Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Inilah Rumah Impianmu, Berdasarkan Tipe Kepribadian: Part 2

Seperti apakah rumah impianmu?

Nabila Damaan

Seorang praktisi MBTI Susan Storm, membagikan pengetahuannya tentang tipe kepribadian dan melakukan riset kecil untuk mengetahui rumah impian seperti apa yang cocok untuk setiap masing-masing kepribadian. 

Di artikel sebelumnya Popbela sudah membahas delapan rumah impian untuk kedelapan tipe kepribadian, yakni ISTJ, ISFJ, ISTP, ISFP, INTJ, INTP, INFJ, dan INFP. Kali ini Popbela akan membahas kedelapan sisanya. Seperti apa rumah impian pemilik kepribadian ENFJ, ENFP, ENTJ, ENTP, ESTJ, ESFJ, ESTP, dan ESFP, simak terus artikel berikut ya, Bela!

1. ENFJ

tuscany.com

Sering dijuluki protagonis, tipe kepribadian ENFJ merupakan pendengar yang baik dan mampu menghangatkan suasana. Salah satu sifat yang dimilikinya adalah loyal dan kerap memberikan solusi kepada orang lain. Sebuah vila di Tuscany, kawasan Italia dengan eksterior bebatuan pedesaan di bawah lereng bukit adalah rumah dan lokasi yang ideal untuk kamu. 

Rumah dengan banyak ruangan untuk menjamu tamu-tamu kesayangan, serta taman dan kebun anggur yang indah tempat kamu mengadakan pesta atau sekadar perkumpulan minum teh. Menghabiskan malam bersama teman dan keluarga terdekat di dalam rumah adalah pilihan yang tepat. 

2. ENFP

apartmenttherapy.com/Esteban Cortez

Rumah bergaya bohemian atau hippie sangat merefleksikan tipe kepribadianmu yang unik dan nyentrik ini. Rumah yang mengutamakan permainan desain yang unik dan dipadukan dengan permainan warna yang cerah dan earthy tones yang hangat, seperti cokelat, hijau, dan abu-abu sebagai dasar. Warna-warna tersebut kemudian dikombinasikan dengan warna mencolok seperti ungu, biru elektrik, atau oranye cerah.

Kamu menginginkan ruang kreatif yang dihiasi banyak tanaman, karya seni warna-warni, serta pernak-pernik menarik lainnya. Sudut nyaman seperti halaman belakang atau tanam di rooftop untuk membaca adalah sebuah keharusan. Berlokasi di jantung kota Portland, Oregon kamu dapat menikmati akhir pekan dengan melakukan hiking atau hanya sekedar mencoba restoran, toko buku, atau klub unik dan eksotis.

3. ENTJ

luxuryrentalsmanhattan.com

Tipe yang penuh dengan perencanaan, sangat menyukai sesuatu yang efisien, kenyamanan, dan kecerdasan. Tipe hunian impianmu mungkinlah sebuah apartemen Manhattan yang besar di Upper East Side, New York City. Orang-orang, energi, dan hiruk pikuk Kota New York akan memberikanmu energi dan menawarkan banyak peluang karier untuk memanfaatkan ambisi dan visimu selama ini. 

Sebuah penthouse mewah dengan banyak ruang untuk menjamu tamu, miliki gym dan kolam renang pribadi, serta pemandangan kota yang menakjubkan. Jangan lupakan perpustakaan besar yang dipenuhi dengan buku dan novel favoritmu. Perfect!

4. ENTP

designplatformllc.com

Sering dijuluki “Si Pendebat”, kepribadiannya yang energik, penuh strategi, memiliki pemikiran yang luas dan terbuka, serta berorientasi akan masa depan ini tidak terlalu memikirkan tampilan rumah, sekilas rumah mereka akan terlihat biasa saja. Namun, ketika masuk ke dalam rumah kamu akan menemukan berbagai inovasi menarik. Seperti dinding yang berfungsi ganda sebagai pintu rahasia, atau dapur pintar tempat ketika semua sarapan sudah tertata dengan rapi di atas meja ketika kamu bangun tidur. 

Kamu lebih suka memanfaatkan teknologi untuk mengurus pekerjaan rumah, karena terlalu banyak ide luar biasa yang harus segera digarap.

5. ESFJ

oskar.com

Rumah di pedesaan Prancis, dengan ruangan klasik nan elegan adalah tipe hunian ideal bagi si pemilik tipe kepribadian ESFJ. Si mudah bergaul yang satu ini menginginkan banyak ruang untuk menjamu tamu, serta dapur yang nyaman untuk mereka dapat memasak dan memanggang sepuasnya.

Kamar tidur romantis dengan perapian dan kamar mandi mewah akan menjadi prioritas utama ketika kamu mendesain rumah. Segala sesuatu tentang rumah akan diatur dengan sempurna tanpa menghilangkan kehangatan dan kenyamanan dari kepribadianmu yang ramah itu. Menghabiskan akhir pekan menjelajahi desa-desa menawan dan pemandangan indah Prancis, serta makan malam bersama teman-teman di balkon rumah akan menjadi rutinitas yang sempurna.

6. ESFP

vrbo.com

Rumah pantai di negara beriklim tropis, seperti Bali menjadi hunian yang ideal untuk kamu si jago menghibur orang lain. Rumah yang dekat dengan bar, klub, atau studio seni dan teater sempurna untuk kamu yang selalu ingin bercengkrama dengan teman-teman ataupun orang-orang baru. 

Kamu juga ingin memiliki ruang permainan di mana kamu bisa bermain biliar, dart, atau permainan lainnya. Berada di pesisir kamu akan menikmati bangun tidur dengan suara deburan ombak di pantai dan menghabiskan malam untuk melihat bintang dari kursi gantung di depan rumah ditemani cahaya obor yang dipasang di sekeliling.

7. ESTJ

southernliving.com

Orang dengan kepribadian ESTJ ini biasanya kerap bekerja di dunia hukum, sehingga rumah dengan gaya kolonial di Williamsburg, Virginia adalah tempat yang sempurna untuknya.

Ruang klasik dan elegan yang memancarkan tradisi, punya banyak ruangan untuk menjamu tamu, serta lokasinya yang dekat dengan situs bersejarah dan museum. Jangan lupakan ruang keluarga yang luas dan hangat yang dipenuhi perabotan klasik tertata rapi dengan perapian, serta kamar utama yang mewah lengkap dengan berbagai fasilitas, seperti walking closet dan kamar mandi dengan bathtub yang elegan.

8. ESTP

misstourist.com

Kamu dengan tipe kepribadian ESTP bukan orang betah tinggal lama di satu tempat, pola hidup nomaden menggunakan mobil caravan atau RV berteknologi tinggi adalah rumah impian yang sempurna baginya. Kamu akan membuat rumah berjalan ini menjadi tempat yang nyaman karena dapat memasukkan semua alat dan permainan favorit ke dalamnya dan menatanya tanpa terlihat berantakan.

Meja makan berfungsi ganda sebagai tempat tidur dan meja kopi yang bisa dilipat. Dapur penuh dengan semua gadget terbaru, dan bahkan ada sistem home theater sehingga kamu dapat menonton film saat bepergian. Kamu akan menyukai kebebasan untuk pergi kemanapun dan kapanpun kamu mau, salah satunya menjelajahi taman nasional dan kota-kota kecil di seluruh dunia.

Demikianlah rumah dan lokasi impian berdasarkan tipe kepribadian yang berhasil Popbela rangkum untuk kamu. Dari ke-8 rumah di atas benar nggak sih seperti rumah yang kamu impikan? Jangan lupa baca bagian satunya, ya Bela!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration