Doa Setelah Salat Subuh Arab, Latin, dan Artinya Lengkap

Agar diampuni dosa-dosa kita

Doa Setelah Salat Subuh Arab, Latin, dan Artinya Lengkap

Waktu setelah salat merupakan saat yang paling baik untuk melantunkan wirid, zikir, dan doa. Seperti ajaran Rasulullah SAW, beliau tidak pernah melewatkan untuk membacanya setiap kali selesai salat fardu. 

Salah satu waktu salat yang sangat dianjurkan untuk mengingat Allah SWT adalah saat setelah salat subuh dan maghrib. Ada berbagai rangkaian wirid, zikir, dan doa yang bisa kamu baca pada waktu tersebut.

Berikut adalah rangkaian doa setelah salat subuh Arab, latin, dan artinya yang telah dirangkum Popbela.com.

1. Perintah zikir dan doa setelah salat

Doa Setelah Salat Subuh Arab, Latin, dan Artinya Lengkap

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai doa setelah salat subuh Arab, latin, dan artinya, terlebih dahulu perlu kamu ketahui mengenai anjuran untuk melakukannya.

Rasulullah SAW mencontohkan kepada para sahabat terkait dengan zikir dan wirid dalam hadis riwayat Abu Hurairah berikut. 

قال صلى الله عليه وسلم من سبح دبر كل صلاة ثلاثا وثلاثين وحمد ثلاثا وثلاثين وكبر ثلاثا وثلاثين وختم المائة بلا إله إلا الله لاشريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير غفرت ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya: "Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah salat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan'". (HR. Malik).

Dalam Al-Quran, Allah SWT juga memerintahkan untuk berzikir setelah salat dalam QS. An-Nisa ayat 103 berikut. 

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ فَإِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا

Artinya: “Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), berzikirlah kepada Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah fardu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman” (QS. An Nisa: 103).

2. Doa setelah salat subuh

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here