Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Zikir Setelah Salat Tahajud Arab, Latin, dan Artinya

Amalan menjadi lebih sempurna

Nafi' Khoiriyah

Ibadah sunah yang sangat dianjurkan untuk diamalkan pada sepertiga malam adalah salat tahajud. Nabi Muhammad SAW selalu menunaikan salat ini sebagai ibadah yang utama setelah salat lima waktu. 

Waktu sepertiga malam merupakan waktu mustajabnya doa. Oleh karena itu, setelah menunaikan salat tahajud, kita dianjurkan untuk melengkapinya dengan berzikir. Sebab, mengamalkan zikir juga akan mendatangkan banyak manfaat. 

Oleh karena itu, Popbela.com merangkum bacaan zikir setelah salat tahajud Arab, latin, dan artinya serta doa yang menyertainya. Selengkapnya, simak ulasan ini ya!

1. Perintah salat tahajud

pexels.com/Alena Darmel

Sebelum masuk dalam pembahasan zikir setelah salat tahajud Arab, latin, dan artinya, kamu perlu mengetahui bahwa salat ini sangat dianjurkan untuk ditunaikan. Perintah untuk menunaikan salat sunah ini terdapat dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 79 berikut ini. 

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Wa minal-laili fa tahajjad bihii naafilatal laka 'asaa ay yab'asaka rabbuka maqaamam mahmudaa

Artinya: "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Adapun tata cara salat tahajud adalah sebagaimana salat sunah lainnya. Para ulama menyepakati bahwa jumlah rakaat salat ini paling sedikit adalah 2 rakaat. Sedangkan jumlah rakaat paling banyak ialah 8 rakaat menurut Mazhab Hanafi dan 10 atau 12 rakaat menurut Mazhab Maliki. 

2. Bacaan zikir setelah salat tahajud

unsplash.com/GR Stocks

Setelah menunaikan salat tahajud, bacaan zikir seusai salat ini bisa menjadi pelengkap ibadah sunah ini. Berikut adalah bacaan zikir setelah sholat tahajud Arab, latin, dan artinya. 

  1. Membaca tasbih, tahmid, dan takbir

    ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠﻪِ ‏( x33 ‏) ، ﺍَﻟَْﺤَﻤْﺪَُ ﺍﻟﻠَّﻪَ ‏( x33 ‏) ، ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﻛْﺒَﺮُ ‏( x33 ‏)

    Subhanallah (33x), Alhamdulillah (33x), Allahu Akbar (33x)

    Artinya: Maha suci Allah (33 kali), segala puji bagi Allah (33 kali), Allah Maha Besar (33 kali).

  2. Membaca istighfar

    أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

    Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atûbu ilaih.

    Artinya: "Aku memohon kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri dan aku bertobat kepada-Nya."

  3. Membaca zikir kedua 

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, a’uzubika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfiru zunuba illa Anta.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menepati perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

3. Bacaan doa lainnya setelah salat tahajud

Pexels.com/RODNAE Productions

Selain zikir di atas, kamu bisa membaca doa salat tahajud berikut. Doa salat tahajud ini selalu menyertai salat tahajud Rasulullah SAW. Di dalamnya, doa ini berisi pujian, pengakuan, serta permohonan ampunan kepada Allah SWT. 

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

4. Manfaat zikir setelah salat tahajud

Pexels.com/Thridman

Adapun manfaat zikir setelah salat tahajud Arab, latin, dan artinya sama seperti zikir lainnya. Zikir merupakan bentuk syukur kepada Allah SWT yang memiliki banyak manfaat berikut ini. 

  1. Mendatangkan pertolongan Allah SWT 
    Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 152 yang artinya adalah berikut ini.
    “Maka ingatlah kalian kepada-Ku, niscaya Aku pun akan mengingat kalian.” (QS. al-Baqarah: 152).
  2. Mendatangkan ampunan dan pahala
    Dalam Al-Quran surat Al-Ahzab ayat 35, Allah mengatakan bahwa orang yang banyak berzikir akan disediakan ampunan dan pahala.
    "Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS. al-Ahzab: 35).
  3. Memberikan ketenteraman jiwa
    Hal ini seperti yang difirmankan Allah SWT dalam Al-Quran surat Ar-Ra'd ayat 28. 
    “Ingatlah, dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tentram.” (QS. ar-Ra’d: 28).
  4. Menjauhkan dari perangkap setan
    Kemudian, berzikir juga akan menjauhkan kita dari perangkap setan. Seperti firman Allah SWT dalam Al-Quran berikut ini.
    “Barangsiapa yang berpaling dari mengingat ar-Rahman maka akan Kami jadikan setan sebagai pendamping yang selalu menemaninya.” (QS. az-Zukhruf: 36).

5. Keutamaan salat tahajud

pexels.com/RODNAE Production

Selain manfaat bacaan zikir setelah salat tahajud Arab, latin, dan artinya, salat tahajud juga memiliki banyak keutamaan. 

  1. Diangkat derajatnya oleh Allah SWT
    Seperti yang sudah difirmankan Allah SWT dalam Al-Quran,
    "Dan pada sebagian malam hari salat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra: 79).
  2. Mendapat kemuliaan dari Allah SWT
    Nabi Muhammad SAW bersabda:
    "Jibril mendatangiku dan berkata, Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah salat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain." (HR. Al Baihaqi).
  3. Dikabulkan doa-doanya
    Rasulullah SAW bersabda:
    "Rabb kita Tabaraka wa Taala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya." (HR. Bukhari).
  4. Dimudahkan masuk surga
    Rasulullah SAW menyampaikan pada Abdullah Ibnu Muslim mengenai keistimewaan salat tahajud.
    "Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, dan bagikanlah makanan serta sambunglah silaturahmi, dan tegakkan lah salat malam saat manusia yang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).
  5. Dihapuskan dosa-dosanya
    "Biasakanlah dirimu untuk salat malam karena hal itu tradisi orang-orang saleh sebelummu, mendekatkan diri kepada Allah, menghapus dosa, menolak penyakit, dan pencegah dari dosa." (HR. Ahmad).

Itulah bacaan zikir setelah salat tahajud Arab, latin, dan artinya. Kamu bisa membacanya setelah menunaikan salat ini di sepertiga malam. Semoga ulasan di atas memberikan manfaat untuk kita semua, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration