Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

12 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental, Ada yang Bisa Diakses Gratis!

Apa saja aplikasinya?

Niken Ari Prayitno

Makin buruknya kesehatan mental yang diakibatkan oleh pandemi belakangan ini bukan lagi menjadi pengetahuan yang baru. Ketakutan, kecemasan dan stres meningkat karena pandemi. Tidak hanya itu, laman resmi World Health Organization Europe melaporkan bahwa rasa kesepian, depresi, konsumsi alkohol dan obat terlarang, sikap melukai diri, serta perilaku bunuh diri diperkirakan akan meningkat.

Situasi ini mungkin dapat dihadapi dengan berkonsultasi ke psikolog dan psikiater. Namun, hal ini makin dipersulit karena wabah COVID-19 yang tak kunjung berakhir. Untuk menghadapi ini, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi kesehatan mental sebagai solusi sementara. Sebab, melalui aplikasi ini, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga profesional untuk dapat membantumu menyelesaikan masalah kesehatan mental.

Berikut daftar aplikasi kesehatan mental terbaik yang dapat membantu kamu menghadapi masalah ini. Mungkin salah satunya cocok untukmu.

1. Kalm

YouTube.com/KALM

Aplikasi Kalm menawarkan layanan untuk curhat dengan konselor profesional (disebut Kalmselor) dan Gratitude Journal yang diklaim telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kebahagiaan tanpa biaya.

Selain kedua layanan tersebut, Kalm juga dilengkapi dengan berbagai artikel dan video yang berkaitan dengan kesehatan mental. Aplikasi ini menawarkan beberapa paket berlangganan untuk konsultasi.

Paket yang paling terjangkau adalah paket harian yang mengizinkan kamu melakukan percakapan tanpa batas selama tiga hari. Nantinya, konselor akan menjawab minimal dua kali sehari. Harga paket ini mencapai Rp33 ribu per hari. Cukup lumayan terjangkau bukan?

2. Halodoc

Halodoc.com

Halodoc dikenal sebagai aplikasi layanan kesehatan yang lengkap. Tentunya, layanan tersebut juga mencakup kesehatan jiwa. Kamu dapat mengisi kuis online yang disediakan Halodoc, yang kemudian diikuti dengan terapi online oleh psikolog klinis dan diagnosis serta perawatan medis dari psikiater.

Mitra yang disetujui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini biasanya mematok harga minimal Rp50 ribu untuk kategori kesehatan jiwa. Kamu pun dapat membaca berbagai artikel kesehatan mental yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

3. Riliv

Riliv.co

Sebagai one stop service aplikasi kesehatan mental, Riliv menyediakan layanan konseling, meditasi dan berbagai artikel yang membantu memahami kesehatan mental secara lebih dalam. Terdapat banyak jurnal yang bermanfaat untuk kesehatan mental, seperti 'Sleep Diary', 'Mengenali Diriku Hari Ini' dan 'Bangkit dari Cemas & Takut'.

Harganya cukup bervariasi. Paket perkenalan kategori teks untuk pengguna baru menjadi paket paling murah, dengan harga Rp100 ribu untuk satu kali sesi. Durasi konseling teks per sesi adalah 60 menit.

4. Bicarakan.id

Bicarakan.id

Platform konseling Bicarakan.id menawarkan kamu kesempatan untuk bercerita kepada konselor yang friendlyopen-minded dan non-judgmental. Dengan demikian, kamu dapat membicarakan problem secara terbuka tanpa harus khawatir.

Biaya per sesi biasanya mencapai Rp189 ribu dengan garansi 100 persen uang kembali apabila konseling terasa tidak efektif. Bicarakan.id juga menyediakan podcast edukasi psikologi gratis dan juga cerita oleh para anonim yang sudah melakukan konseling. Sebelum mulai berlangganan, kamu bisa menyimak podcast-nya terlebih dulu, nih!

5. Sahabatku

Play.google.com

Sahabatku mempunyai beragam fitur untuk para penggunanya. Artikel, video, kuis dan konseling daring dapat kamu gunakan untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan mental.

Aplikasi dengan tagline 'A Friend in Need is a Friend Indeed' ini menyediakan jasa konseling secara cuma-cuma. Namun, kamu harus bersabar menunggu jawaban karena tidak sedikit pengguna yang juga bercerita.

6. Alodokter

Alodokter.com

Alodokter adalah aplikasi kesehatan yang merupakan mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Terdapat beragam layanan kesehatan, termasuk kesehatan mental.

Kamu dapat konsultasi bersama psikiater dan psikolog pilihan kamu melalui fitur percakapan yang tersedia di dalamnya. Harganya pun terjangkau, mulai dari Rp50 ribu mendapat potongan, sehingga biayanya menjadi Rp35 ribu.

Ada juga sistem berlangganan dengan harga paling terjangkau mencapai Rp39 ribu per bulan. Melalui sistem langganan ini, kamu dapat melakukan konsultasi melalui pesan percakapan tanpa batas dengan dokter spesialis 24 jam setiap hari. Selain itu, kamu mendapatkan rekomendasi medis dan resep obat dari dokter pribadi.

7. Psikologimu

Psikologimu.co

Seperti namanya, Psikologimu bertujuan memberikan akses sehat mental dengan menghubungkan kamu dan psikolog profesional demi mengetahui kesehatan mental kamu dan membantu memperbaikinya.

Artikel dan video dapat menjadi sarana untuk belajar. Selanjutnya, ada juga tes psikologi yang masih dalam tahap pengembangan. Konsultasi paling terjangkau terdapat di kategori chat. Untuk mengaksesnya, kamu dikenakan biaya yang mencapai Rp75 ribu per 60 menit.

8. MyDoctors

Mydoctors.id

Pelayanan kesehatan yang ditawarkan MyDoctors sangat beragam. Fitur yang paling unik adalah tombol SOS yang berguna untuk kebutuhan darurat. Ketika menekan tombol ini, kamu akan dihubungi oleh pihak MyDoctors.

Kalau bicara soal layanan kesehatan mental yang ditawarkan MyDoctors, biasanya harga konsultasi kesehatan via video call ini mencapai Rp150 ribu per sesi. Aplikasi ini juga memiliki laporan mood untuk konsultasi dengan psikolog secara rutin.

9. Diceritain

Play.google.com

Diceritain merupakan aplikasi konseling yang menargetkan para mahasiswa. Menurut deskripsi aplikasi tersebut di Google Play Store, jumlah tenaga ahli kesehatan mental masih belum dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Maka dari itu, alternatifnya adalah konselor sebaya.

Layanan kesehatan mental preventif ini melibatkan konselor sebaya yang bersertifikasi dan tepercaya. Identitas kamu akan dirahasiakan, sehingga kamu bercerita secara anonim. Tidak perlu khawatir, konselor sebaya ini sudah dilatih oleh psikolog profesional.

Tentunya, konselor sebaya tidak dapat memberikan diagnosis, psikoterapi, atau pengobatan lainnya yang dilakukan psikolog, psikiater, dan psikoterapis. Namun, mereka tetap menjadi pendengar baik yang membantu kamu mengenal masalah lebih dalam dan mencari alternatif solusi yang baik.

10. KlikDokter

Klikdokter.com

Seperti Halodoc, MyDoctors dan AloDokter, KlikDokter juga memiliki layanan kesehatan yang bervariasi. Salah satunya adalah layanan kesehatan mental.

Kamu dapat melakukan konsultasi dengan psikolog melalui chat dengan harga yang terjangkau. Biayanya bervariasi, dimulai dari kisaran Rp15 ribu. Live Chat ini tersedia 24 jam, sehingga dokter selalu siap untuk menjawab keluh kesah kamu.

Jika ingin belajar lebih banyak tentang kesehatan mental, kamu juga bisa membaca deretan artikel yang tersedia. Tampaknya penulisan artikel dilakukan secara rutin, sehingga topik dan tema artikel selalu up to date.

11. SehatQ

Sehatq.com

Konsultasi dengan psikolog juga merupakan layanan yang tersedia di aplikasi SehatQ. Harga konsultasi yang dapat dilakukan via video call atau booking terlebih dahulu dapat berbeda dari satu psikolog dengan yang lain, mulai dari kisaran Rp100 ribu sampai Rp350 ribu. Ada juga fitur chat dokter secara gratis.

Mitra tepercaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini juga menghadirkan banyak artikel kesehatan mental terkini. Hal ini mampu menambah wawasan kamu terkait kondisi tersebut.

12. Good Doctor

Gooddoctor.co.id

Aplikasi terakhir dalam daftar ini adalah Good Doctor. Laman Google Play Store aplikasi layanan kesehatan tersebut menjelaskan bahwa kamu bisa mendapatkan jawaban dari dokter umum dan spesialis yang tersedia 24 jam.

Ada banyak topik yang dapat dibahas melalui chat. Dalam konteks kesehatan mental, ada beberapa kategori yang tersedia seperti 'Psikologi Pendidikan' dan 'Psikologi Klinis'. Harganya pun bervariasi, dari Rp20 ribu sampai Rp100 ribu. 

Seperti kebanyakan aplikasi kesehatan lainnya, Good Doctor juga dilengkapi artikel informatif yang membahas berbagai topik kesehatan.

Itulah tadi daftar aplikasi konsultasi kesehatan mental yang dapat kamu akses melalui ponsel. Untuk memilih aplikasi mana yang cocok denganmu, sesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang kamu miliki, ya!

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "12 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental Terbaik di Indonesia" ditulis oleh Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy

IDN Media Channels

Latest from Inspiration