Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Wajib Tahu, Ini 7 Tanda Insecure dalam Diri

Kenali, pahami, kalau perlu minta bantuan tenaga ahli

Firly Fenti

Kata "insecure" akhir-akhir ini sering kali kita dengar. Banyak orang yang menyisipkan kata tersebut di perkataan yang mereka lontarkan. Namun, sayangnya, di antara banyak orang yang menggunakan kata tersebut, tak sedikit yang salah mengartikan makna "insecure", lho

Makna dari kata "insecure" sendiri ialah sebuah keadaan atau perasaan gelisah, cemas, takut, atau tidak aman yang dialami oleh seseorang. Kondisi-kondisi tersebut pada dasarnya ialah sebuah kondisi wajar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kondisi tersebut berubah menjadi tidak wajar ketika seseorang mengalaminya secara terus menerus. Kondisi ini bisa menyebabkan seseorang menjadi malas berinteraksi dengan lingkungan sosialnya atau bahan kerap kali menaruh perasaan curiga terhadap orang lain. 

Kalau kamu salah satunya yang merasakan kondisi tersebut, maka kamu harus berhati-hati, ya. Pasalnya, kondisi tersebut merupakan salah satu indikasi kamu sedang mengalami insecure, lho. Biasanya, orang yang mengalami insecure tak sadar kalau dirinya sedang merasa insecure.

Nah, agar bisa menyadarinya, ada tujuh tanda-tanda insecure yang wajib diketahui, nih. Berikut tujuh tanda insecure dalam diri yang patut dikenali.

1. Merasa rendah diri

Pinterest.com/Picjumbo

Ketika seseorang mengalami insecure, di saat itu pula rasa kepercayaan dirinya sedang berada pada titik terendah. Rasa percaya diri yang rendah akan memengaruhi aktivitas yang dijalani, yaitu ia tidak akan bekerja secara maksimal dalam beraktivitas.

2. Enggan berinteraksi

Pinterest.com/Weheartitapp

Orang yang sedang mengalami insecure juga ogah untuk berinteraski dengan dunia luar dan mereka cenderung untuk takut berkomunikasi dengan orang lain. Ketakutan itu ada lantaran mereka merasa terperuk jika harus membicarakan mengenai pencapaian di saat mereka tidak melakukan hal apapun. Padahal, komunikasi dengan orang yang tepat merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi rasa insecure, karena mampu membantu menghilangkan kegelisahan yang sedang dialami. 

3. Takut mencoba hal baru

Pinterest.com/Medium

Salah satu hal yang menyebabkan munculnya kondisi insecure ialah pengalaman pahit yang pernah dialami. Salah satunya contohnya ialah ketika mengalami kegagalan, penolakan, atau bahkan dikhianati. Nah, pengalaman-pengalaman buruk inilah yang menyebabkan orang dengan rasa insecure enggan untuk mencoba hal baru, dikarenakan mereka takut untuk mendapatkan perasaan pahit yang berulang. Dengan begitu, akan sangat sulit bagi orang yang insecure untuk bisa mengembangkan diri.

4. Hobi membandingkan diri

Pinterest.com/DailyMail

Membandingkan diri dengan orang lain merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk mengukur sejauh mana diri mereka berprogres. Namun, cara ini menjadi malapetaka bagi mereka yang merasa insecure. Bukannya dilihat dari sisi positif dan kemauan untuk berkembang, orang yang merasa insecure hobi membandingkan diri mereka dengan orang lain untuk meletakkan dirinya pada posisi yang lebih rendah dan membuat mereka menjadi tidak percaya akan kemampuan diri.  

5. Takut dan khawatir berlebih

Pinterest.com/Flickr

Seperti yang sudah disebutkan di atas, takut dan khawatir merupakan dua perasaan yang sangat normal. Namun, perasaan tersebut menjadi tidak normal jika dialami dalam periode yang lama dan berlarut-larut. Oleh karena itu, hindari dua perasaan ini secara berlebihan, ya! 

6. Butuh validasi dan haus akan pujian

Pinterest.com/Flickr

Kepercayaan diri rendah yang ada pada orang insecure juga membuat mereka menjadi sosok yang butuh pengakuan dan pujian atas perilaku yang mereka lakukan. Mereka membutuhkan hal tersebut sebagai bentuk pembenaran dari orang lain dan juga untuk menaikkan kepercayaan diri mereka. Namun, sayangnya, hal ini tidak baik karena mereka akan menjadi sosok yang haus akan pujian dan melihat pujian sebagai bentuk penguat  bagi mereka. 

7. Menghindari mengapresiasi prestasi orang lain

Pinterest.com/Hercampus

Orang dengan rasa insecure akan sangat sulit untuk mengapresiasi kinerja atau prestasi orang lain. Hal ini dikarenakan mereka lebih fokus untuk mencari kelemahan yang ada pada orang lain sebagai cara untuk membuat posisi dirinya lebih baik.

Nah, itulah tujuh tanda-tanda insecure dalam diri. Berpikir positif dan mau bersyukur ialah cara termudah untuk terhindar dari rasa insecure. Ingat, kalau kamu merasa butuh bantuan dalam mengatasi kondisi mental ini, segera hubungi ahlinya, ya!

IDN Media Channels

Latest from Inspiration