Salah satu bahan di dapur yang kaya akan manfaat adalah bawang merah. Selain berfungsi sebagai bumbu dapur dan salah satu penyedap rasa, bawang merah juga memiliki segudang manfaat lain. Mulai dari mengurangi batuk, hingga menghangatkan tubuh dengan cara dibalurkan.

Menjadi salah satu bumbu yang selalu dibutuhkan sehari-hari, tak ada salahnya untuk mencoba menanam bawang merah sendiri di rumah. Selain bisa menghemat pengeluaran saat panen nanti, merawat tanaman bawang merah juga bisa mengurangi stres saat di rumah.

Bagaimana cara menanam bawang merah di rumah? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Super Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Merah di Rumahfreepik.com

Untuk menanam bawang merah di rumah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan dan alat yang harus kamu siapkan adalah sebagai berikut.

  1. Pot
  2. Media tanam
  3. Tanah
  4. Bibit bawang merah

Tidak sulit, kok, mencari bibit bawang merah. Kamu hanya perlu mencari bawang merah di dapur yang bentuknya paling bagus dan mulus. Ambil dua sampai tiga butir untuk permulaan, ya.

Cara menanam bawang merah

Super Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Merah di RumahUnsplash.com/Mufid Majnun

Setelah semua bahan sudah tersedia, yuk, kita mulai menanam bawang merah di rumah. Caranya bisa kamu perhatikan di langkah-langkah berikut ini.

  • Campur media tanam dengan tanah. Kemudian, masukkan ke dalam pot setinggi 3/4-nya saja.
  • Ambil bawang yang sudah kamu siapkan. Ingat, pilih bawang yang mulus dan bagus. Jangan gunakan bawang yang memiliki bercak hitam. Sebab, bercak hitam ini bisa menimbulkan penyakit pada tanaman bawang nantinya.
  • Setelah itu, potong bagian ujung bawang sampai terlihat daging bawangnya.
  • Letakan bawang di dalam pot, lalu timbun dengan campuran tanah dan media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Jangan terlalu memadatkan tanah dan biarkan tetap berongga agar sirkulasi air dan udara selalu lancar.
  • Siram secara rutin tanaman tersebut setiap pagi dan sore hari. Akan lebih baik menyiramnya menggunakan semprotan agar tidak merusak bibit.

Merawat tanaman bawang merah

Super Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

Setelah ditanam, pastikan kamu merawatnya dengan baik, ya, Bela. Siram secara rutin setiap pagi dan sore hari. Namun, jangan terlalu banyak air saat menyiramnya. Sebab, air yang terlalu banyak akan membuat bawang menjadi busuk. Letakan pot di tempat yang terkena sinar matahari agar bawang tumbuh optimal.

Kamu bisa memanen bawang setelah tanaman berusia 60-90 hari. Biasanya tanaman yang siap dipanen akan terlihat menyembul di bagian tanahnya atau ada salah satu daunnya yang layu mengering.

Bagaimana, Bela, tidak sulit bukan cara menanam bawang Merah di rumah. Kamu bisa mencobanya untuk mengisi waktu luang. Selamat mencoba!

Baca Juga: Yuk, Belajar Menanam & Merawat Hidroponik dengan Metode Sederhana Ini

Baca Juga: 3 Cara Merawat Tanaman Hias agar Tetap Cantik dan Sehat

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tanaman Berdaun Hitam yang Indah nan Eksotis Dipelihara