12 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental, Ada yang Bisa Diakses Gratis!

Apa saja aplikasinya?

12 Aplikasi Konsultasi Kesehatan Mental, Ada yang Bisa Diakses Gratis!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Makin buruknya kesehatan mental yang diakibatkan oleh pandemi belakangan ini bukan lagi menjadi pengetahuan yang baru. Ketakutan, kecemasan dan stres meningkat karena pandemi. Tidak hanya itu, laman resmi World Health Organization Europe melaporkan bahwa rasa kesepian, depresi, konsumsi alkohol dan obat terlarang, sikap melukai diri, serta perilaku bunuh diri diperkirakan akan meningkat.

Situasi ini mungkin dapat dihadapi dengan berkonsultasi ke psikolog dan psikiater. Namun, hal ini makin dipersulit karena wabah COVID-19 yang tak kunjung berakhir. Untuk menghadapi ini, kamu dapat menggunakan berbagai aplikasi kesehatan mental sebagai solusi sementara. Sebab, melalui aplikasi ini, kamu bisa berkonsultasi dengan tenaga profesional untuk dapat membantumu menyelesaikan masalah kesehatan mental.

Berikut daftar aplikasi kesehatan mental terbaik yang dapat membantu kamu menghadapi masalah ini. Mungkin salah satunya cocok untukmu.

1. Kalm

Aplikasi Kalm menawarkan layanan untuk curhat dengan konselor profesional (disebut Kalmselor) dan Gratitude Journal yang diklaim telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan kebahagiaan tanpa biaya.

Selain kedua layanan tersebut, Kalm juga dilengkapi dengan berbagai artikel dan video yang berkaitan dengan kesehatan mental. Aplikasi ini menawarkan beberapa paket berlangganan untuk konsultasi.

Paket yang paling terjangkau adalah paket harian yang mengizinkan kamu melakukan percakapan tanpa batas selama tiga hari. Nantinya, konselor akan menjawab minimal dua kali sehari. Harga paket ini mencapai Rp33 ribu per hari. Cukup lumayan terjangkau bukan?

2. Halodoc

Halodoc dikenal sebagai aplikasi layanan kesehatan yang lengkap. Tentunya, layanan tersebut juga mencakup kesehatan jiwa. Kamu dapat mengisi kuis online yang disediakan Halodoc, yang kemudian diikuti dengan terapi online oleh psikolog klinis dan diagnosis serta perawatan medis dari psikiater.

Mitra yang disetujui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini biasanya mematok harga minimal Rp50 ribu untuk kategori kesehatan jiwa. Kamu pun dapat membaca berbagai artikel kesehatan mental yang terdapat di dalam aplikasi tersebut.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here