Doa Mandi Wajib Setelah Haid Arab, Latin, dan Artinya

Baca dan hafalkan, ya!

Doa Mandi Wajib Setelah Haid Arab, Latin, dan Artinya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Salah satu keistimewaan seorang perempuan adalah mengalami haid atau menstruasi setiap bulannya. Haid merupakan peristiwa ketika dinding rahim mengalami peluruhan karena tidak terjadi pembuahan. 

Pada saat mengalami menstruasi, perempuan tidak dalam keadaan yang suci. Oleh karena itu, mereka dilarang untuk melakukan ibadah salat, puasa, dan lainnya. Setelah masa haid selesai, mereka kemudian harus melakukan mandi wajib.

Mandi wajib tersebut dilakukan untuk menghilangkan hadas besar sebelum beribadah kepada Allah SWT. Dalam tata cara mandi wajib, terdapat doa atau niat yang perlu untuk dibaca. 

Nah, berikut adalah doa mandi wajib setelah haid Arab, latin, dan artinya

1. Pengertian mandi wajib setelah haid

Sebelum membahas mengenai doa mandi wajib setelah haid Arab, latin, dan artinya, terlebih dahulu perlu kamu mengetahui istilah mandi wajib dan perintah mengenai mandi wajib. 

Seperti yang diketahui, mandi wajib atau disebut juga mandi besar dan mandi junub merupakan aktivitas mandi yang dilakukan untuk menghilangkan hadas atau najis besar. 

Ada beberapa hal yang mewajibkan seseorang untuk melakukan mandi wajib, di antaranya adalah haid, nifas, setelah berhubungan suami istri, dan keluarnya mani. Mereka wajib mandi wajib supaya kembali bersih dan suci. 

Adapun perintah tentang mandi wajib terdapat dalam Al Quran Surat Al-Maidah ayat 6 berikut ini. 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan salat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

2. Doa mandi wajib setelah haid

Perempuan yang akan melakukan mandi wajib usai haid perlu mengetahui niat atau doa mandi wajib. Secara umum, niat dan tata cara mandi wajib antara perempuan dan laki-laki hampir sama.

Namun, terdapat sedikit perbedaan pada bacaan niat mandi wajib setelah haid berikut ini. 

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Aku berniat mandi wajib untuk mensucikann hadas besar dari haid karena Allah Ta’ala.

Atau baik orang yang junub, haid, maupun nifas bisa berniat dengan doa berikut ini.

نَوَيْتُ اْلغُسْلَ لِرَفْعِ اْلحَدَثِ الْأَكْبَرِ ِللهِ تَعَالَى

Artinya: Aku berniat mandi untuk menghilangkan hadas besar karena Allah Ta’ala."

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here