Song Joong-ki adalah salah satu aktor paling terkenal dan populer di Korea Selatan. Popularitasnya semakin meningkat sebagai hasil dari berbagai drama dan film yang ia bintangi. Perannya sebagai Vincenzo Cassano di serial drama Netflix, Vincenzo, semakin memikat khalayak internasional, terlebih secara berbarengan, ia juga sukses memandu pesawat luar angkasa di film Netflix, Space Sweepers.

Menjadi aktor populer sekaligus salah satu yang mendapatkan bayaran tertinggi di Korea Selatan, tidak dimulai secara instan. Sebagai penggemar baru atau lama, apakah kamu tahu 10 hal mengenai Song Joong-Ki berikut ini?

1. Siswa teladan

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kizula.sg

Lahir pada 19 September 1985, Song Joong-ki adalah siswa cerdas yang kerap mendapat nilai A di sekolah menengah, serta merupakan presiden badan siswa.

Dia memperoleh 380 dari 400 poin pada ujian masuk perguruan tinggi nasional dan lulus dari Universitas Sungkyunkwan pada tahun 2005, dengan gelar di bidang Administrasi Bisnis.

2. Debut di acara kuis

https://www.youtube.com/embed/vO9UYqVC0QI

Sebelum Song Joong-Ki bahkan memulai debutnya di film Frozen Flower di tahun 2008, dia adalah seorang tamu di acara Quiz Korea. Dia muncul di menit terakhir acara, menggantikan kontestan lain yang jatuh sakit pada saat itu. Dia mampu menunjukkan kekuatan intelektualnya dengan menempati posisi kedua, Bela!

3. Meraih ketenaran di tahun 2012 dan 2016

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kiyahoonews.com

Berkat drama sejarah Sungkyunkwan Scandal tahun 2010, orang Korea mulai mengenal Song Joong Ki dan dengan cepat jatuh cinta padanya. Tetapi baru pada tahun 2012 Song Joong Ki semakin disukai lewat A Werewolf Boy dan kemudian dapat naik ke status Hallyu (Korean Wave) setelah aksinya sebagai Kapten Yoo Shi-Jin di Descendants of the Sun pada tahun 2016.

Tahun itu, ia memenangkan Penghargaan Baeksang Awards untuk aktor paling populer dan juga mendapat Daesang di Penghargaan Drama KBS. 

4. Menulis buku bersama seorang Beauty Editor

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kisoompi.com

Pada tahun 2010, Song Joong-Ki dan editor kecantikan Hwang Min-Young menulis sebuah buku bersama berjudul “Beautiful Skin Project for Men”, larena Song Joong-Ki dikenal memiliki kulit yang mulus. Orang-orang sangat ingin mengetahui rahasia dan cara perawatan kulitnya, sehingga buku itu masuk dalam daftar buku terlaris nomor satu, saat itu. 

5. Pernah bernyanyi untuk soundtrack

https://www.youtube.com/embed/h6oKRP7hhlk

Pada tahun 2012, Song Joong-Ki membintangi melodrama The Innocent Man sebagai bad boy bernama Kang Ma Ru. Serial ini sukses besar pada saat itu. Namun, yang membuat drama ini terasa spesial adalah dia menyanyikan lagu soundtrack untuk drama tersebut.

6. Mantan atlet speed skating yang ikut pameran

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kiscmp.com

Pernah berpartisipasi dalam pameran "Art of Daily Life: Object" di tahun 2018, Song Joong-Ki memamerkan sepatu skate miliknya ketika masih menjadi atlet speed skating untuk Kota Daejeon. Di situ ia menjelaskan ketika cedera membuatnya terpaksa menghentikan mimpinya sebagai atlet, justru ada mimpi baru yang tercipta. Namun, masa lalu tetap menjadi kenangan yang indah. Psst, toh, kemampuannya dalam skating masih bisa diperlihatkan di salah satu episode Vincenzo, bukan?

7. Populer juga di kampus

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kisoompi.com

Dengan wajah imut Song Joong-Ki, mustahil untuk tidak mendengar tentang dia saat menjadi mahasiswa. Dia berada di sampul majalah perguruan tinggi. Turut disebutkan pula dalam sebuah wawancara, bahwa dia tidak pernah berkencan saat masih kuliah.

8. Bersahabat dengan Lee Kwang-Soo

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kisoompi.com

Lee Kwang-Soo adalah teman yang selalu disebutkan Song Joong-Ki dalam wawancaranya. Dia bahkan mengatakan bahwa ketika Lee Kwang-Soo mengunjunginya di militer, itu memberinya energi dan kekuatan paling besar. Dia juga sering menginap di rumahnya dan bahkan Lee Kwang-Soo adalah satu-satunya teman selebriti "Running Man" yang pernah berkunjung ke rumah Song Joong-Ki.

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kisoompi.com

Ketika Song Joong-ki tengah syuting untuk Descendant of the Sun, ia mengirim pesan kepada Kwang-soo. Joong-ki menulis, "Joong-ki Kwang-soo (Asia Prince)" di bebatuan dengan spidol permanen. Foto yang ebrada id pantai Navagio atau Shipwreck Island, di tepian Pulau Zakynthos, Yunani ini pun, menjadi viral. Bromance ini seperti mengalahkan hubungan Song Joong-Ki dengan Song Hye-Kyo ya, Bela!

9. Tidak memegang akun sosial media pribadi

Kamu mungkin follow akun Instagram bintang ini, namun Joong-Ki sebenarnya tidak mengelolanya secara langsung, Bela. Untungnya, perusahaan barunya HiSTORY telah aktif mengelola akun media sosialnya dan telah mengunggah banyak video di saluran YouTube mereka.

Song Joong-Ki mengatakan bahwa dia tidak terlalu paham teknologi. Dalam sebuah wawancara, dia ditanya bagaimana para penggemarnya dapat menghubunginya di media sosial. dia berkata, cukup tinggalkan pesan atau pertanyaan di akun Lee Kwang-Soo. 

10. Sosok yang membumi dan dermawan

10 Hal yang Mungkin Kamu Tak Ketahui Mengenai Song Joong-Kien.yibada.com

Joong-Ki telah menjadi selebritas advokat untuk anak-anak yang terkena kanker sejak 2011. Hal ini baru diketahui pada awal Maret 2016 melalui pengumuman yang dibuat oleh Korea Childhood Leukemia Foundation (KCLF) di blog resmi mereka. 

Dirinya juga kerap memberikan dukungan untuk bantuan kemanusiaan. Salah satunya pada tahun 2015, selama dinas militernya, ia menyumbangkan 100 juta won kepada Komite UNICEF Korea, untuk membantu anak-anak dan korban gempa Nepal April 2015. Daftar donasi yang dilakukan Song Joong-Ki begitu panjang selama hidupnya, Bela. Terakhir, ia telah mendonasikan 100 juta won untuk pencegahan dna penanganan COVID-19.

Inspiratif sekali perjalanan karier aktor Song Joong-Ki ya, Bela. Bikin kamu makin jatuh cinta, nggak, sih?

Baca Juga: Bikin Haru, Ini Aksi Mulia Song Joong Ki buat Penyandang Disabilitas

Baca Juga: Dijamin Ngakak! 10 Momen Kocak 'Vincenzo' Ini Bikin Fans Terhibur

Baca Juga: 7 Fakta 'Space Sweepers': di Balik Kemegahan Visualisasi Angkasa