Kesehatan mental menjadi salah satu isu yang kini cukup naik daun, dan ini adalah hal yang cukup positif. Dengan semakin sering isu kesehatan mental dibahas, tentu semakin banyak orang yang lebih aware soal kesehatan mental.

Perlu diketahui orang yang sedang struggle dengan masalah kesehatan mental tidak bisa hanya dilihat dari penampilan saja lho. Mungkin seseorang yang sedang memiliki kesehatan mental yang kurang baik tetap bekerja secara produktif, tetap merias diri untuk berpenampilan menarik atau bahkan memiliki gaya hidup yang sehat. Yes, memperhatikan kesehatan mental seseorang tidak bisa hanya dilihat dari rutinitas dan penampilannya sehari-hari.

Biar kamu nggak bingung, berikut ini Popbela merangkum 5 tanda bahwa kesehatan mentalmu terganggu dan kamu harus mulai memperhatikannya. Buat kamu yang mulai khawatir soal kesehatan mental, coba baca artikel ini sampai habis terlebih dahulu ya!

1. Kamu tidak menikmati hal yang dilakukan seperti biasanya

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memerhatikan Kesehatan Mentalhealthline.com

Tanda pertama adalah kamu kehilangan minat untuk sebuah hal yang biasanya kamu lakukan. Sebagai contoh, biasanya kamu sangat rajin lari pagi tetapi tiba-tiba kamu merasa untuk mengikat tali sepatu olahragamu saja itu butuh perjuangan. Untuk keadaan hilang minat pada sesuatu yang semula disukai seperti ini ada sebuah istilah yang dinamakan anhedonia.

2. Menghabiskan waktu tidur lebih banyak

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memerhatikan Kesehatan Mentalhealthline.com

Apakah kamu akhir-akhir ini merasa ingin lebih banyak tidur? Hal ini bisa menjadi salah satu tanda yang cukup signifikan bahwa kesehatan mentalmu sedang tidak baik-baik saja. Selain tidur lebih banyak, seseorang yang sedang memiliki masalah terhadap kesehatan mental juga bisa merasa susah tidur atau biasa disebut insomnia.

3. Merasa tidak ada energi untuk beraktivitas

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memerhatikan Kesehatan Mentalwomenshealthmag.com

Salah satu gejala depresi yang paling umum adalah seseorang merasa tidak ada energi untuk beraktivitas seperti biasa. Depresi adalah salah satu masalah kesehatan mental yang bisa dialami siapa saja akibat mengalami hal traumatis atau putus asa. Menurut Talkspace, merasa kehilangan energi saat mengalami depresi ini disebabkan oleh ketidakseimbangan dopamin dan serotonin dalam tubuh. Apabila kamu sudah merasa berhari-hari tidak memiliki tenaga untuk beraktivitas, ini adalah tanda kamu butuh bertemu dengan terapis atau psikolog.

4. Mudah lupa

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memerhatikan Kesehatan Mentalreuters.com

Dikutip dari Healthline, sebuah studi pada tahun 2016 membuktikan bahwa seseorang yang mengalami depresi mengalami penurunan daya ingat dan juga kemampuan memproses sesuatu akibatnya seorang yang mengalami depresi akan mudah lupa. Merasa mudah lupa beberapa waktu belakangan? Ini juga menjadi tanda bahwa kamu harus mulai memperhatikan kesehatan mentalmu, Bela.

5. Merasa tidak memiliki gairah bersosialisasi

5 Tanda Kamu Harus Lebih Memerhatikan Kesehatan Mentaltoday.com

Tanda yang paling terlihat seseorang struggle dengan kesehatan mentalnya adalah dimana ia mulai menarik diri dari pergaulan. Bukan tidak ingin berteman, hanya saja ada rasa enggan untuk bersosialisasi dengan orang terdekat. Merasakan hal ini atau ada teman yang tiba-tiba menarik diri dari pergaulan? Coba cari tahu akar permasalahannya terlebih dahulu ya, Bela agar kamu tidak segera menyimpulkan keadaan kamu.

Lima hal di atas memang tidak bisa jadi penentu tentang kesehatan mentalmu. Tapi, jika merasa sering mengalaminya, tidak ada salahnya untuk memeriksakan dirimu ke tenaga ahli untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Itu tadi 5 tanda bahwa kamu harus mulai lebih memperhatikan kesehatan mentalmu atau orang lain. Memang kesehatan mental bukan seperti penyakit yang bisa dilihat langsung gejalanya dari tanda-tanda fisik, tetapi ada beberapa tanda psikis yang signifikan bisa terlihat. Orang yang memiliki masalah kesehatan mental mungkin akan berubah 180 derajat dari biasanya, oleh karena itu, mulai sekarang yuk lebih peka terhadap diri sendiri dan orang terdekat!

Baca Juga: 4 Hormon Kebahagiaan dalam Tubuh yang Pengaruhi Kesehatan Mental

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Hollywood Terbaik yang Mengangkat Kesehatan Mental

Baca Juga: 7 Manfaat Journaling Bagi Kesehatan Mental