Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Artis Korea Ini Dikenal Rendah Hati Meski Kariernya Melejit

Nggak sombong walaupun sudah kaya raya

Niken Ari Prayitno

Tentu saat ini kita mengakui bahwa industri hiburan Korea Selatan begitu sukses. Baik serial drama, hingga lagu-lagu dari KPop Idol-nya, semua diterima dengan baik di dunia internasional.

Kesuksesan dunia hiburan Korea Selatan ternyata berbanding lurus dengan kesuksesan para artisnya. Mereka berhasil meraup pendapatan dengan jumlah fantastis dan memiliki banyak penggemar di seluruh dunia.

Meski terkenal, deretan selebriti ini tetap menjadi sosok yang rendah hati. Mereka tetap ramah kepada semua penggemarnya dan rajin berderma. Siapa saja artis tersebut?

1. IU

Kpopstarz.com

Saking baik hatinya, IU sampai mendapat julukan Nation's Sweetheart dari para penggemarnya. Julukan ini tak berlebihan karena IU memang benar-benar rendah hati, meskipun kini sudah sangat sukses.

Salah satu kebaikan IU yang masih terus diingat oleh penggemarnya adalah saat ia tidak memperpanjang kontrak dengan sebuah agensi. Alih-alih memperpanjang kontrak, IU malah meminta agensi tersebut menaikan gaji staf mereka yang selama ini sudah menemaninya.

Selain itu, kebaikan IU lainnya adalah ia sangat menghargai para penggemarnya. IU sadar, ia bukanlah siapa-siapa tanpa dukungan para penggemar di belakangnya. Untuk itu, IU berlatih keras untuk bisa selalu memberikan penampilan terbaik bagi penggemarnya.

2. Gong Yoo

Dok. Internet

Selanjutnya ada Gong Yoo. Aktor satu ini juga dikenal baik hati oleh para penggemarnya. Salah satu kebaikannya adalah mengadakan fan meeting yang seluruh keuntungannya disumbangkan untuk kebutuhan amal. 

Selain itu, Gong Yoo juga dikenal sebagai pembayar pajak yang taat. Tak heran, jika pemerintah Korea Selatan melalui National Tax Service (Layanan Pajak Nasional) sempat menunjuknya sebagai Duta Pajak. 

3. Park Bo Gum

Dok. Internet

Kisah tentang keluarga Park Bo Gum yang terlilit utang sampai ia harus melunasinya, mungkin sudah pernah kita dengar. Karena alasan itu pula, Park Bo Gum kini menjadi sosok artis yang rendah hati. Sebab, menurut pria kelahiran 16 Juni 1993 itu, ia sadar dari mana dirinya berasal. Jadi, sangat tidak pantas jika dia sombong karena keberhasilannya saat ini.

Tak heran, jika kini, Park Bo Gum dikenal sebagai artis yang rendah hati. Ia sangat menghargai penggemarnya yang sudah mendukungnya selama ini. Ungkapan ini ia sebutkan dalam sebuah fan meeting di bulan Januari 2017 lalu. Park Bo Gum mengucapkan terima kasih kepada para penggemarnya yang sudah datang ke acara tersebut meskipun cuaca sedang sangat dingin.

4. Park Seo Joon

Dok. Internet

Park Seo Joon dikenal sebagai aktor yang gemar beramal. Jumlah donasi yang ia berikan pun tak tanggung-tanggung, jumlahnya bisa jutaan won. Hal ini terungkap dari sebuah organisasi lingkungan, Hope Bridge, pada tahun 2019 lalu.

Organisasi tersebut menyebutkan bahwa mereka mendapatkan sumbangan senilai 100 juta won (atau sekitar Rp1,3 miliar) dari seseorang bernama Park Yong Gyu untuk mengatasi kebakaran hutan di Provinsi Gangwon. Setelah ditelusuri, ternyata sumbangan itu berasal dari Park Seo Joon.

Di masa pandemi ini pula, pria kelahiran 16 Desember 1988 itu memberikan sumbangan 100 juta won untuk mereka yang terdampak pandemi secara ekonomi.

5. Han Hyo Joo

Dok. Internet

Han Hyo Joo dikenal sebagai aktris yang ramah dan baik hati. Ia selalu memperlakukan staf dan kru selayaknya sahabat sendiri. Sehingga, banyak staf dan kru mengaku merasa nyaman jika berkerja bersama Han Hyo Joo.

Kebaikan hati Han Hyo Joo tak hanya itu. Pada September 2017 lalu, misalnya, Han Hyo Joo hadir ke sebuah acara penggalangan dana yang digelar oleh yayasan Green Umbrella dengan tema Childfund Angel Day Campaign. Bukan hanya hadir, Han Hyo Joo juga memberikan donasi sebesar 10 juta won (atau sekitar Rp119 juta) di acara tersebut.

6. Song Joong Ki

Soompi.com

Song Joong Ki juga dikenal sebagai aktor yang rendah hati. Kebaikannya diakui oleh kru, lawan mainnya dalam serial drama, hingga penggemarnya. Salah satu teman sesama artis yang pernah merasakan kebaikan Song Joong Ki adalah Park Bo Gum.

Saat itu, Park Bo Gum tidak memiliki cukup uang untuk mengganti ponsel tuanya. Song Joong Ki pun memberikan ponsel miliknya yang lebih baru, agar Park Bo Gum tidak kesulitan lagi berkomunikasi untuk masalah pekerjaan.

Selain itu, Song Joong Ki juga dikenal aktif menjadi donatur bagi yayasan yang fokus menangani kanker anak. Setiap tahunnya, Song Joong Ki mendonasikan 10 juta won untuk yayasan tersebut.

7. Lee Kwang Soo

Allkpop.com

Selanjutnya, ada Lee Kwang Soo. Aktor yang memutuskan mundur dari variety show Running Man pada tahun 2021 ini juga dikenal sebagai sosok yang baik hati. Ia dikenal sangat perhatian kepada seluruh pemain lainnya dan juga kepada kru Running Man. Maka dari itu, mundurnya Lee Kwang Soo dari acara tersebut membuat pemain dan kru merasa sangat kehilangan.

8. Jo In Sung

Dok. Internet

Kebaikan hati Jo In Sung semakin membuat kita jatuh cinta, nih. Pasalnya, pria kelahiran 28 Juli 1981 ini sangat dermawan dan tidak perlu berpikir dua kali untuk memberikan sebagian hartanya kepada mereka yang membutuhkan.

Pada tahun 2018, Milal Welfare Foundation menyebutkan bahwa Jo In Sung ikut berkontribusi memberikan donasi sebesar 500 juta won (atau sekitar Rp6,2 miliar) untuk pembangunan sekolah di Singida, Tanzania. 

9. Son Ye Jin

Soompi.com

Son Ye Jin dikenal sebagai aktris yang datang dari keluarga dengan ekonomi kelas atas. Meskipun kaya sejak sebelum menjadi aktris, namun Son Ye Jin dikenal sebagai sosok yang sederhana dan ramah.

Para kru dan pemain lainnya di sebuah proyek drama mengaku sangat senang bekerja dengan Son Ye Jin karena ia selalu perhatian, ramah dan tepat waktu.

10. Park Shin Hye

Soompi.com

Artis baik hati lainnya adalah Park Shin Hye. Perempuan kelahiran 18 Februari 1990 ini dikenal sebagai sosok yang dermawan. Kebaikan hati Park Shin Hye yang paling diingat oleh publik, khususnya di Korea Selatan, adalah saat ia turut memberikan sumbangan sebesar 50 juta won (atau sekitar Rp600 juta) saat tragedi Kapal Sewol di tahun 2014.

Itulah tadi daftar artis yang tetap rendah hati, meskipun sudah terkenal. Ada idola kamu nggaknih?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration