Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ini 8 Makna Mimpi Paling Umum Berdasar Kata Ahli Psikologi

Bukan mitos tapi ilmiah

Natasha Cecilia Anandita

Berbicara tentang makna mimpi, banyak dari kita berpikir tentang mitos-mitos di dalamnya. Seperti mitos yang populer ini; jika kita mimpi gigi kita copot maka katanya akan ada seseorang yang meninggal. Hmm, serem juga, ya. Namun sebenarnya hal itu mitos atau fakta?

Dalam dunia sains, terdapat beberapa teori yang menjelaskan arti mimpi. Seperti Freud yang berteori bahwa mimpi menyimpan pesan yang tersembunyi di balik alam bawah sadar manusia. Wallace dan Russell Grant yakin bahwa mimpi merupakan simbolisasi dari peristiwa tertentu yang kita alami. Bahkan beberapa penelitian saling bersinggungan, contohnya beberapa penelitan di era 1980-an menganggap bahwa mimpi tak lain, sebuah proses yang terjadi di otak untuk “membersihkan” memori-memori yang tidak diperlukan. Sementara itu, penelitian lain justru beranggapan bahwa mimpi membantu proses daya ingat dan pembelajaran di otak.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada arti mimpi paling umum berdasarkan kata ahli psikologi.

1. Mimpi gigi copot

sehatq.com

Mimpi ini paling klasik dan semua orang mungkin pernah mengalaminya. Namun arti dari mimpi ini menurut Wallace adalah seseorang yang mengimpikannya sedang mengalami sesuatu yang membuat dia kehilangan rasa percaya diri. Sementara Grant memiliki pendapat bahwa mimpi gigi copot menandakan pertanda buruk karena mewakili sebuah hubungan yang terputus.

2. Mimpi terjatuh

pexels.com/timgrundtner

Menurut Wallace, mimpi ini menandakan bahwa kamu sedang terlalu serius dan menaruh terlalu banyak perhatian terhadap suatu hal. Jadi, disarankan supaya bisa lebih rileks dan santai. Sementara menurut ahli lain, Lauri Loewenberg, mimpi terjatuh umumnya dialami oleh mereka yang sedang dalam tekanan atau masalah sehingga secara tak langsung memengaruhi alam bawah sadar untuk terus waspada.

3. Mimpi menaiki kendaraan yang sulit dikendalikan

giphy.com

Beberapa di antara kalian mungkin ada yang pernah mimpi sedang mengemudikan kendaraan, namun kendaraan tersebut tidak dapat dihentikan dan membuatmu panik. Melansir dari Business Insider, mimpi ini diartikan Wallace sebagai sebuah kesulitan dalam menjaga konsistensi atau memegang kendali terhadap sesuatu. Jika kamu mengalaminya, kamu disarankan untuk lebih tenang dan mengikuti instingmu dalam meraih sesuatu.

4. Mimpi sekarat atau meninggal

pixabay.com

Kedengarannya memang seram, ya, tapi maknanya tak seseram itu, kok. Menurut Grant, arti mimpi meninggal secara tak langsung menyimpan pesan bahwa kamu akan menghadapi awal yang baru dalam suatu situasi. Sementara menurut Lauren Lawrence, mimpi menerjemahkan keinginan terpendammu untuk lepas dari suatu keadaan, bisa berupa hubungan asmara, pekerjaan, atau yang lainnya.

5. Mimpi terbang

buildingbeautifulsoul.com

Wallace mengartikan mimpi ini sebagai suatu keberhasilan. Jika kamu mengalami mimpi ini, bisa saja kamu sehabis menyelesaikan suatu masalah atau pekerjaan dan sukses melaluinya tanpa kamu sadari.

6. Mimpi telanjang di depan umum

pexels.com/pixabay

Mimpi ini memang terasa aneh dan membuat malu. Beberapa ilmuwan sepakat mengartikan mimpi ini sebagai gambaran rasa gugup yang lagi kamu alami. Hasil penelitian Wallace juga menunjukkan bahwa rata-rata orang yang mengalami mimpi ini baru saja memperoleh pekerjaan, naik jabatan, atau akan berhadapan dengan banyak orang yang bikin mereka gugup.

7. Mimpi pasanganmu selingkuh

shutterstock.com

Jika kamu mimpi pasanganmu selingkuh, jangan gelisah dan marahi pasanganmu, ya. Karena bukan berarti ia benar selingkuh. Ahli Loewenberg dan Lawrence, berpendapat jika kamu mengalami mimpi semacam ini, bisa saja karena kamu dan pasanganmu kurang menghabiskan banyak waktu bersama. Bisa juga karena hubungan kalian tidak memiliki rasa percaya yang kuat terhadap satu sama lain. Nah, oleh karna itu, coba evaluasi lagi bagaimana hubunganmu dengan pasangan dan lakukan hal-hal yang membuat kalian semakin dekat.

8. Mimpi dikejar

giphy.com

Menurut Wallace, mimpi ini bermakna sebagai suatu masalah atau rintangan yang dialami seseorang, namun orang tersebut tidak tahu cara menghadapinya. Maka itu, kamu disarankan untuk tak ragu menghadapinya karena bisa saja hal tersebut memberikan peluang untuk membantumu mengejar ambisimu.

Itu dia 8 arti mimpi paling umum berdasarkan penuturan Ahli Psikologi. Kalian pernah mimpi yang mana saja nih, Bela? Jangan lupa share ke teman-teman yang lain, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration