Gaya hidup yang mengadopsi pola makan vegetarian-vegan kalangan milennial sudha bukan hal baru lagi. Namun, nyatanya tidak mudah menemukan restoran khusus vegetarian dan vegan di Jabodetabek. Bukan berarti tidak ada, tetapi masih banyak restoran yang menyajikan daging meski punya beberapa pilihan menu vegetarian dan vegan.

Rekomendasi kali ini adalah restoran yang gampang dijangkau dengan hanya pesan dari aplikasi online. Yuk, pilih dan pesan sekarang, Bela!

1. Tiasa - Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekBrisikID.com

Pada bulan Agustus 2019, TIASA resmi berdiri dengan konsep kantin yang menyediakan hidangan berbahan dasar nabati, untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan sajian sehat dengan harga yang terjangkau. Nama TIASA sendiri dalam bahasa Sunda mempunyai arti ‘bisa’.

Semua hidangan yang diolah dalam kantin ini tidak mengandung MSG, menggunakan bahan-bahan organik dan alami seperti minyak kelapa, himalayan salt dan gula stevia. Selain itu, kemasan yang dipakai untuk meletakkan setiap sajian makanan telah menggunakan material yang ramah lingkungan. Sangat aman dan sehat, bukan?

Jl. Kemang Raya No. 120, Bangka, Mampang Prapatan
IG: @tiasa.plantbased

2. Eath - Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekJakartaveganguide.com

EATH Meatless Chickin terbuat dari non-GMO Soy Protein, yang baik dikomsumsi sebagai sumber protein nabati pengganti protein hewani. Produk ini merupakan produk yang gluten-free, tidak memakai MSG, tidak memakai minyak kelapa dan cruelty free.

EATH sudah jelas 100% plant-based, cocok untuk kamu yang seorang vegan, vegetarian, atau siapapun yang ingin mencoba menjalani plant-based diet. Varian menu saos untuk chickinnya adalah:
- Hickory BBQ
- Korean Gochuracha
- Louisiana Cajun
- Orange Chicken

Jl. Bakti 1 No. 12, Senopati, Jakarta
IG: @eath.plantbased

3. Burgreens - Jabodetabek, Bandung

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekNow! Jakarta

Berbicara mengenai restoran vegan, mari jangan lupakan Burgreens, yang menjadi salah satu pelopor restoran plant-based di Jakarta, yang menyajikan beragam menu vegan mulai dari patty, hingga ke roti dan snack. Berkat ilmu kuliner vegan yang didapat oleh pemiliknya, Max Mandias dan Helga Angelina saat mereka di Belanda, restoran yang awalnya berdiri di jalan kecil kawasan Rempoa ini sudah berkembang pesat hingga memiliki beberapa outlet di berbagai pelosok Jabodetabek hingga Bandung.

Temukan menu dan lokasi mereka di burgreens.com

4. Rboj Coffee, Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekAbillion.com

Ragam sajian kopi dingin dalam botol dan variasi menu vegetarian yang sehat, lezat, dan tanpa bahan pengawet siap memanjakan lidah kamu.

Beberapa menu yang ditawarkan antara lain, nasi Bali yang tersedia dalam dua pilihan, yaitu vegan dan vegetarian. Sajian ini terdiri dari nasi, sate lilit, jamur krispi, urap, bakwan jagung, tempe kering dan sambal matah.

Menu andalan lainnya adalah nasi bakar. Mesi bukan vegan atau vegetarian, kalau nasi bakar pada umumnya disajikan dengan ikan tuna atau daging ayam, nasi bakar di sini disuguhkan menggunakan jantung pisang dan kecombrang. Selain itu mereka punya juga ada Chicken Katsu curry yang supeeeer yummy! 

Jl. Warung buncit raya no. 18e, Pasar Minggu
IG: @raysbottleofjoy

5. Go Go Vege, Bogor

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekRestaurantGuru.com

Go Go Vege juga menjadi salah satu rumah makan vegetarian menarik yang harus dikunjungi di Bogor, karena menyediakan berbagai macam makanan vegan serta vegetarian yang khas Chinese dan Indonesia.

Selain itu, o go vege menyediakan berbagai macam makanan kuliner seperti Yami go go mie kuah, mie kuah BBQ, mie kuah bakso, mie goreng, mie goreng seafood dan lain-lain sebagainya.

Jl. Suryakencana No.321B, Babakan Pasar, Kota Bogor
IG: @gogovege_cipayung

6. iVegan Pizza, Tangerang

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekBukaReview.com

Tentu saja menu-menu yang disajikan semuanya vegan 100% dan tentunya memakai bahan-bahan berkualitas.

Menu andalan untuk restoran ini adalah Pizza yang berkisar dari 52-89 ribuan ada Green Pizza dan Green Smoked Pizza yang memakai saus pesto dan juga Rainbow, Ham dan Mushroom Ham Pizza yang memakai tomato sauce. Selain itu ada juga menu lainya seperti pasta yang bekisar dari 28-42 ribuan ada Fettucini Cream Soycheese dan Spaghetti Tomato Sauce.

Gading Serpong, Ruko dotcom no B17, Tangerang
IG: @iveganpizza

7. Rumah Juliet, Jakarta Timur

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekHappyCow.com

Semua hidangan yang ditawarkan di sini dibuat tanpa menggunakan bahan-bahan bersifat hewani. Konsep ini diusung karena sang pemilik ternyata juga seorang vegan. Di sini disajikan beragam kue dah makanan minum lainnya seperti Chocolate cake, Vanilla pancake dan Red wine hot chocolate. 

Salah satu hidangan yang layak untuk dicoba adalah Cake Chocolate Blueberry dan Chocolate Green Tea. Berbeda dengan jajanan sejenis, cake ini sama sekali tidak menggunakan telur. Sebagai pengganti, Viviane sang owner biasa menggunakan pisang atau apel yang dihaluskan. 

Jl. Alpukat III no 52, Tanjung Duren Utara, Grogol.
IG: @rumahjulietid

8. Harapan Veggie Bistro - Kota Bekasi

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekRestaurantGuru.com

Bistro ini menggunakan jamur hiyoko dan soya atau kedelai, sebagai bahan utama pengganti daging di menu yang mereka sajikan. Di sini kamu bisa mencicipi beragam menu vegetarian, seperti nasi hainan, olahan mie, bakso, dan beragam menu lainnya.

Ruko Central Point, Jalan Harapan Indah, Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.
IG: @harapanveggie

9. Jatuh Cintah - Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekPergiKuliner.com

Kamu bisa mencoba berbagai sajian plant-based yang diolah menjadi burger di Jatuh Cintah ini. Salah satunya adalah menu Shroom Deep (Rp55 ribu). Burger dengan isi jamur tiram goreng dengan tepung komachi yang crispy, dibalut dengan saus a la Jatuh Cintah yang nikmat. 

Tampilan menu dan produknnya pun tidak kelihatan kalau ini vegetarian, untuk soal burgernya, disajikan patty yang cukup tebal dan rasanya enak. Benar-benar mirip daging, jadi nggak berasa makan burger jamur.

Jl. Ciragil I No. 23, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
IG: @jatuhcintah

10. Yoisho Ramen, Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Restoran Vegetarian-Vegan Friendly di JabodetabekAnakjajan.com

Yoisho Ramen adalah pertama dari jenisnya yang membawa ramen Jepang bergaya NYC ke Indonesia. Tetapi di atas segalanya, bagaimana mereka mempresentasikan inspirasi mereka memang layak mendapat pengakuan.

Yoisho Ramen adalah salah satu kedai ramen yang menyediakan ramen halal, no pork no lard. Kamu yang vegan ataupun vegetarian bisa coba Shoyu Vegan ramen yang punya kuah bening kecokelatan. Untuk toppingnya pun semuanya 100% bebas dari bahan hewani. Lainnya juga tak kalah enak, ada cold vegan salad dan mushroom gyoza. 

Jalan Gunawarman No.2, Senopati, Jakarta Selatan
@yoishojakarta

Itulah 10 daftar restoran yang menyajikan menu vegan dan vegetarian dari kawasan Jabodetabek. Restoran mana yang paling ingin kamu coba?

Baca Juga: Alasan Kenapa "Daging" Vegan Baik untuk Diri dan Lingkungan

Baca Juga: Ini Resep Plant-Based Diet Termudah untuk Jaga Imunitas dari Virus

Baca Juga: Sangat Dinantikan, Akhirnya Makanan Plant-Based Tersedia di Starbucks