Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Channel YouTube Horor Indonesia yang Siap Temani Malam Halloween

Mulai dari kisah misteri, hingga teori konspirasi

Nabila Damaan

Maraknya penggunaan media sosial, membuat konten hiburan nggak lagi hanya bisa didapatkan dari siaran televisi saja. Apalagi dengan adanya platform YouTube, kamu bisa mengakses berbagai konten menarik mulai dari perjalanan, makanan, kecantikan, hingga konten horor.

Pembahasan tentang dunia supernatural, khususnya bagi masyarakat Indonesia masih menjadi konten yang diminati. Maka dari itu, tidak sedikit Youtuber asal Indonesia yang menyajikan konten videonya berisi hal-hal berbau mistis. Untuk menemani waktu senggangmu, berikut Popbela sajikan 10 channel YouTube horor Indonesia. Check this out!

1. Nessie Judge

Nessie memulai menapaki diri di platform YouTube sejak 24 Juli 2012 dengan mengunggah video random. Hingga pada akhirnya perempuan kelahiran 1993 ini tiba pada keputusan menjadi full time sebagai content creator. 

Dirinya mulai mendapatkan sorotan ketika membuat konten tentang hal-hal berbau mistis, mulai pada saat itulah banyak Nerroris–penggemar konten Nessie Judge–yang memintanya untuk terus membuat konten horor. Hingga saat ini, Nessie Judge sudah mengantongi 9,64 juta subscriber, lho.

Dengan keahliannya dalam story telling, Nessie secara rutin membagikan konten membahas mengenai horor, misteri sampai teori konspirasi. Pembahasan-pembahasan dalam videonya pun dipilih seselektif mungking dan dibawakan dengan penuturan yang sangat menarik, sehingga membuatnya menjadi salah satu channel yang paling dicari untuk menonton video bertemakan horor. Kamu salah satunya, kah?

2. Sara Wijayanto

Dikenal memiliki kemampuan bisa melakukan mediasi dengan makhluk supernatural, membuat channel istri dari mentalis Demian, Sara Wijayanto juga banyak dinikmati. Berbeda dengan Nessie yang membawakan kisah dan teori konspirasi, Sara menyajikan konten yang sedikit lebih ekstrem, yakni ia membiarkan tubuhnya dipinjam oleh makhluk tak kasat mata untuk bisa melakukan komunikasi. 

Sara beserta suaminya dan timnya akan memaparkan kisah dari ‘penunggu’ tempat-tempat yang mereka kunjungi. Kemampuan itu juga dimiliki sang adik, Wisnu. Bedanya, Wisnu bertugas memvisualisasikan bentuk dari mereka yang tak terlihat ke dalam sebuah gambar. Menarik, ya? Mulai membuat akun YouTube di tahun 2009, saat ini Sara sudah memiliki 9,37 juta subscriber.

3. Jurnalrisa

Memiliki kemampuan yang sama seperti Sara Wijayanto, Jurnalrisa sendiri ada sebuah channel YouTube yang diprakarsai oleh Risa Saraswati, seorang penulis buku yang dikenal memiliki ikatan khusus kepada teman-teman masa kecilnya yang merupakan makhluk tak kasat mata. Mereka pula lah yang menjadi inspirasi buku-buku Risa. 

Bersama dengan sepupu-sepupunya yang juga memiliki kelebihan yang sama, Risa kerap kali mengunjungi tempat-tempat yang diduga angker dan melakukan komunikasi dengan ‘penunggu’ tempat tersebut. Nggak jarang dari ‘mereka’ yang diajak komunikasi memiliki niat yang jahat, atau hanya sekadar membagikan kisah pilu selama hidup. Mulai membuat YouTube di tahun 2019, Jurnalrisa sudah mengantongi sebanyak 5,93 juta subscriber.

4. Kisah Tanah Jawa

Memulai perjalanan YouTube pada tahun 2018, nama Om Hao dari Kisah Tanah Jawa semakin santer setelah diundang oleh Raditya Dika dalam acara Paranormal Experience. Pada episode saat itu, Om Hao menunjukan kemampuan untuk bisa merasakan energi-energi yang dihasilkan dari makhluk tak kasat mata.

Kisah Tanah Jawa sendiri adalah sebuah kelompok yang melakukan investigasi sejarah, mitos dan kisah-kisah mistis yang ada di tanah Jawa. Dengan kemampuan supernatural yang dimiliki anggotanya membuat kisah-kisah yang disampaikan menjadi lebih menarik. Mereka biasanya akan mengupas sejarah suatu tempat dari sisi supernatural yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat konten misteri.

5. Ewing HD

Kali ini datang dari seorang Youtuber pria bernama Hujwiriawan Ewing, atau lebih dikenal dengan Ewing HD. Konten yang diunggah setiap malam Jumat ini juga cukup dinanti-nantikan oleh para penggemarnya.

Aktif membuat konten sejak tahun 2011, Ewing sudah mengantongi 3,42 juta subscriber. Dengan suaranya yang berat, selain membacakan pengalaman mistis yang dibagikan penggemar, ia juga kerap memberikan reaksi pada video penampakan yang dikirim. Konten yang disajikan setiap minggunya di antaranya Penampakan Hantu, Kasus Mengerikan, Konspirasi, Misteri yang Tak Terpecahkan, dan Kisah Misterius.

6. Filo Sebastian

Lahir sebagai anak indigo, membuat Filo akhirnya membagikan pengalaman unik ketika dirinya memiliki kemampuan lewat YouTube. Sempat tidak digubris oleh keluarga akan kemampuannya tersebut, pria keturunan Tionghoa yang satu ini akhirnya memulai dengan menulis cerpen tentang pengalaman mistis dan gangguannya di Line Official Account. Dengan modal itu, Filo melanjutkan penggalamannya ke YouTube, dan hingga kini Filo memiliki 603 ribu subscriber di YouTube channel miliknya.

7. Siboen Misteri

Channel YouTube Siboen Misteri menjadi salah satu channel asal Indonesia yang sering menampilkan konten horor. Channel ini kerap kali mengunjungi tempat-tempat angker untuk melakukan uji nyali, dan nggak jarang juga mereka berhasil menangkap gambar sosok tak kasat mata. Meskipun sempat diragukan keasliannya, Siboen Misteri masih rutin melakukan ekspedisi misteri dan hingga saat ini, dan sudah memiliki 602 ribu subscriber.

8. Ardan Radio

Channel YouTube satu ini memang milik radio Ardan yang sudah sangat terkenal di Bandung. Channel-nya ini sering mengunggah video horor yang terinspirasi dari acara cerita hantu ‘Nightmare side Ardan’ setiap malam Jumat. Selain itu Ardan radio juga kerap melakukan podcast dengan mengundang bintang tamu yang memiliki kisah mistis untuk dibagikan.

9. Nadia Omara

Mulai terkenal berkat konten story telling di TikTok dengan logat Medan yang kental, Nadia Omara akhirnya memutuskan membuat YouTube di tahun 2019, dan memulai membagikan konten horor dengan lebih lengkap di platform yang satu ini. 

Berkat kontennya yang menarik untuk disimak dan cara penyampaiannya yang asyik dan luwes, ia mampu mendapatkan 4,91 juta subscriber, lho, Bela.

Sering dibanding-bandingkan dengan Nessie Judge, Nadia Omara sebenarnya memiliki ciri khasnya tersendiri, seperti terkadang menggunakan lawakan “wak” dan logatnya yang unik. Nadia Omara juga mengemas cerita horor dengan lawakan sehingga tidak terlalu menyeramkan.

10. Do You See What I See

Berbentuk podcast, channel YouTube Do You See What I See ini lebih banyak menampilkan konten berbentuk suara dengan cerita-cerita yang dikirim dari pendengar atau subscriber dan sudah melalui proses kurasi.

Banyak cerita yang masuk dan diperdengarkan oleh channel ini dan tentunya mampu membuat penonton merinding ketakutan dibawakan oleh hostnya yakni Rizky Ardi Nugroho a.k.a @mizter.popo, salah satu teman Raditya Dika yang pernah membagikan pengalaman misteri di Rumah Yogya. Memulai channel YouTube di tahun 2019, Do You See What I See saat ini sudah memiliki 385 ribu subscriber.

Itulah 10 channel YouTube horor Indonesia yang kerap menyajikan konten video bertema misteri. Dari 10 channel di atas, mana yang paling sering kamu kunjungi, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration