Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Agar Optimal, Lakukan 4 Cara Ini untuk Menanam Wortel di Rumah

Simak tips berikut, ya!

Natasha Cecilia Anandita

Siapa yang suka makan wortel? Sayuran yang kaya akan vitamin A ini memang enak dijadikan jus maupun diolah menjadi makanan. Bagi kamu yang suka dengan wortel dan ingin menanamnya di rumah, berikut ada cara menanam wortel yang baik dan benar agar wortelmu dapat tumbuh dengan optimal.

Perhatikan hal berikut:

1. Tanah

canva.com

Wortel dapat tumbuh di atas tanah aluvial, andosol, latosol, maupun regosol. Jenis tanah tersebut dapat dijumpai di dataran tinggi. Kemudian, tingkat keasaman tanah yang dibutuhkan adalah sekitar 5,5-6,5 pH.

2. Suhu

pexels.com/@thiszun

Proses metabolisme wortel sangat dipengaruhi oleh suhu. Agar tanaman wortel bisa berkembang secara optimal, kamu harus menanam wortel di lahan dengan suhu 15,6-21,1 C.

3. Curah hujan

pexels.com/hilaryhalliwell

Wilayah yang memiliki iklim basah dengan durasi kering hanya 1,5 bulan sampai 3 bulan dalam 1 tahun merupakan wilayah terbaik untuk membudidayakan wortel. Menanam wortel bisa juga dilakukan di iklim yang agak basah dengan durasi kering hanya 3-4,5 bulan dalam 1 tahun.

4. Kelembapan udara

pexels.com/annashvets

Kelembaban udara yang disarankan untuk menanam wortel berada di kisaran 80-90%.

5. Cahaya matahari

pexels.com/skitterphoto

Cahaya matahari juga berperan penting dalam pertumbuhan wortel yang optimal. Usahakan wortel mendapatkan cahaya matahari selama 9 hingga 10 jam setiap harinya, ya, Bela.

Cara menanam wortel yang baik dan benar:

1. Pilihlah bibit yang berkualitas

pexels.com/iconcom

Bibit yang berkualitas bisa didapatkan dengan dua cara, yaitu membelinya langsung dari toko pertanian atau membuatnya sendiri dari indukan yang berkualitas unggul. Jika kamu membeli bibit, pastikan bibit tersebut merupakan bibit unggul dan tahan dari penyakit maupun hama. Namun, jika kamu ingin membuatnya sendiri, perhatikan langkah-langkah berikut ya:

  • Pilih wortel yang berkualitas
  • Potong 1/3 ujung umbi wortel
  • Pangkas daun dan sisakan 10 cm saja
  • Persiapkan bedeng
  • Pada permukaan wortel berikan pupuk Trichoderma, air, serta ZPT organik satu kali setiap 2 minggu
  • Siram tanaman pada waktu sore
  • Bunga biasanya muncul dalam 1 bulan. Kemudian, 2 minggu setelahnya bunga akan mulai mekar
  • Bunga dengan warna kecoklatan merupakan tanda siap tanaman untuk dipanen

2. Teknik pembenihan

pexel.com/malimaede

Cara selanjutnya adalah pembenihan wortel. Rendam bibit wortel dengan pupuk cair organik selama 30 menit sebelum ditanam. Perendaman ini ditujukan supaya bibit wortel dapat tumbuh lebih cepat, tidak mudah kena penyakit dan pertumbuhan wortel menjadi lebih seragam. Kemudian, pupuk organik yang dipakai harus mengandung antibiotik alami yang berfungsi untuk melawan hama tanaman.

3. Persiapkan media tanam

pexel.com/BinyaminMellish

Dalam proses ini, pertama kamu perlu memilih media tanah yang gembur agar proses pembajakannya dilakukan dengan kedalaman kurang lebih 40 cm. Segera taburkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang akan digunakan sebagai media tanam wortel. Langkah selanjutnya, kamu perlu membuat bedeng dengan lebar sebesar 100 cm dan tinggi sebesar 20-30 cm. Lalu, berikan jarak antar bedengan sekitar 40-50cm.

4. Proses penanaman

canva.com

Setelah semua langkah telah di atas telah dilakukan, proses berikutnya adalah penanaman. Untuk menghasilkan wortel yang maksimal ikuti langkah berikut:

  • Tanam bibit wortel yang sudah dipersiapkan sebelumnya di area bedeng
  • Tutup dengan pupuk kompos dengan ketinggian 0,5-1 cm
  • Untuk mencegah larikan tergenang air saat hujan tiba, kamu bisa gunakan daun pisang atau daun berukuran lebar yang bisa ditemui di sekitar lokasi penanaman
  • Selalu jaga kelembapan tanah dengan rutin dengan melakukan penyiraman

Bagaimana? Apakah kamu siap mengerjakannya, Bela? Itu dia cara menanam wortel yang baik dan benar di rumah agar wortelmu tumbuh optimal. Selamat bercocok tanam.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration