Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Arti Al Alim dalam Asmaul Husna Beserta Dalil dan Maknanya

Ketahui maknanya di sini!

Nafi' Khoiriyah

Seorang muslim beriman dan mempercayai bahwa Allah SWT memiliki nama-nama yang baik dalam asmaul husna. Jumlah asmaul husna terdiri dari 99 nama indah yang patut kita ketahui.

Salah satunya adalah Al Alim yang artinya Maha Mengetahui. Al Alim merupakan asmaul husna yang berada di urutan ke-19. Arti Al Alim tersebut bukan hanya sampai di situ saja, tetapi terdapat makna mendalam di baliknya. 

1. Arti Al Alim

pexels.com/Chattrapal (Shitij) Singh

Arti Al Alim atau dalam bahasa Arab (الْعَلِيمُ) adalah Maha Mengetahui. Berada di urutan asmaul husna ke-19, Al Alim berarti bahwa Allah SWT Maha Mengetahui atas segala sesuatu, dari sebelum maupun sesudah sesuatu itu ada. 

Menurut bahasa Arab Klasik, akar kata Al Alim berasal dari a-l-m yang bermakna pengetahuan, sadar, terjaga, teliti, mencari informasi, mengumpulkan informasi demi pengetahuan intuitif, memiliki pengetahuan dasar terhadap semua hal. 

2. Makna Al Alim

pexels.com/Thirdman

Nama Allah SWT yang satu ini menjadi salah satu nama terbaik Allah dalam asmaul husna. Sebab, Al Amin membuktikan bahwa Ia adalah zat ilahiyah atau ketuhanan yang tidak ada yang bisa menandinginya. Nama ini hanya berlaku bagi Allah SWT semata. 

Allah SWT disebut Al Alim karena pengetahuannya yang tak terbatas. Mulai dari pikiran manusia, naluri binatang, yang terlihat, yang tak terlihat, yang tampak, maupun yang tersembunyi. Semua hal di dunia ini tak luput dari perhatiannya, tidak ada yang lepas dari pengetahuan-Nya.

3. Dalil Al Alim dalam Al Qur'an

unsplash.com/Syed Aoun Abbas

Setelah mengetahui makna dan arti Al Alim, kita bisa meneladaninya dengan membaca dalil-dail dalam Al-Qur'an dan hadis. Setidaknya, terdapat sekurang-kurangnya 140 kali Al Alim dalam Al-Qur'an. 

Penyebutan Al Alim tersebut di antaranya terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 127, Al-Maidah ayat 76, dan Ali Imran ayat 35. 

  1. QS. Al Baqarah Ayat 127
    وَاِذْ يَرْفَعُ اِبْرٰهٖمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَاِسْمٰعِيْلُۗ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۗ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
    Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah bersama Ismail, (seraya berdoa), “Ya Tuhan kami, terimalah (amal) dari kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

  2. QS. Al-Maidah ayat 76
    قُلْ اَتَعْبُدُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ مَا لَا يَمْلِكُ لَكُمْ ضَرًّا وَّلَا نَفْعًا ۗوَاللّٰهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
    Artinya: "Katakanlah (Muhammad), “Mengapa kamu menyembah yang selain Allah, sesuatu yang tidak dapat menimbulkan bencana kepadamu dan tidak (pula) memberi manfaat?” Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui."

  3. QS. Ali Imran ayat 35
    اِذْ قَالَتِ امْرَاَتُ عِمْرَانَ رَبِّ اِنِّيْ نَذَرْتُ لَكَ مَا فِيْ بَطْنِيْ مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ ۚ اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
    Artinya: "(Ingatlah), ketika istri Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku bernazar kepada-Mu, apa (janin) yang dalam kandunganku (kelak) menjadi hamba yang mengabdi (kepada-Mu), maka terimalah (nazar itu) dariku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

4. Bukti Allah SWT Al Alim

Pexels.com/PNW Productions

Bukti bahwa Allah SWT Al-Alim di antaranya dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-An'am ayat 59. 

عِنْدَهٗ مَفَاتِحُ الْغَيْبِ لَا يَعْلَمُهَآ اِلَّا هُوَۗ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِۗ وَمَا تَسْقُطُ مِنْ وَّرَقَةٍ اِلَّا يَعْلَمُهَا وَلَا حَبَّةٍ فِيْ ظُلُمٰتِ الْاَرْضِ وَلَا رَطْبٍ وَّلَا يَابِسٍ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Artinya: "Dan kunci-kunci semua yang gaib ada pada-Nya; tidak ada yang mengetahui selain Dia. Dia mengetahui apa yang ada di darat dan di laut. Tidak ada sehelai daun pun yang gugur yang tidak diketahui-Nya. Tidak ada sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak pula sesuatu yang basah atau yang kering, yang tidak tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)."

Dalam ayat di atas, dijelaskan bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluknya dalam pengawasan Allah SWT. Tidak terbatas pada ruang dan waktu, yang tertulis maupun tidak tertulis, yang tidak diketahui oleh-Nya. 

Salah satu contohnya adalah terjadinya hari Kiamat yang hanya diketahui oleh Allah SWT. Itu adalah bukti bahwa Allah mengetahui peristiwa baik yang akan terjadi maupun belum terjadi. 

Selain itu, bukti Allah Al Alim lainnya pada masa Rasulullah SAW hendak dibunuh oleh kaum kafir Quraisy. Saat itu, parlemen Darun Nadwahn akan membunuh Nabi dengan mengirim perwakilan tiap kabilah. 

Allah SWT kemudian memberitahukan rencana pembunuhan tersebut kepada Rasulullah SAW, sehingga Rasulullah SAW menyuruh Ali bin Abu Thalib tidur di ranjangnya. Akhirnya, Rasul pun selamat dari upaya pembunuhan itu. 

5. Meneladani Al Alim

pexels.com/Alena Darmel

Bukan hanya mengetahui arti Al Alim, kita sebagai hamba-Nya yang beriman juga diperintahkan untuk meneladani sifat-sifatnya. Cara untuk meneladani Allah yang Maha Mengetahui adalah dengan selalu dekat dengan Allah SWT dalam situasi apa pun. 

Seorang hamba yang meneladani sifat ini juga akan melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. Mengetahui yang halal dan yang haram serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui sifat ini, kita juga harus selalu belajar dan menuntut ilmu agar Allah SWT melimpahkan kebaikan untuk kita. 

6. Contoh perilaku Al Alim dalam kehidupan sehari-hari

freepik.com/freepik

Terakhir, jika sudah mengetahui Al Alim artinya Maha Mengetahui, maka contoh perilakunya di rumah, sekolah, atau lingkungan ini perlu dilakukan. 

  1. Rajin belajar dan menuntut ilmu karena menyadari bahwa kita sebagai hamba Allah SWT selama ini belum banyak mengetahui. 
  2. Berpikir dan merenungi kekuasaan Allah SWT yang luar biasa, baik saat berdiri, duduk, maupun berbaring.
  3. Tidak berprasangka buruk pada orang lain, tidak dengki, ataupun iri atas pencapaian orang lain. 
  4. Tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh orang tua karena tahu bahwa Allah SWT Maha Mengetahui. 
  5. Tidak merasa paling tahu segalanya, baik itu merasa paling pintar, paling kaya, maupun yang lainnya karena berkebalikan dengan Al-Alim. 

Demikian arti Al Alim dan penjelasan tentang makna dan dalilnya. Ternyata, maknanya begitu mendalam, ya.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration