Lagu menjadi teman di kala sedih atau senang. Kehadirannya bisa mewarnai suasana. Setiap hari setidaknya kita mendengar satu buah lagu. Disepanjang tahun 2021 ini, banyak lagu yang rilis maupun viral di internet.

Ini tidak terlepas dari media sosial seperti TikTok dan Instagram yang mempopulerkannya. Terkadang, sebuah konten mengambil suatu backsound dengan lagu menarik namun tidak tercantum judulnya. Inilah yang membawa orang-orang ke Google untuk mencari lagu tersebut dari potongan nada bahkan liriknya yang terdengar samar.

Berdasarkan data yang dihimpun Google hingga 30 November 2021 lalu, berikut lagu yang paling banyak dicari sepanjang 2021.

1. “Here's Your Perfect” - Jamie Miller

https://www.youtube.com/embed/cRi-x2r88no

Lagu mellow dari Jamie Miller ini mampu membuat pendengarnya turut mellow. Suara indah Jamie dan liriknya yang menyentuh membuatnya banyak dijadikan backsound untuk sebuah konten atau menemani di waktu luang. Saking populernya, “Here's Your Perfect” jadi salah satu lagu yang paling banyak dicari di Google.

2. “At My Worst” - Pink Sweat$

https://www.youtube.com/embed/8CEJoCr_9UI

Suara meneduhkan dari Pink Sweat$ dan irama menenangkannya menjadi salah satu lagu favorit yang banyak wara wiri diberbagai konten di media sosial. Hal ini pun membawa para pendengarnya untuk mencari lebih jauh tentang lirik, arti, sang penyanyi, bahkan fakta menariknya dari lagu “At My Worst” tersebut.

3. "Happier" - Olivia Rodrigo

https://www.youtube.com/embed/ZQFmRXgeR-s

"Happier" dari Olivia Rodrigo juga menjadi satu dari 10 lagu paling banyak dicari di Google sepanjang tahun ini. Sudah dipastikan kamu selalu mendengarnya di manapun. Banyak pula yang membuat cover dari lagu ini.

4. "Butter" – BTS

https://www.youtube.com/embed/WMweEpGlu_U

Tak afdol bila tak ada “Butter” dari BTS. Lagu yang juga menang di American Music Award ini, menjadi yang paling banyak dicari di Google. Lirik awalnya yang candu membuat lagu ini sering dijadikan backsound dan wara wiri di media sosial.

5. "Widodari" - Denny Caknan Feat Guyon Waton

https://www.youtube.com/embed/zgSfpOOuI6Q

 Dibuka dengan iringan biola dan gitar hingga ke melodi koplonya, “Widodari” jadi lagu yang juga paling banyak dicari di Google. Dirilis pada bulan Juli lalu, kini video musik lagu tersebut sudah dilihat lebih dari 52 juta kali di YouTube.

6. "Bawa Aku ke Penghulu" – Lesti

https://www.youtube.com/embed/8-Y_65ZbLS8

Nama Lesti Kejora banyak diperbincangkan sepanjang tahun ini. Tak hanya namanya, lagunya pun juga turut populer dan banyak dicari di Google. "Bawa Aku ke Penghulu" menjadi lagu Lesti yang dipersembahkan kepada Rizky Billar, suaminya sebagai ungkapan bahagia dirinya dilamar oleh sang pujaan hati. 

7. "Runtuh" - Feby Putri feat Fiersa Besari

https://www.youtube.com/embed/FXfqLUuVBis

kolaborasi Feby Putri dan Fiersa Besari ini dirilis pada 1 Oktober 2021 dan sempat trending di YouTube. Bercerita tentang perasaan seseorang yang sedang tidak baik-baik saja namun mencoba untuk bahagia, “Runtuh” sukses menjadi lagu yang paling banyak dicari di Google sepanjang 2021.

8. "Aku Bukan Jodohnya" - Tri Suaka

https://www.youtube.com/embed/x9SzUoJei-U

Punya lirik mendalam, ditinggal menikah sang mantan, “Aku Bukan Jodohnya” dari Tri Suaka ternyata populer di Google sepanjang tahun ini. Lagu yang rilis 6 Mei 2021 itu juga viral dan menjadi sound populer di TikTok.

9. "C.H.R.I.S.Y.E" - Diskoria, Laleilmanino, dan Eva Celia

https://www.youtube.com/embed/ThYGrYiyvA8

Kolaborasi dari Diskoria, Laleilmanino dan Eva Celia dengan lagu mereka C.H.R.I.S.Y.E menjadi salah satu lagu kolaborasi yang paling dicari di Google 2021. Lagu C.H.R.I.S.Y.E sendiri merupakan proyek eksperimen audio visual yang bertajuk Studio Pop Show. Lirik lagu ini diambil dari lagu-lagu yang dipopulerkan oleh mendiang Chrisye.

10. "Hari Bahagia - Atta Hallilintar dan Aurel Hermansyah

https://www.youtube.com/embed/4JojqKKLqq0

Pasangan seleb yang juga melangsungkan pernikahannya di tahun 2021 adalah Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Mereka merilis lagu berjudul “Hari Bahagia” yang menjadi trending topik di berbagai media sosial termasuk di Google.

Itulah 10 lagu yang populer dan paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2021. Mana yang masuk playlist mu, Bela?

Baca Juga: Exclusive Interview: Lirik Santun Pink Sweat$ yang Jadi Magnet Pasar

Baca Juga: TikTok Rilis Lagu dan Sound Favorit di Tahun 2021, Ini "The Playlist”

Baca Juga: Popbela's Playlist: Merapal Lirik dan Nada Musik Lokal