagai penanda kembalinya Padi Reborn, banyak hal baru di single Kau Malaikatku ini yang dirasakan oleh seluruh personelnya. Di lagu ini Fadly lebih menyanyi on tempo dan menghilangkan ciri khasnya dalam menyanyi lay back. Sementara personel yang lain lebih menjaga emosi saat memainkan alat musik dan tak bisa menaik turunkan hentakan musik karena warna musik mereka lebih ke akustik yang ramanya lebih slow.

Hal yang paling berbeda di lagu ini adalah kolaborasi Padi Reborn dengan Jenaka Sudiro, putri dari Tora Sudiro, di bagian pembuka lagu.

“Setelah lagunya jadi dan kami musyawarah, kami masih bingung nih bagaimana intro lagu ini enaknya. Apakah mau suara alat musik saja atau bagaimana. Sampai akhirnya Piyu mendapat ide, bagaimana kalau suara anak kecil saja. Kebetulan saat itu kita baru selesai nonton The Greatest Showman di mana lagu utamanya dibuka dengan suara anak kecil kan? Akhirnya dicarilah anak-anak yang kira-kira cocok untuk menyanyikan intro lagu ini,” ungkap Fadly.

Instagram.com/yoyoprasetyo29

Jenaka dipilih karena suaranya masih ‘murni’ dan mengisyaratkan kepolosan manusia.

“Kenapa Jenaka, karena kami punya akses juga ke Tora Sudiro lewat produser Denny Chasmala. Kami coba Jenaka untuk take vokal. Sekali take kita langsung suka. Jadilah suara Jenaka kita masukan di awal dan tengah lagu. Jenaka juga menjadi message ke kita kalau anak-anak itu adalah sosok yang murni dan polos yang mengingatkan kita kalau cinta yang kita cari itu dekat lho,” sambung Piyu.

Tak cuma Jenaka, di bagian akhir lagu ini juga ada suara Tora Sudiro sebagai backing vokalnya lho. Wah semakin penasaran bukan dengan lagu ini?

Penasaran dengan lagu Kau Malaikatku? Simak lirik dan lagunya berikut ini ya.

Kau Malaikatku

Entah mengapa ku masih mencari
Jadikan aku senandungkan lagu
Syalalalalala...

Apakah engkau pernah,
melihat wujud malaikat
Pernahkah kau rasakan
kehadirannya itu

Perlahan dia menyadarkanku
Usai menanti yang tak pasti
Meski ku tau sulitku mengerti
Dia ada di sini...

Entah mengapa ku masih mencari
Malaikat untukku
Nyanyikan aku senandungkan lagu
Syalalalala

Pernahkah kau rasakan
Hidupmu terbangun sepi
Hingga terpikir untuk
Mencari malaikat menemanimu

Perlahan dia menyadarkanku
Terbangun dari mimpi-mimpi
Sampai saat aku pun menyadari
Dia ada di sini

Entah mengapa ku masih mencari
Malaikat untukku
Nyanyikan aku senandungkan lagu
Syalalalala

Entah mengapa ku terus mencari
Pelipur jiwaku
Nyanyikan aku senandungkan lagu
Syalalalala

Ku masih mencari
Malaikat untukku

Entah mengapa ku masih mencari
Malaikat untukku

Nyanyikan aku
Senandungkan lagu
Syalalalalala

Telah kutemukan
Pelipur jiwaku
Malaikat untukku

Tak perlu lagi
Ku letih mencari
Sebab, dia di sini

TOPIC

    IDN Media Channels

    Latest from Inspiration