Harga Cabai Melonjak, Ini 5 Cara Mudah Menanam Cabai di Rumah

Apalagi kalau hujan yang menyebabkan banjir dan gagal panen

Harga Cabai Melonjak, Ini 5 Cara Mudah Menanam Cabai di Rumah

Populer di Asia Tenggara, cabai digolongkan sebagai sayuran yang berfungsi sebagai penguat rasa pada makanan. Di pasaran, harga cabai seringkali naik dan turun di saat tak terduga. Kalau harganya sudah melambung tinggi, pastinya kita harus berpikir dua kali untuk memasukannya dalam keranjang belanja, ya. 

Untuk mengatasinya, bagaimana kalau coba menanam cabe di rumah? Selain menghemat uang belanja sayuran, kualitas cabai hasil panen sendiri tentunya terjamin kualitas dan kesegarannya. 

Anti ribet, berikut Popbela rangkum cara menanam cabe di rumah sendiri dengan mudah!

1.Pisahkan biji cabe

Langkah pertama menanam cabe yang pertama adalah memisahkan biji cabai dari buahnya. Kamu bisa memilih biji dari bagai jenis cabe yang ingin ditanam. Untuk mendapatkan bijinya, belah bagian dalam cabai. Kemudian, ambil bijinya dan keringkan di bawah sinar matahari. 

2. Siapkan polybag untuk menyemai biji cabe

Bukan langsung disemai di atas tanah luas atau pot, biji cabai pertama kali disemai di dalam polybag. Kalau belum tahu, polybag adalah kantong plastik dengan lubang-lubang kecil yang biasa digunakan untuk menyemai bibit tanaman. 

Sebelum menyemainya, siapkan tanah dan pupuk dengan perbandingan 3:1 dan masukkan dalam polybag. Diamkan selama satu minggu, ditempat yang terlindung sinar matahari dan air. Setelah itu, siapkan biji cabai dengan merendamnya selama tiga jam di air hangat. Jika sudah, masukkan biji ke dalam polybag sedalam 1 cm. Jika benih sudah berkecambah, letakan polybag di bawah sinar matahari. 

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here