Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Memandikan Kucing dengan Aman dan Benar di Rumah

Agar kucingmu selalu bersih dan sehat

Nafi' Khoiriyah

Kucing pada dasarnya merupakan hewan yang bisa merawat diri. Tanpa dimandikan terus menerus pun, kucing bisa tetap bersih dan menjaga diri dengan lidahnya. Namun, ada kalanya kamu ingin memandikannya supaya kesehatannya tetap terjaga. 

Dengan mandi, kucing akan terhindar dari kutu, jamur, dan bakteri yang menempel pada bulu dan tubuhnya. Setidaknya, kamu bisa memandikan kucing seminggu sekali. Cara memandikan kucing pun tidak bisa sembarangan. 

Kamu perlu mengetahui trik khusus supaya kucingmu tidak mencakar atau menggigitmu saat dimandikan. Berikut Popbela.com akan berikan 10 cara memandikan kucing di rumah yang aman dan benar.

Simak ulasan berikut ya, Bela!

1. Potong kukunya terlebih dahulu

unsplash.com/Sincerely Media

Cara memandikan kucing yang pertama adalah dengan memotong kukunya terlebih dahulu. Seperti yang diketahui, kucing bisa mencakar siapa pun di dekatnya saat sedang marah. Sebab, hal itu merupakan bentuk pertahanan diri mereka. 

Saat mandi, kucing juga bisa mencakar apabila kukunya masih panjang. Jadi, lebih baik kamu memotong kukunya terlebih dahulu sebelum memandikannya agar kamu pun tidak terinfeksi dengan cakarannya.

2. Sikat bulunya sebelum memandikan

pexels.com/Zülal Kaya

Bulu kucing merupakan salah satu kunci penampilan kucing yang imut dan menggemaskan. Oleh karena itu, kamu perlu menjaganya supaya tidak rontok saat mandi dengan cara khusus. 

Dengan memakai aliran air dari pipa saja, tubuh dan bulu kucing akan sulit bersih. Jadi, lebih baik sikat bulu kucing secara menyeluruh dengan lembut terlebih dahulu sebelum mulai mandi. Selain itu, kamu bisa memasukkan bola kapas ke telinga agar tidak kemasukan air. 

3. Memilih waktu yang tepat untuk memandikan

unsplash.com/Rebecca Campbell

Cara memandikan kucing supaya tetap tenang adalah dengan memilih waktu yang tepat untuk memandikannya. Kucing pada umumnya memang tidak suka berada di air. Jika dalam keadaan penuh energi, kucing pun akan menolak dengan kuat. 

Jadi, lebih baik untuk memandikan kucing dalam keadaan lelah dan tenang, misalnya saat mereka selesai bermain. Kamu juga bisa menjadwalkan mandi kucingmu supaya ada orang lain yang membantumu untuk memandikannya. 

4. Menggunakan metode tuang

freepik.com/prostooleh

Dengan karakternya yang tidak suka dengan air, kucing kemungkinan besar akan memberontak jika kamu masukkan ke dalam bak penuh air.

Nah, supaya tidak memberontak, kamu bisa menggunakan penyemprot atau gayung air kecil untuk menuangkan air ke tubuh kucing sampai basah. Setelah itu, barulah kamu bisa menggunakan sampo untuk membersihkan kotorannya. 

5. Beri alas yang nyaman untuk berdiri

pexels.com/Nothing Ahead

Alas yang nyaman untuk berdiri saat kucing mandi sangat penting supaya mereka tidak cemas dan panik. Kamu bisa meletakkan handuk atau keset di bawah bak mandi atau tempat kucing dimandikan. 

Setelah itu, barulah kamu bisa membasahi bulunya dengan lembut dengan menggunakan penyemprot atau gayung air. 

6. Gunakan sampo kucing

pexels.com/Karin Chantanaprayura

Cara memandikan kucing selanjutnya adalah dengan menggunakan sampo kucing. Sebab, jika menggunakan sampo manusia, kucing bisa teracuni dengan kandungan yang tidak aman. 

Lebih baik, gunakan sampo khusus kucing. Cara menggunakannya yakni mulai dari leher dan pijat lembut sampai ke ekor. Jangan sampai sampo tersebut terkena di area mata dan telinganya.

7. Bilas sampai bersih

unsplash.com/Francesco Ungaro

Setelah kucing dibersihkan secara menyeluruh dengan sabun, kamu bisa mulai membilasnya dengan air bersih yang hangat. Pastikan sabun tersebut benar-benar bersih dari tubuhnya supaya tidak membuat kucing sakit. 

Sebab, sabun yang tersisa pada tubuh kucing bisa memperburuk kulit hingga membuat iritasi dan juga sakit perut. 

8. Bersihkan wajahnya

freepik.com

Setelah membersihkan tubuhnya, kucing juga perlu dibersihkan wajahnya. Cara memandikan kucing dengan membersihkan wajah ini bisa dilakukan secara hati-hati. 

Jangan gunakan sampo untuk membersihkan wajahnya, tetapi seka wajah kucing dengan kain lap yang hangat dan lembap. Jangan lupa berhati-hati saat sedang membersihkan di sekitar area mata dan telinga karena sangat sensitif. 

9. Keringkan secara menyeluruh

pexels.com/İdil Çelikler

Jika semua cara di atas sudah selesai kamu lakukan, selanjutnya adalah keringkan tubuh kucing peliharaanmu dengan handuk secepat mungkin. Kalau perlu, letakkan kucing di area yang hangat sampai benar-benar kering. 

Jika kamu menggunakan pengering rambut, pakai suhu terendah dan jangan lupa untuk menyisir bulunya supaya tidak kusut. 

10. Hadiahi kucing setelah selesai mandi

/unsplash.com/Dan Wayman

Jika cara memandikan kucing sudah selesai, maka langkah terakhir adalah dengan memberinya hadiah. Hadiah itu bisa berupa camilan lezat untuk kucing. Hal itu dilakukan supaya kucing lebih terbiasa untuk mandi di lain waktu. 

Dengan memberinya hadiah, kucing akan melihat aktivitas mandi tersebut lebih menyenangkan. 

Itulah 10 cara memandikan kucing yang bisa kamu terapkan untuk peliharaanmu. Semoga bermanfaat ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration