Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Swalayan GreenKind, Healthy Dining & Green Shopping dari Burgreens

One Stop Healthy & Eco Living Solution pertama di Jakarta

Nabila Damaan

Pola hidup sehat di Indonesia rasanya sudah bukan hal yang aneh lagi. Mulai banyak masyarakat yang mulai menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu bentuk penerapannya adalah mengonsumsi makanan plant-based atau berbasis nabati. 

Selain itu, kebanyakan dari mereka yang sudah menjalani tren hidup sehat juga menerapkan prinsip ‘keberlanjutan’ ketika berbelanja. Kesadaran konsumen Indonesia terhadap dampak lingkungan pun terlihat menunjukkan tren yang positif. Tapi ketika disadari ternyata pilihan masyarakat terhadap kebutuhan berbelanja dalam penerapan gaya hidup sehat masih sangat terbatas.

dok. GreenKind

“Kita melihat, ternyata masyarakat di kota-kota besar sudah ingin (menerapkan tren gaya hidup sehat), tapi ketika kita lihat opsi-opsi yang ada di supermarket konvensional masih susah untuk nyari. Kayaknya kalau kita bawa konsep ini–supermarket yang bisa mendisplay banyak produk-produk lokal keren, mulai dari makanan sampai produk sustainable home & living, serta teman-teman yang sudah mulai menerapkan zero waste bisa mendapatkan hanya di satu tempat,” jelas Helga Co-Founder Burgreens dan GreenKind. 

Menjawab tantangan tersebut, Burgreens sebagai restoran sehat berbasis nabati di Indonesia, menghadirkan GreenKind sebagai ‘One Stop Healthy & Eco Living Solution’ pertama di Jakarta. Dengan lokasi berdampingan dengan Burgreens Menteng, Oakwood, Pacific Place dan The Breeze, konsumen dapat menikmati makanan berbasis nabati sehat & lezat, serta berbelanja produk yang menunjang gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

Healthy Dining dan Green Shopping

dok. GreenKind

Menggabungkan konsep Healthy Dining dan Green Shopping, GreenKind memberikan solusi berbelanja produk-produk sehat dan ramah lingkungan sebagai kegiatan yang praktis.

Popbela kala itu berkesempatan untuk menghadiri gerai GreenKind yang ternyata memang bergabung dengan restoran Burgreens yang terletak di Menteng. Berbagai display yang disesuaikan dengan kategori memamerkan berbagai produk sehat yang dibalut ke dalam kemasan dengan desain yang sangat menarik terletak di lorong Burgreens. 

“GreenKind yang merupakan specialty grocery store dengan pilihan produk yang terbuat dari bahan alami, serta memberikan peace-of-mind kepada konsumen akan kualitas dan traceability produk. Hal ini sejalan dengan visi Burgreens untuk menjadikan hidup yang lebih sehat dan sustainable sebagai hal yang inklusif dan menyenangkan,” lanjut Helga.

Melewati kurasi yang cukup ketat

dok. GreenKind

Seperti layaknya toko swalayan, GreenKind menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Namun, memang tidak sebanyak supermarket pada umumnya. Hal terjadi karena semua produk masuk harus melewati kurasi yang cukup ketat, dengan mempertimbangkan bahan-bahan yang digunakan, cara proses pembuatan produk serta keberlanjutan bagi planet yang lestari.

 “Ketika kita membicarakan konsep sustainable ada beberapa requirement. Jadi satu bahannya harus alami atau organik, diutamakan lokal kalau adalah pilihan lokal kita akan utamakan loka, kecuali suplemen yang belum di produksi di Indonesia, ketiga berasal dari sumber nabati–emisi karbon yang lebih rendah dibanding dengan produk hewani. Keempat, kita utamakan dari sampahnya bisa didaur ulang,” jelas Helga. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan hidup sehat, Helga juga melihat banyaknya potensi yang ada di dalam produk-produk lokal. Helga mengatakan produk lokal dengan harga yang cukup ramah tetapi memiliki kualitas yang nggak kalah dengan produk impor. Maka dari itu, sekitar 90% produk yang ada di GreenKind merupakan produk yang berasal dari produsen lokal. Walaupun kecil, terdapat total 1.000 produk yang berasal dari 350 produsen terpajang di gerai GreenKind.

Punya 6 kategori

dok. GreenKind

Seperti yang Popbela sendiri lihat, Helga mengatakan produk yang dihadirkan terdiri dari enam kategori untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja, cukup lengkap, lho Bela. Keenam kategori tersebut di antaranya:

  1. Wholesome Ingredients, yaitu keperluan masak berbahan nabati seperti berbagai jenis beras organik, roti sourdough, dairy-free & egg-free pastry, kacang, bumbu dan biji-bijian, serta berbagai jenis protein nabati siap saji dari Green Rebel dan frozen food sehat lainnya.
  2. Healthy Snack and Beverages, yaitu berbagai produk camilan sehat seperti gluten-free cookies, trail mix (camilan padat energi), tempe orek rendah minyak. Untuk beverages menghadirkan berbagai jenis minuman segar dan bernutrisi seperti kombucha.
  3. Plant-Based Wellness and Nutrition, yaitu produk-produk nutrisi yang penting untuk mendukung hidup berbasis nabati yang seimbang dan sehat seperti superfood dan suplemen.
  4. Clean Beauty, yaitu rangkaian produk kebutuhan personal care dengan mengutamakan bahan-bahan ramah lingkungan dan aman digunakan untuk kulit sensitif dan eczema-friendly seperti shampoo, moisturizer, face & body wash hingga body lotion.
  5. Sustainable Home & Living, yaitu produk untuk memenuhi kebutuhan perawatan dan kebersihan rumah sepert cleaning kits & supplies minim sampah dan soy-based aromatherapy candles.
  6. Mother & Baby, yaitu rangkaian camilan untuk si kecil, vitamin dan suplemen yang aman untuk busui, dairy-free ASI booster, serta produk rumah tangga lainnya yang aman untuk bayi.

Hadirnya GreenKind di tengah masyarakat Indonesia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan produk kebutuhan sehari-hari yang plant-based dan ramah lingkungan.

Lebih lanjut, hadirnya GreenKind pun sebagai bentuk local empowerment yang mendorong UMKM yang mengusung green concept untuk dapat masuk dalam ekosistem retail yang aksesibel. 

Saat ini, GreenKind masih terpusat di area Jakarta dan Tangerang saja. Untuk memenuhi kebutuhan di luar Jakarta, dalam waktu dekat GreenKind akan hadir di e-commerce dan situs resmi agar lebih mudah di akses oleh konsumen di seluruh Indonesia.

IDN Media Channels

Latest from Inspiration