Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Ikhtiar Adalah Upaya Sungguh-Sungguh, Ini Dalil dan Contohnya

Berusaha dengan sungguh-sungguh

Nafi' Khoiriyah

Dalam hidup, manusia perlu berusaha untuk mencapai mimpi-mimpinya. Mulai dari belajar sampai bekerja, semuanya memerlukan usaha yang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Dalam agama Islam, usaha itu disebut dengan ikhtiar. 

Ikhtiar adalah usaha sungguh-sungguh yang dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan. Artinya, orang yang berikhtiar tidak berdiam diri dan menunggu uluran tangan dari orang lain saja. 

Supaya kamu bisa memahami lebih jauh tentang ikhtiar, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Pengertian ikhtiar

pexels.com/Denniz Futalan

Ikhtiar adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab ikhtara-yakhtaru yang artinya memilih. Maknanya, ikhtiar merupakan usaha sungguh-sungguh seorang manusia untuk memperoleh apa yang menjadi tujuannya. 

Meskipun terkadang apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang direncanakan, tetapi seorang hamba yang berikhtiar tidak hanya berdiam diri dan berpangku tangan saja. Sebab, semua ketetapan yang ada di dunia merupakan kehendak dari Allah SWT. 

2. Tuntunan berikhtiar

pexels.com/Sora Shimazaki

Kewajiban untuk berikhtiar telah difirmankan Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra'd ayat 11.

...إِنَّ ٱللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا۟ مَا بِأَنفُسِهِمْ...

innallāha lā yugayyiru mā biqaumin hattā yugayyiru mā bi`anfusihim

Artinya: "Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri."(QS. Ar-Ra'd:11)

Ayat tersebut menjelaskan apabila seseorang yang menghendaki sesuatu, baik itu rezeki, kesehatan, dan lain sebagainya maka harus dilakukan dengan usaha yang nyata. Hal itulah yang kemudian disebut sebagai ikhtiar. 

Selain itu, dalam Al-Qur'an surat Al-Jumu'ah ayat 10, Allah SWT juga memerintahkan hambanya untuk berikhtiar di muka bumi.

فَإِذَا قُضِيَتِ ٱلصَّلَوٰةُ فَٱنتَشِرُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ وَٱبْتَغُوا۟ مِن فَضْلِ ٱللَّهِ وَٱذْكُرُوا۟ ٱللَّهَ كَثِيرًۭا لَّعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Fa iaā qudiyatis-salātu fantasyiru fil-ardhi wabtaguu min fadhlillāhi wazkurullāha katsīral la'allakum tuflihuun

Artinya: “Apabila telah ditunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”(QS. Al-Jumu’ah:10)

Ayat yang selanjutnya ini memerintahkan dengan tegas supaya manusia berikhtiar untuk mencari rezeki dan mendapatkan karunia Allah SWT. Jadi, tidak ada alasan untuk berdiam diri dan menuntut semuanya dari Allah SWT. 

3. Macam-macam ikhtiar

pexels.com/George Milton

Ikhtiar adalah satu perbuatan yang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Berikut adalah macam-macam ikhtiar yang bisa kamu lakukan. 

1. Bekerja keras 

Untuk mencapai tujuan, seseorang perlu memanfaatkan fisik yang telah dianugerahkan Allah SWT untuk bekerja keras. Kerja keras yang dimaksud adalah memaksimalkan potensi dirinya untuk mencapai kesuksesan baik di dunia ataupun di akhirat. 

2. Rajin belajar

Selain mengandalkan kemampuan fisik untuk bekerja keras, kemampuan berpikir yang dimiliki manusia juga perlu dimaksimalkan sebagai bentuk ikhtiar. Kemampuan berpikir tersebut bisa diwujudkan saat menuntut ilmu di sekolah maupun menggunakan pikirannya untuk menanggapi permasalahan yang terjadi. 

3. Pantang menyerah 

Setelah belajar dan bekerja, pribadi yang berikhtiar akan pantang menyerah saat melewati banyak rintangan bahkan kegagalan. Sebab, Allah SWT yang Maha Memberi Keputusan. Sementara kita sebagai hambanya tidak boleh berputus asa karena merupakan salah satu bentuk kekufuran. 

4. Tanggung jawab 

Apabila ikhtiar yang dilakukan berdasarkan pada perintah Allah SWT, maka sikap tanggung jawab tentu akan muncul. Tanggung jawab yang dimaksud adalah melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sadar dan baik. 

4. Manfaat ikhtiar

unsplash.com/Marten Bjork

Ikhtiar sangat penting dalam kehidupan karena menjadi satu hal yang selalu melandasi perbuatan. Dengan ikhtiar, akan ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan.

Pertama, ikhtiar bisa menjauhkan kita dari rasa malas dan berkeluh kesah. Sebab, kita akan terus berusaha untuk mencapai apa yang menjadi tujuan kita dan meyakini bahwa hasil yang kamu dapatkan adalah ketetapan dari Allah SWT. 

Selain itu, ikhtiar juga menumbuhkan harapan. Dengan banyaknya harapan, maka hidup menjadi lebih bermakna. Keimanan pun akan makin meningkat dengan keyakinan akan pertolongan Allah SWT pada hamba-Nya yang berusaha. 

5. Tawakkal

pexels.com/Pixabay

Jika ikhtiar adalah usaha dengan sungguh-sungguh, maka selanjutnya kamu bisa bertawakal. Tawakkal merupakan perbuatan menyerahkan segala ikhtiar yang sudah dilakukan dan mengikhlaskan semuanya kepada keputusan Allah SWT.

Dengan begitu, apa pun yang didapatkan baik itu sesuai harapan maupun tidak, bisa diterima dengan lapang dada. Ikhtiar, doa, dan tawakkal merupakan tiga kesatuan yang saling berkaitan. 

Seseorang perlu untuk berdoa agar mendapatkan petunjuk. Namun, doa juga perlu dibersamai dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh. Setelah ikhtiar dilakukan dengan maksimal, maka sebagai manusia kita perlu bertawakkal atas hasil akhir yang diterima.  

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ikhtiar adalah usaha sungguh-sungguh seorang manusia untuk mencapai keberhasilan. Sebagai seorang hamba, kita tidak boleh hanya berdiam diri dan berpangku tangan saja. Semoga ikhtiar kita semua mendapat ridha dari Allah SWT. Aamiin. 

IDN Media Channels

Latest from Inspiration