Doa Setelah Salat Istikharah Arab, Latin, dan Artinya

Meminta petunjuk pada Allah SWT

Doa Setelah Salat Istikharah Arab, Latin, dan Artinya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Dalam hidup, ada kalanya kita dihadapkan pada beberapa pilihan yang harus diambil. Sebagai seorang muslim, salat istikharah menjadi salah satu cara untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT agar diberikan pilihan yang terbaik. 

Salat istikharah adalah salat sunah yang dilakukan oleh umat muslim untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT karena bingung dengan pilihan dan merasa ragu saat memutuskan sesuatu. 

Salat ini biasanya dilakukan di sepertiga malam dengan jumlah 2 rakaat. Perbedaan salat ini dengan salat sunah lainnya adalah adanya bacaan doa setelah salat.

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut doa setelah salat istikharah Arab, latin, dan artinya lengkap.

1. Apa itu salat istikharah?

Sebelum masuk mengenai pembahasan doa setelah salat istikharah Arab, latin, dan artinya, kamu perlu mengetahui lebih lanjut mengenai salat sunah ini. 

Sebagai makhluk ciptaan Allah SWT, manusia memerlukan pertolongan-Nya dalam setiap urusan. Sebab, kita tidak mengetahui perkara yang baik dan buruk di masa yang akan datang. 

Namun, Allah Ta'ala yang menentukan segala sesuatu di dunia ini. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan kepada umatnya untuk selalu memohon pertolongan-Nya. 

Salah satu cara untuk memohon pertolongan-Nya adalah melalui salat, seperti firman Allah SWT dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayat 153 berikut ini. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ – البقرة

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar” [QS. al-Baqarah: 153].

Sebelum datangnya Islam, masyarakat jahiliyah melakukan 'istikharah' atau 'menentukan pilihan' dengan 'azlam' atau 'undian'. Namun setelah Islam datang, cara semacam itu tidak dibenarkan dan menggantikannya dengan salat istikharah. 

Salat istikharah adalah salat sunah yang dikerjakan ketika seseorang hendak memohon petunjuk kepada Allah SWT untuk menentukan keputusan yang terbaik saat dihadapkan pada beberapa pilihan. 

2. Hukum salat istikharah

Adapun tuntunan salat istikharah didasarkan pada hadis sahih yang bersumber dari sahabat Jabir bin ‘Abdillah r.a. Dia berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah SAW mengajari kami salat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapi, sebagaimana Beliau mengajarkan kami suatu surat dari Al-Quran. Beliau berkata: “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah salat dua rakaat yang bukan salat wajib, kemudian berdoalah…”. [HR. al-Bukhari].

Namun, para ulama sepakat bahwa salat ini bukan merupakan amalan wajib, melainkan sunah. Hal itu didasarkan pada sabda Nabi Muhammad SAW di atas yang berbunyi “maka lakukanlah salat dua rakaat yang bukan salat wajib”.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here