Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Film & Serial Paling Populer Sepanjang 2021, Sudah Nonton Semua?

Paling favorit yang mana, nih?

Niken Ari Prayitno

Tidak seperti tahun 2020 lalu saat bioskop masih banyak ditutup, tahun 2021 ini bioskop kembali dibuka. Hal ini menjadi angin segar bagi industri film karena bisa merilis film di layar lebar dan bukan di platform video on demand. Meski jumlah film yang tayang di bioskop masih terbatas dibandingkan dengan di platform video on demand, tetap saja hal ini mampu mengobati kerinduan untuk menikmati pengalaman menyaksikan film di layar lebar dengan kualitas terbaik.

Sepanjang tahun 2021 ini, deretan film dan serial tayang secara bergantian. Tontonan ini menemani kita menghabiskan waktu luang. Apa saja film dan serial paling populer sepanjang tahun 2021 ini? Berikut rangkuman Google Year in Search untuk kategori film dan serial populer 2021.

1. Squid Game

Rilis pada September 2021, Squid Game menjadi serial yang sangat laris tahun ini. Bahkan, serial yang disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk ini menempati posisi pertama dalam sepuluh besar tayangan Netflix paling populer di beberapa negara. Seperti, Amerika Serikat, Indonesia dan Korea.

Squid Game sempat dituduh menjiplak film asal Jepang yang memiliki genre serupa, yakni As the God Will. Namun, hal ini dibantah oleh Dong Hyuk dengan memberikan beberapa bukti. Salah satunya, proses pembuatan yang memakan waktu hingga sepuluh tahun lamanya.

Squid Game bercerita tentang permainan bertahan hidup yang diikuti oleh 456 pemain. Mereka memperebutkan uang sebanyak 45,6 miliar Won dengan cara menyelesaikan permainan anak-anak. Bukan sekadar permainan biasa, nyawa menjadi taruhannya jika para peserta kalah bermain atau terbukti melakukan kecurangan. Sudah siap dengan Squid Game season kedua?

2. Ali & Ratu Ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens masuk ke dalam jajaran film paling populer tahun 2021 versi Google Yean in Search 2021. Rilis pada bulan Juni 2021, film yang mengambil latar lokasi di salah satu sudut Kota New York ini langsung menjadi trending topic di media sosial selama beberapa hari.

Di film ini, kita bisa melihat transformasi Iqbaal Ramadhan menjadi lebih dewasa, setelah tiga tahun sebelumnya sangat lekat dengan sosok Dilan dari film trilogi Dilan. Menurut Popbela, hal ini menjadi salah satu faktor begitu populernya Ali & Ratu Ratu Queens di tahun 2021.

Ali & Ratu Ratu Queens bercerita tentang petualangan Ali (Iqbaal Ramadhan) untuk mencari Mia (Marissa Anita), mamanya, di New York. Bukannya ketemu Mia, Ali bertemu dengan empat perempuan hebat yang membantunya selama mencari mamanya itu.

3. Jingga dan Senja

Di tengah maraknya film dan serial original yang rilis di berbagai platform video on demand, Jingga dan Senja hadir sebagai serial yang diadaptasi dari novel populer terbitan tahun 2011 berjudul Jingga dalam Elegi

Serial ini masuk ke dalam daftar Google Year in Search 2021 karena memiliki banyak penggemar dan begitu ditunggu kehadirannya oleh para pencinta novel karya Esti Kinasih tersebut. Awalnya, Jingga dan Senja akan dibuat dalam format film. Namun, pandemi yang tak berkesudahan membuat rumah produksi Screenplay Films mengubahnya menjadi format serial dengan durasi yang lebih panjang.

Jingga dan Senja berkisah tentang Tari yang baru masuk ke kelas 1 SMA di SMA Airlangga. Di sekolah itu, ia bertemu dengan siswa kelas 3 bernama Ari yang kemudian memperlakukan Tari dengan gayanya yang sok kuasa, padahal semua hanya karena Ari dan Tari sama-sama memiliki nama lengkap Matahari.

Bedanya Tari bernama lengkap JINGGA MATAHARI dan Ari bernama MATAHARI SENJA. Tapi, ternyata tak sesederhana itu alasan Ari ingin "memiliki" Tari. Dan tak sesederhana itu pula Tari menyerahkan diri untuk bisa dimiliki oleh Ari.

4. Hometown Cha-Cha-Cha

Kisah manis antara Hong Du Sik (Kim Seon Ho) dan Yoon Hye Jin (Shin Min A) dalam serial drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha menarik perhatian warganet di tahun 2021 ini. Setiap minggunya, saat episode barunya rilis, serial yang rilis di tanggal 28 Agustus 2021 tersebut langsung menjadi trending topic di Twitter.

Hometown Cha-Cha-Cha berkisah tentang seorang dokter gigi bersama Yoon Hye Jin yang memilih pindah ke sebuah desa di pinggir pantai untuk membuka klinik gigi sendiri. Di sana, ia bertemu dengan Hong Du Sik, pekerja serabutan yang membantunya membuka klinik dan berkenalan dengan warga setempat.

Serial ini menjadi semakin begitu dibicarakan warganet saat episode terakhir tayang. Sebab, saat itu, tepat setelah serial ini tamat, Kim Seon Ho dikabarkan telah menghamili dan memaksa mantan pacarnya untuk melakukan aborsi. Skandal ini cukup alot, meskipun akhirnya Kim Seon Ho sudah mulai kembali aktif di dunia hiburan.

5. Vincenzo

Vincenzo berkisah tentang seorang pengacara mafia keturunan Korea-Italia yang bertekad membalas kejahatan seorang konglomerat saat ia kembali ke Korea. Serial ini menjadi begitu populer karena dinilai menghadirkan kisah mafia yang belum banyak diangkat sebagai benang merah utama serial sebelumnya. 

Tak hanya itu, kepopuleran Vincenzo tak lepas dari sosok pemeran utamanya, Song Joong Ki. Jika melihat fimografinya, Vincenzo menjadi serial comeback Song Joong Ki sebagai pemeran utama. Song Joong Ki terakhir kali memerankan tokoh pemeran utama dalam serial di tahun 2019, yakni sebagai Eun Seom dalam serial Arthdal Chronicles.

6. Godzilla vs Kong

Tayang di bioskop pada 25 Maret 2021 lalu, Godzilla vs. Kong begitu menarik perhatian dan menjadi sangat populer karena menjadi film fantasi yang mempertemukan dua raksasa terkuat pada abad ini.

Merunut pada timeline film-film MonsterVerse lainnya, Godzilla vs. Kong menjadi film ke-16 untuk The Godzilla Saga dan film ke-12 untuk The King Kong Saga. Melihat sepak terjangnya dan daftar filmnya yang panjang, tak heran jika Godzilla vs. Kong masuk ke dalam Google Year in Search 2021 karena begitu banyak penggemar yang tentu sudah menunggu kehadiran film ini.

Godzilla vs. Kong berkisah tentang King Kong yang diangkut keluar dari zona penahanannya setelah Godzilla muncul kembali dan membuat kekacauan. Saat itu, umat manusia membutuhkan bantuan King Kong untuk mencapai Hollow Earth dan menemukan cara terbaik untuk menaklukan Godzilla, sang raja monster.

7. Raya and the Last Dragon

Di tahun 2021 ini, Disney menghadirkan Princess terbaru mereka yang berasal dari Asia Tenggara bernama Raya. Film Raya and the Last Dragon menjadi begitu populer karena bukan hanya mengadaptasi budaya khas Indonesia, tapi juga karena film ini menggandeng banyak musisi dan artis Indonesia. 

Raya and the Last Dragon mengajak NIKI, Raisa dan Via Vallen untuk mengisi soundtrack mereka. Selain mereka, Raya and the Last Dragon menggandeng Mikha Tambayong, Eva Celia dan Ayu Dewi sebagai pengisi suara versi bahasa Indonesia.

Raya and the Last Dragon berkisah tentang sebuah negara bernama Kumandra yang terpisah-pisah karena suatu masalah. Meski mereka tak akur dan tidak mempercayai satu sama lain, namun mereka memiliki musuh yang sama bernama Drun. Bisakah warga Kumandra menjadi satu lagi untuk melawan Drun?

8. Antares

Tayang di WeTV mulai 30 Juli 2021, Antares langsung menjadi populer di kalangan remaja karena kisahnya yang lekat dengan kehidupan sekolah. Diangkat dari novel Wattpad berjudul sama, Antares dibintangi oleh Angga Aldi Yunanda dan Beby Tsabina.

Antares berkisah tentang geng motor sekolah, Calderion. Geng ini diketuai oleh Antares Sebastian Aldevaro (Angga Yunanda) alias Ares yang dingin dan super cuek. Suatu hari, Ares nggak sengaja nyaris menabrak Zeanne Queensha Bratadikara (Beby Tsabina) alias Zea. Sejak satu kejadian itu, mereka selalu nggak sengaja bertemu satu sama lain. Apakah ini takdir mereka?

9. Selesai

Rilis pada tanggal 13 Agustus 2021, Selesai langsung menarik perhatian warganet sejak pertama kali ditayangkan di platform BioskopOnline. Bukan hanya jalan ceritanya, film ini menjadi begitu populer di tahun 2021 karena deretan pemain yang membintanginya. Selesai menjadi film kedua yang disutradarai oleh Tompi. Film ini dibintangi oleh Ariel Tatum, Gading Marten, Anya Geraldine, Tika Panggabean dan Imam Darto.

Sambutan film ini beragam pasca rilisnya di bulan Agustus lalu. Banyak yang memuji kisah film Selesai yang dinilai anti-mainstream, tapi ada juga yang memberikan kritik pedas karena dinilai begitu menghakimi perempuan. 

Selesai berkisah tentang rumah tangga Ayu (Ariel Tatum) dan Broto (Gading Marten) yang berada di ambang kehancuran. Broto ketahuan selingkuh, dan Ayu tak tahan lagi dengan perlakuan Broto tersebut. Bagaimana mereka menyelesaikan masalah rumah tangga ini? Apakah berlanjut, atau terpaksa selesai?

10. Nevertheless

Siapa yang di tahun ini sempat 'tersong kang' saat menyaksikan Nevertheless? Apakah kamu salah satunya? Jika iya, maka kamu berkontribusi membuat serial ini menjadi salah satu film dan serial paling populer versi Google Year in Search 2021.

Film ini berkisah tentang Park Jae Eon (Song Kang), seorang mahasiswa jurusan seni. Dia dikenal sebagai sosok yang baik terhadap semua orang dan selalu ceria. Di balik kebaikannya, ia sangat tidak ingin memiliki hubungan romantis.

Tanpa diduga, dia jatuh cinta pada Yoo Na Bi (Han So-Hee), mahasiswi yang kuliah di jurusan yang sama dengan Park Jae Eon. Sejak bertemu Yoo Na Bi, sikapnya mulai berubah. Ia menjadi sosok yang berbeda dan tak pernah ia tunjukan sebelumnya.

Itulah tadi daftar film dan serial paling populer tahun 2021. Dari semuanya, mana yang jadi favorit kamu di tahun ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration