Doa dan Zikir Setelah Salat Dhuha Arab, Latin, Beserta Artinya

Baca setelah menunaikan salat dhuha, ya!

Doa dan Zikir Setelah Salat Dhuha Arab, Latin, Beserta Artinya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Salah satu salat sunah yang dianjurkan untuk ditunaikan oleh seorang muslim adalah salat dhuha. Salat ini merupakan salat yang dikerjakan pada waktu dhuha, yaitu ketika matahari sudah naik. 

Salat ini memiliki jumlah minimal 2 rakaat, sedangkan jumlah maksimalnya adalah tanpa batas. Adapun gerakan maupun bacaan salat ini tidak berbeda dengan salat wajib. 

Namun, yang membedakannya dengan salat lainnya adalah adanya doa tertentu yang bisa kamu baca seusai salat dhuha. Berikut adalah doa dan zikir setelah salat dhuha Arab, latin, beserta artinya

1. Tuntunan salat dhuha

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai doa dan zikir setelah salat dhuha Arab, latin, beserta artinya, terlebih dahulu kamu perlu mengetahui tuntunan salat ini. Salat dhuha merupakan salat sunah yang dilaksanakan pada saat matahari sudah naik.

Maksud dari matahari sudah naik adalah bukan saat matahari baru terbit. Adapun waktu yang paling afdhal untuk melaksanakannya adalah sekitar pukul 08.00 atau 09.00 WIB. Kemudian, waktu tersebut akan berakhir menjelang waktu zuhur.

Adapun jumlah rakaat salat dhuha adalah minimal 2 rakaat dan jumlah maksimalnya tanpa batas. Dalil yang mendasari hal itu adalah hadis dari Aisyah ra berikut ini. 

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يُصلِّي الضُّحى أربعًا، ويَزيد ما شاءَ اللهُ

“Dahulu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat dhuha empat raka’at dan beliau biasa menambahkan sesuka beliau” (HR. Muslim no. 719).

2. Zikir setelah salat dhuha

Melansir NU Online, ada banyak kalimat zikir yang pernah dibaca Nabi Muhammad SAW usai melaksanakan salat dhuha. Salah satu zikir yang terdapat dalam kitab Al-Adzkar karya An-Nawawi adalah sebagai berikut. 

اَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ اَللّٰهُمَّ اَذْهِبْ عَنِّى الْهَمَّ وَالْحَزَنَ 

Artinya : "Aku mengaku bahwa tak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Ya Allah, jauhkanlah dariku kegundahan dan kesedihan."

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga membaca doa istighfar 3 kali. 

اَسْتَغْفِرُ اللّٰهَ الْعَظِيْمَ الَّذِ ىْ لَا اِلٰهَ اِلَّا هُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Besar, yang tidak ada Tuhan selain Dia, Yang senantiasa hidup lagi yang mengurus segala sesuatu sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya."

Setelah membaca istighfar, Nabi Muhammad SAW melanjutkan membaca zikir berikut. 

اللّٰهُ اَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَاذَ الْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah as-salam (yang mempunyai kesejahteraan) dan dari-Mu pula kesejahteraan. Maha Berbahagia Engkau wahai Tuhan yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here