Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Selain Mr. Queen, Inilah 5 Drama Korea Historis Paling Kocak

Mengintip dunia kerajaan Joseon yang penuh komedi

Mariana Politton

Sebuah ungkapan bahasa Inggris menasehatimu untuk, "live your life to the fullest." Dengan kata lain, pastikan kamu menikmati momen saat ini dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai. Misalnya, menyaksikan tontonan drama Korea yang sangat menghibur.

Eits, tidak hanya itu. Tahukah kamu? Tontonan drama Korea mampu membawamu menjelajahi waktu ke masa lalu. Tepatnya ke masa kerajaan dinasti Joseon yang kental dengan ragam kultur tradisional Korea Selatan. Termasuk kisah cinta yang romantis.

Namun, beberapa cerita cinta historical nyatanya turut hadir dengan nuansa komedi yang menghibur, lho! Terbukti dari kisah yang disuguhkan oleh lima drama Korea berikut ini.

1. Mr. Queen

2020 | Pemain Shin Hye Sun, Kim Jung Hyun, Na In Woo

Di era kerajaan dinasti Joseon, kedudukan kelas sosial memisahkan tatanan masyarakat. Termasuk nama belakang keluarga dengan sejarah yang memengaruhi seseorang. Buktinya, Raja enggan mencintai Ratu yang berasal dari keluarga di balik kejahatan Joseon.

Ratu-pun tersakiti hingga bermaksud untuk bunuh diri. Namun, yang terjadi adalah dirinya diselamatkan oleh pertukaran jiwa dengan pria dari era modern. Sehingga pria tersebut harus hidup sebagai Ratu dan menghadapi Raja yang perlahan-lahan mencintainya.

Funniest moment: Bermaksud meninggalkan catatan sejarah tersendiri, Ratu mulai melakukan inovasi masker sheet dan menu makanan era modern di zaman Joseon.

2. Love in the Moonlight

2016 | Pemain: Kim Yoo Jung, Park Bo Gum, Jung Jin Young

Seorang gadis muda terpaksa harus menyamar menjadi seorang pria untuk masuk ke dalam kerajaan dinasti Joseon. Tepatnya, ia bekerja sebagai seorang kasim di istana untuk melayani setiap keperluan sang Raja. Sehingga keduanya pun semakin dekat.

Akan tetapi, kedekatan mereka pun lambat-laun membuahkan kebingungan sang Raja mengenai perasaannya. Sampai-sampai hal tersebut menjadi buah bibir masyarakat Joseon mengenai sex orientation sang Raja. Apa yang akan terjadi pada keduanya?

Funniest moment: Menjadi sahabat karib, Raja dan kasim pun bermaksud untuk minum bersama salah satu pengawal. Siapa sangka, si Kasim jauh lebih pintar dalam urusan tersebut.

3. 100 Days My Prince

2018 | Pemain: D. O. EXO, Nam Ji Hyun, Kim Seon Ho

Pada suatu era Joseon, seorang Raja memimpin dengan sikap yang tegas dan dingin. Sampai-sampai ia pun enggan untuk menunjukkan kasih sayang dan perhatian kepada sang Ratu yang tertuntut untuk melahirkan seorang pewaris mahkota.

Atas dasar sikapnya tersebut, keluarga Ratu-pun diam-diam membunuh sang Raja. Namun, siapa yang menyangka bahwa ia selamat meski tanpa ingatan. Beruntungnya, seorang gadis desa menyelamatkannya, tanpa mengetahui bahwa ia adalah Raja Joseon.

Yup, yang diketahuinya hanyalah pria tanpa ingatan yang 'bodoh'. Meski begitu, tuntutan hukum untuk para lajang harus menikah membuatnya untuk mau tidak mau menikahi pria tersebut. Alhasil, keduanya pun membina keluarga dengan benih cinta yang kian tumbuh.

Funniest moment: Tidak tahu apa-apa, Raja yang kehilangan ingatan pun harus melakukan pekerjaan kasar sebagai rakyat biasa. Namun, ia menjadi bahan tertawaan.

4. My Sassy Girl

2017 | Pemain: Joo Won, Oh Yeon Seo, Lee Jung Shin

Diadaptasi dari film legendaris berjudul sama pada 2001, My Sassy Girl (2017) mengisahkan seorang cendekiawan pria yang jatuh cinta kepada seorang putri kerajaan. Menariknya, putri tersebut memiliki kepribadian yang cenderung menentang aturan istana.

Sehingga mudah ditebak, pria tersebut pun mengalami kesulitan saat mendekati sang Putri. Termasuk saat keduanya berhasil membangun hubungan romansa. Namun, cinta antara keduanya terlalu kuat untuk membuat mereka berpisah.

Funniest moment: Tanpa sengaja, sang putri istana masuk ke dalam kamar cendikiawan. Sehingga ia pun harus cepat-cepat bersembunyi saat anggota keluarga masuk.

5. Rooftop Prince

2012 | Pemain: Park Yoochun, Han Ji Min, Lee Tae Ri, Choi Woo Sik, Lee Tae Sun, Jung Suk Won

Sebuah kejadian mistis terjadi pada seorang Raja Joseon dan ketiga pengawal setianya. Ketika mereka tanpa sengaja melakukan perjalanan waktu dari era tersebut menuju zaman modern sekarang ini, ketika jiwa rakyat Joseon telah melakukan reinkernasi.

Sontak, Raja dan ketiga pengawalnya tak tahu harus melakukan apa untuk menghadapi dunia modern. Beruntungnya, seorang perempuan cukup berbaik hati untuk menampung dan membantu mereka beradaptasi dengan era modern.

Funniest moment: Pertama kali melihat toilet di era modern, seorang pengawal mengira air di dalam toilet adalah tempat minum yang besar. Ia pun meminumnya begitu saja.

Dari kelima daftar drama Korea bertema historis paling kocak di atas, mana yang jadi favoritmu dan mana yang akan masuk dalam daftar tontonannmu minggu ini, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Inspiration